My Acne Story

by - April 18, 2018


Halooooo setelah sekian lama ngga ngeblog, akhirnya tulisan ini publish juga.
Awalnya sempet maju mundur, antara malu dan gak yakin sama diri sendiri mau publish ini, tapi mungkin aja tulisan ini bisa bermanfaat dan bisa jadi motivasi buat yang ngerasain hal yang sama kayak aku.
Oke, semua breakout yang aku alami berawal dari aku kenal skincare korea. Bukan salah siapa siapa, ini murni kesalahanku yang sangat amat fatal wkwk. Aku udah pernah sharing beberapa waktu lalu kalau aku pake Larissa untuk perawatan mukaku. Awal aku pakai Larissa  tahun 2015 dan menurut aku hasilnya bagus dan sangat amat lebih dari cukup. Mukaku bersih dan bebas jerawat, tapi menurutku selama pakai Larissa itu muka jadi kusam. Dimulai dari kekusaman inilah akhirnya aku kenalan sama skincare Korea. Bukan cuma karena kusam sih kayaknya, seinget aku dulu aku pengen memperbaiki tekstur kulit supaya lebih sehat dan berhenti pakai Larissa. Berbagai macam skincare Korea yang aku pakai membuat satu persatu jerawat muncul. Awalnya udah diingetin sama Alif biar gak aneh-aneh nyobain skincare ini itu tapi akunya ngeyel soalnya aku ngira waktu pertama muncul jerawat aku ngiranya "Oh mungkin jerawat rindu, eh salah yaa wkwk. Mungkin jerawat monthly period.” Jangka waktunya cukup lama, sekitar 2 sampai 3 bulan aku pakai skincare Korea sampai aku sadar di satu titik kondisi mukaku yang udah gak wajar banget jerawatnya. Udah bukan jerawat kecil lagi tapi jerawat segede rumah kalau ibarat Kak Suhay wkwk. Akhirnya aku STOP pakai skincare Korea dan balik lagi rutin pakai Larissa. Tapi ternyata itu gak memperbaiki sama sekali malah kayaknya makin parah wkwk.
Kesalahan-kesalahan yang semakin kesini semakin aku sadari dengan ke-sotoy-an-ku adalah aku menggunakan skincare yang berbasis oil (oil based) berlapis lapis dengan kondisi kulit mukaku yang berminyak. Yang kedua, udah fix si Nature Republic Aloe Vera yang lagi hits pada jamannya itu tidak bisa digunakan bersamaan dengan krim racikan dokter karena memiliki kandungan alkohol yang sangat tinggi. Ini yang terjadi di kulit aku yaa, gatau kalo dikulit kalian jatuhnya gimana. Jadi aku menyimpulkan kalau aku harus menghindari skincare apapun yang mengandung alkohol.
Padahal goals utama kalau aku cocok pakai skincare Korea ini aku mau berhenti pakai Larissa biar gak ketergantungan, tapi mukaku malah breakout - parah! ( Mana sebenernya yang awalnya aku rutin tiap bulan facial jadi makin jarang facial semenjak pakai skincare Korea karena aku pikir kulit mukaku udah cukup sehat dan bersih. ((Kan sotoy kan)).
Setelah aku bener-bener stop dari skincare Korea aku konsultasi dokter ke Larissa lagi dan disarankan untuk ganti rangkaian perawatan wajah yang awalnya pake Tea Tree series ke Honey Bee Venom Acne Therapy series. Rangkaian Honey Bee Venom Acne Therapy series udah aku pakai seminggu dan aku ngga mendapatkan hasil apa apa, malah memburuk kayaknya soalnya setiap kali aku cuci muka pakai L Facial Wash with honey bee venom nambah lagi tuh jerawat. Jerawat kecil kecil lebih tepatnya. Aku juga disarankan untuk menggunakan krim racikan dokter 2x sehari (awalnya cuma 1x) tapi masih tetep aja gaada perubahan. Mukaku jadi super sensitif, kayak contohnya nih aku makan telor dadar, mungkin telor dadarnya belum sampe ke perut mukaku udah gatel dan nambah jerawat lagi.
Sejauh ini Mamanya Alif berperan sangat besar untuk nyembuhin breakout yang aku alamin setelah aku putus asa dan ingin operasi plastik aja wkwk bercanda. Berasa beruntung banget punya . . . . . .  yang care banget ehehe. *isi sendiri ya*
Jadi ceritanya Mamanya Alif juga pakai Larissa dan beberapa waktu lalu juga beliau pengen berhenti dan gak pakai Larissa lagi, akhirnya beliau konsultasi ke dokter dan disarankan menggunakan krim anti iritasi selama satu minggu dan setelah itu stop pakai rangkaian perawatannya Larissa. Akhirnya beliau menyarankan aku untuk pakai krim anti iritasi itu. Setelah aku pakai selama satu minggu lumayan membaik tapiiiiii jerawatku kalau kena panas jadi merah banget dan makin meradang. Ya Allah sejauh kalian baca tulisan aku bisa bayangin gak sih kondisi mukaku kayak gimana? :(
Setelah satu minggu berlalu pakai krim anti iritasi itu akhirnya aku berhenti pakai Larissa, aku ganti facial wash pakai Sensatia Botanicals, terus ganti lagi COSRX, dan berakhir dengan keputusasaan yang tiada akhir :( *alay ya?
Aku gabisa diem aja liat kondisi mukaku yang kayak gini, akhirnya aku mencoba rutin memakai bedak beras, masker madu, dan masker alpukat. Hasilnya lumayan ada dan sedikit membaik dari sebelumnya. Sedikit mencerahkan dan lumayan gak kusam. Bahkan sempet aku betah-betahin pakai cuka apel dan hasilnya 0 besar. Bayangin ya setiap kali cuci muka itu tekstur kulit udah kayak makadam gitu gak mulus sama sekali. Sedih banget yakan? Bukan cuma itu, yang bikin makin frustasi karena ditanya-tanyain sama orang. “Itu Deva mukanya kenapa blablabla”. Belum lagi kalo ketemu Alif di kapok-kapokin salahnya dulu gak nurut sama apa yang dia bilang. Drop banget sih sumpah ya biar aja dibilang mental tempe tapi kalian bakal tau rasanya kalau kalian ngalamin sendiri. Mungkin juga karena dipikir terus jadi gak sembuh sembuh jerawatnya wkwk.
Akhirnya aku browsing sana sini, dan akhirnya memutuskan untuk ke Dr. Rofiq. Banyak banget pertimbangannya ya Allah sebenernya masih maju mundur mau kesana karena udah gak pengen pakai dokter lagi tapi kayak udah putus asa dan ngira gak bakal sembuh kalau gak pakai dokter kulit. Kalau banyak yang nanya dan menyarankan kenapa gak pakai Natasha Belle Crown dll itu karena aku masih kapok, takut ketergantungan dan aku pengen jerawatku ini ditangani oleh ahlinya. Dan menurut aku jawabannya adalah dokter kulit.  Bismillah pokoknya Ikhtiar berdoa dan berusaha.
Akhirnya, 21 Desember 2017 aku ke Dr. Rofiq untuk konsultasi pertama kali, dan dokternya bilang apa coba pas waktu diperiksa? "Parah nih Mbak, kamu tuh gak kuat pakai dosisnya Larissa, udah ketergantungan banget sampai sampai kayak gini mukanya". Sedih ya? Wkwk. Setelah dikasi beberapa krim dokternya bilang ini proses penyembuhannya sekitar 2-3 bulan. Kok lama banget kirain sebulan udah kinclong lagi mukaku wkwk. Waktu itu aku dikasi obat minum tapi aku gamau, aku gak berani kalo sampai sejauh itu proses penyembuhannya.
Setelah konsultasi ke-2 Dr. Rofiq aku ceritain kalau kulit aku mengelupas dan jerawat jerawat kecil yang sebelumnya gak muncul jadi muncul. Aku khawatir entah karena gak cocok atau gimana kok jerawatnya bukan malah sembuh tapi malah muncul. Tapi dokternya menjelaskan proses penyembuhannya memang seperti itu. Jadi aku menyimpulkan mungkin cara penyembuhannya adalah dikeluarin dulu bahan bahan kimia yang ada dibawah kulit dalam bentuk jerawat (?).
Setelah 2 bulan perkembangan kulit mukaku perlahan membaik, better banget dibanding minggu pertama setelah konsultasi pertama. Udah gak kayak makadam tekstur mukanya. Jerawatnya udah banyak banget yang hilang tapi gampang banget muncul lagi kalau salah makan. Tinggal bekas jerawatnya aja yang jadi PR banget buat diilangin.
Oh iya, jadi selama aku pakai perawatannya Dr. Rofiq aku juga melakukan Face Treatment BIO INFLAMED ACNE LIGHT THERAPY di Larissa. (( Jadi, Bio-inflamed light therapy adalah terapi dengan Purple Light untuk menyembuhkan jerawat sekaligus mengurangi inflamasi/kemerahan akibat jerawat. Purple Light Therapy menggabungkan Blue Light dan Red Light. Blue light efektif utnuk membunuh kuman P. Acne, bakteri penyebab jerawat, dan mengontrol produksi minyak yang berlebih. Red Light efektif untuk mengurangi kemerahan atau inflamasi akibat jerawat, sehingga mempercepat penyembuhan)). Dan rutin pakai masker madu setiap hari. Banyak kok di google gimana caranya bikin masker madu, tapi cara aku menggunakan masker madu adalah aku panaskan madu asli 1 sdm setelah itu dioleskan ke muka (muka harus dalam keadaan bersih), diamkan 30 menit sampai madu meresap ke kulit lalu bilas pakai air dingin. Sebelum dan sesudah pakai masker aku cuci muka dulu pakai COSRX. Karena sempat waktu itu habis pakai masker dan aku cuma bilas pakai air besokannya udah muncul jerawat kecil kecil. Sesensitif itu mukaku :( Diselingi pakai masker bedak beras dan masker-masker alami lainnya.
Sekitar beberapa waktu lalu kalo gak salah tgl 18 Februari 2018 aku jalan sama  mamanya Alif. Mungkin beliau udah geregetan kali ya liat mukaku yang masih berjerawat gitu. Akhirnya beliau menyarankan aku untuk pakai Biocream Ambiphilic Dermatological Cream. Akhirnya malam itu juga aku beli dan langsung pakai. Aku pakai Biocream Ambiphilic Dermatological Cream ini malam hari didiamkan sampai pagi dan first impressionnya adalah bekas jerawatku memudar dan pagi pagi kulit jadi halus. Emang jadi greasy parah sih waktu bangun tidur but it works on my face.

Semakin kesini aku semakin banyak belajar tentang skincare yang kayak gimana sih yang cocok atau tidak untuk kulit mukaku. Aku juga sadar ternyata aku gak perlu beli masker muka yang mahal karena yang alami-pun mampu bekerja dengan baik asal kita telaten dan selalu menjaga kebersihan muka dan menjaga pola makan. 


Dan Alhamdulillah semakin kesini kondisi mukaku semakin membaik, meskipun belum sebersih dulu tapi udah jauh lebih baik, teksturnya udah gak kayak makadam lagi, udah gaada jerawat segede-gede rumah lagi, tinggal bekas jerawat ajaaa! Yeay!
Intinya adalah, jangan asal mengikuti trend skincare yang sedang booming secara mentah-mentah. Baca-baca dulu reviewnya dan kenali lebih dulu kondisi muka kalian. Kenali bahan-bahan skincare apa yang cocok dan tidak cocok untuk muka kalian. Belum tentu skincare yang cocok ditemen kalian juga cocok dimuka kalian. 
Ini pengalaman berharga banget sih dalam hidup aku, meskipun harus dikatain kenapa kok jerawatan blablabla tiap hari wkwk dari sini aku banyak belajar, yang awalnya gatau jadi tau, yang awalnya asal beli sekarang jadi lebih teliti dan lebih banyak cari tau tentang plus minusnya sebuah skincare.
Jangan pernah putus asa ya, Everything happens for a reason. Selama kalian yakin, berdoa, dan berusaha everything is gonna be okay!

Tips :
Buat kalian yang lagi jerawatan lumayan banyak atau meradang jangan sekali kali coba detox wajah ya karena itu semakin memperparah dan membuat jerawat muncul makin banyak!


With love,
Deva Oktavianingtyas
















You May Also Like

0 comments