Alhamdulillah, Hamil.

by - Januari 09, 2021


Alhamdulillah, hamil.

Draft ini aku buat berurutan sejak tau kalo hamil sampai saat aku posting blog ini, jadi mohon maaf ceritanya sangat panjang silahkan disiapkan dulu camilan sama minumannya. Enjoy!

Bismillah.

Setelah 8 bulan menikah, Alhamdulillah akhirnya dikasi kepercayaan sama Allah untuk punya baby. Yaa, Alhamdulillah 2 garis merah yang artinya aku hamil.

Sejak Maret nikah sampai Oktober aku menjalani long distance marriage dengan suamiku, ternyata LDM ngga gampang buat aku ya meskipun seminggu sekali ketemu dan meskipun cuma Malang - Pasuruan. Waktu buat quality time sama suami berasa kurang banget, apalagi awal awal nikah aku masih kerja ditambah Mas yang liburnya ngga menentu kadang weekday kadang weekend, jadinya ada waktu dimana Mas libur aku kerja. Akhirnya Juli aku udah ngga kerja lagi eh ternyata masih kurang juga quality timenya wkwk. Sampai pada akhirnya aku memutuskan untuk ikut Mas ke Pasuruan bulan Oktober. Dibetah-betahin meskipun panasnya luar biasa, yang penting deket Mas kan hatiku jadi adem ayem eaaa wkwk.

Yang perlu digaris bawahi, aku dan suami ngga pernah menunda punya momongan setelah menikah yaa, malah pengen cepet cepet- kalo bisa langsung mah Maret nikah April hamil ehee. 

Eh tapi ngga secepet itu juga ding, karena wishlistku adalah hamil setelah lebaran. Kayak aku pengen maksimal melayani suami saat Ramadhan dalam arti menyiapkan sahur dan buka puasa di Ramadhan tahun pertama kami menikah. Karena pasti kasian kalo aku lagi hamil muda pas puasa siapa yang nyiapin semuanya kan kita cuma tinggal berdua ehee~ 

((The power of menulis keinginan ya, pas waktu diwujudkan tuh happynya MashaAllah))

2-3 bulan dan bulan bulan selanjutnya yang terus berjalan, udah mulai insecure dengan omongan orang yang selalu nanya “udah isi belum?”. Udah ngerasa ngga sehat buat pikiran, ditambah lagi liat social media yang isinya pada hamil- melahirkan- momong baby. 

Karena aku tipe orang yang overthinking dan gabisa bodo amat sama omongan orang jadinya beban banget buat aku. Rasanya ditanya “udah isi belum?” tuh jauh lebih nyesek dibanding dengan pertanyaan “kapan nikah?” serius! Udah makanya netijen mulutnya dijaga jangan pernah nanya udah hamil apa belum wkwk. Padahal belum ada setahun yang harusnya aku selow aja tapi untuk pertanyaan yang satu ini emang luar biasa menyebalkan. Beda sama Mas, dia selow banget meskipun ditanyai temen-temennya "bojomu wes meteng a?". Dia santai banget, ya menurut dia berarti kita masih disuruh happy happy dulu berdua.

Awal bulan November tiba, dibulan bulan sebelumnya tiap mau jadwal mens pasti harap harap cemas duh hamil apa mens yaa wkwk, sampe di bulan November yang udah mulai legowo. Pas hari hari menjelang mens kok badanku lemes yaa, ngegym treadmill yang biasanya bisa 20 menit ini gak sampe 10 menit udah cuapek pol, terus mual kayak masuk angin gitu aku kira ah paling masuk angin soalnya 24 jam nonstop kipas anginan terus, punggung juga lumayan sakit ngiranya ah paling boyokku capek tiap minggu pp Malang Pasuruan. Sampai hari Jumat malem pulang ke Malang mampir makan dulu dan aku gak mood makan, sepanjang perjalanan aku mual munek munek pokoknya. Terus aku maag selama 3 hari berturut turut minum obat gak sembuh. Perut masih nyeri, ditambah lagi aku jadi susah pup. Masa pas itu makan siomay ditempat favorit aku aja mual cuy~

Terbesit pikiran sih eh jangan jangan hamil tapi kayak gamau berekspektasi lebih takutnya belum lagi belum lagi.

Terus hari Minggunya kerumah Mama mertua, Mama bilang aku kok mimpi kamu hamil ya kamu wes telat a? Terus aku jawab iya ma telat 1 hari tapi kayaknya kecapekan soalnya kan riwa riwi Mlg Psn terus. 

Kok makin lama makin mual, bangun tidur pun mual, tapi aku gak bilang ke siapapun termasuk ke Mas karena takut php wkwk. 

Sampai hari Senin malem nekat beli testpack dan Selasa pagi memberanikan diri buat tes hamil atau engga. Malemnya udah mensugesti diri dan pasrah sama Allah kalau misalkan positif Alhamdulillah minta babynya dikasi sehat jasmani rohani lahir sempurna dan dikuatkan didalam perut kalo negatif minta dilapangkan hatiku biar legowo.

10 November 2020 setelah Subuh cek. Alhamdulillah MashaAllah 2 garis merah~

Dulu-dulu tuh pengennya kalo aku hamil mau kasi suprise ke Mas, pengen tau ekspresinya nangis kek apa gimana gitu eh kenyataannya beli testpack minta dianterin wkwk, paginya pas nunggu hasil sama sama diem sambil liat-liatan sampe muncul 2 garis sama sama speechless bingung beneran hamil apa ngga sih. Sampe gabisa nangis gabisa berkata-kata, delay beberapa menit sampe akhirnya Mas peluk aku wkwk.

Lalu berkabar ke keluarga jadinya pada heboh dan pada auto posesif wkwk. Pagi siang sore malem ditanyain udah makan belum, badannya gapapa ta, mual ngga dll. Disuruh super hati-hati. Alhamdulillah sampe 5w masih aman bisa beraktifitas dan makin doyan makan sehari sampe 5x/

Ada kejadian lucu, ternyata sekitar 2 minggu sebelum tau kalo aku hamil Mas lagi kepengen jasuke banget banget banget sampe keliling Pasuruan dari ujung sampe ujung harus dapet, aku udah gak paham lagi persis bgt kayak orang ngidam, besokannya pengen jajan bali dan gak ketemu. Nah tiba tiba suatu hari setengah 10 malem ngeyel minta ke Indomaret beli nutrijel rasa mangga. Mohon maaf yang hamil siapa? :’)

Alhamdulillah banget sampe di 5w ngga ngerasain morning sickness dan semoga seterusnya sehat sehat aja dan ngga rewel. Tapi tapi tapi aku jadi gampang laperan, gapapa ya sayang rela gendut deh demi kamu ❤️

5w ini santuy banget, emang jadi lebih manja sih sama Mas. Beneran kayak gabisa ditinggal lama lama wkwk. Belum ngerasain nyidam yg kepengen buangeeet karena aku orangnya gampang bm makanan sebelum hamil pun. Dan aku kalo udah pengen makan sesuatu udah harus beli saat itu juga.

Semuamunya jadi extra-care terutama Mas Alif, selalu ngingetin minum vitamin, selalu sediain aku jajan biar ngga laper, selalu iya iya aja misal aku bilang sayang pengen makan a b c d e, pasti langsung dicariin sampai ke ujung dunia pokoknya kudu sampe dapet wkwk. Orangtua yang pagi siang sore malem nanya udah makan belum suruh super hati-hati, mama mertua yang selalu ingetin buat gak makan micin bakso mie instan dll, gaboleh kecapekan.

Udah mulai PD dan sombong, wah ternyata aku hamil kebo. Gak mual mual malah makin doyan makan, ehhhh ternyata~

Masuk 6w udah mulai mual mual manja nih, udah bukan morning sickness lagi- everytime sickness kayaknya karena aku bisa mual di pagi siang sore malem wkwk. Makan dikit eneg- makan enak udah gak berasa enak. Gamau makan nasi putih, karena udah mual duluan bau uap nasi baru mateng dari magic com. Udah gabisa didapur lama lama, gabisa masak karena bau bawang merah bawang putih udah mual sampe lemes wkwk. Pagi siang sore malem makannya beli. Kalo maem diwarung harus langsung pulang/keluar dari tempat itu karena kalo lama lama bisa auto eneg dan mual liat makanannya. Tapi sama buah doyan banget terutama semangka, bisa habis seperempat buah dalam sekejap. 

Masuk di 7w udah makin aduhay rewelnya, badan lemes banget sampe keringet dingin. Gak doyan makan sama sekali, makan paling cuma 3 sendok itu aja udah maksain banget, tiap malem susah tidur maag melilit bukan main nih lambung. Sebelum tidur wajib hukumnya dikusuk suami sampe merem. Tengah malem pasti kebangun terus suami auto bangun dan ngusuk ngusuk lagi sampe aku tidur *sweet uga ya suami w, kadang gak tega pagi sampe malem kerja malemnya masih ada PR ngurusin w*. Udah sama sekali gaada kepengenan buat makan a b c d karena buka grabfood ngeliatin gambar makanan aja udah mual shay :(

Sampai akhirnya aku harus ngambil keputusan untuk balik ke Malang dan menjalani LDM lagi sama Mas, sedih yaa karena hampir 2 bulan tiap hari sama sama ini harus jauh jauhan lagi. Tapi InshaAllah ini jalan yg paling baik buat baby karena kasian kalo aku gabisa makan dan tiap 2 minggu sekali harus riwa-riwi Mlg-Psn. Weekend di Pasuruan pun aku sama Mas udah gak betah bingung mau kemana karena Mall dan tempat buat ngadem tydac ada huhu. Ditambah lagi hawanya yg panass bgt bikin moodswing bumil makin menjadi. Kasian Mas juga kerjanya jadi kurang fokus karena kepikiran aku lemes terus gaada temennya.

Malah yang harusnya pulang hari Jumat sampe maju jadi hari Rabu karena udah lemes banget dan langsung ke Malang periksa ke Mama Mertua aku. Katanya asam lambungku naik, gaada asupan makanan yg masuk + dehidrasi. Oiya untuk bumil-bumil diluar sana jangan sembarang minum obat ya, konsul dokter dulu atau ke apotek nanya obat maag ibu hamil apa. Ibu hamil tuh obatnya dosis rendah jadi gabisa aneh-aneh.

Pas udah di Malang ngga terlalu rewel nih, emang minta ditempat yang adem nih baby. Tetep mual sih tapi ngga separah di Pasuruan. Makan juga yg awalnya 2 sendok ini bisa 4 sendok meskipun tetep anti nasi putih.

Sabtu, 27 November 2020 akhirnya memutuskan untuk konsultasi ke dr. Rahajeng. Aku lebih prefer dokter kandungan cewe jadi lebih nyaman konsultasinya. Alhamdulillah beneran hamil, gitu kata dokternya 😂  Sedihnya aku harus masuk ruang konsul sendiri karena Mas gaboleh masuk. Dokternya friendly dan informatif banget- tapi kitanya sebelum masuk ruang konsul juga harus mikir nanti didalem mau tanya apa aja ya biar gaada yang kelewat (maklum kan hamil pertama), meskipun antrinya kudu berminggu-minggu sebelum ya shay.

Pulang dari kontrol dokter tetiba pengen makan McD, jangan ditiru yaa sebaiknya hindari junkfood. Pas di McD pesen Paket Panas Special hampir habis tak bersisa, sisa nasinya tok wkwk. Baby pinter sekali ya tau aja diajak makan enak 😂 Bapaknya geleng-geleng nih, nak nak biasanya maem susah mual mual- awas besok lek gak maem McD terus mual 😂

Sebelum hamil kalo ditinggal Mas balik Pasuruan aja udah mellow, sekarang pas hamil makin mellow lagi. Apalagi kalo Mas pamit ke baby “Baik-baik diperut mami ya sayang, jagain mami soalnya mami nangisan” duh banjiiiiir! Beberapa malem aku sama Mas juga susah banget bobo, gapapa alay gapapa bucin kan bojoku dewe 😝

Masuk 8w udah sama sekali gabisa masak, sekalinya coba masak mualnya gak selese sehari semalem. Gak doyan makanan gurih apalagi keasinan, gak doyan gorengan gak doyan tumis yang bau bawangnya strong banget. Maunya makan manis mulu sama buah buahan aja. Susaaaah banget makan sampe BBku turun 3kg :( 

Kalo udah pengen makan sesuatu harus langsung dituruti, pernah waktu itu pengen makan sambel rempelo atinya SS, pesen menu lainnya gamau makan yang mau dimakan cuma yg aku pengenin aja. Malem-malem gerimis pengen jagung serut manisnya tawangmangu langsung berangkat eh habis 1 porsi tak bersisa.

Kayaknya emang bener deh kata orang, pas lagi hamil tuh makanan yang dulunya disukai banget jadi gak suka. Aku yang dulu puwaling doyan makan bakso sekarang bau kuah bakso aja udah mualnya bukan lagi, sampe sebel tiap papasan sama kang bakso karena kudu tahan nafas biar gak mual :(

Kadang sampe mikir apa orang-orang diluar sana kalo hamil sebegini mualnya? Sebegini gak enak makannya?

Tapi aku selalu berusaha buat ngga ngeluh dan ngelawan rasa mual, karena ada hari dimana aku gabisa makan sama sekali. Makan ini mual makan itu mual, tetangga masak yang baunya kecium sampe rumah mual, yang paling aneh video call sama Mas yang lagi makan indomie aja aku mual astagaa :’) Ngga tega sama baby kalo makanku dikit banget, maafin ya sayang :( 

Minggu, 13 Desember 2020 untuk pertama kalinya denger suara detak jantung baby. Meskipun masih belum kenceng suara detak jantungnya karena masih muda banget usianya tapi terharunya MashaAllah. Mas yang berkali kali bilang kamu denger kan tadi detak jantungnya? Dicium-ciumin mulu nih baby diajak ngobrol sama Mas huuuu terharu monangis {{{}}}

Ternyata oh ternyata masuk ke 10w mualnya semakin parah guys, makan makanan yang biasa aku pesen di grabfood hampir semua gabisa masuk. 1 suap langsung mual seenak apapun itu makanannya. Kadang aku udah yang pasrah nih gizi babyku gimana, pokoknya vitamin bisa masuk udah Alhamdulillah banget maafin mami sayang :(

Dan ternyata puncak morning sickness yg belum berakhir ini ada di 11 dan 12w. Dimana aku ngerasa badan capek sakit semua, masuk angin, udah makin berkurang nafsu makannya, makan dikit muntah, sampe sempet diare juga.

Sampe saking lemesnya hampir pingsan ditengah jalan ini gak lebay tapi beneran :’) Masih dilanjut tuh, udah agak enakan eh Mas yang sakit ya ketularan deh demam yang sampe pusing lemes dah gak kuat ngapangapain dah gabisa pegang HP. Padahal seharusnya sedang menikmati mas libur panjang tapi malah sakit huhu :( Udah agak enakan dikit terus mudik ke kampung halaman mas pulang pulang kambuh lagi tuh muntah muntahnyaaa, bumil emang gabisa kecapekan kayaknya yaa. Ini udah parah bgt kayaknya sampe gabisa dan gamau makan apa-apa :( MashaAllah punya suami siaga sampe kadang kasian dia kangen tak masakin tapi aku bisanya go-food-in mulu, bantu bantu banyak kerjaan rumah karena aku bener2 gak kuat ngapa2in, kusuk kusuk sampe aku bobo kalo kebangun tengah malem dikusuk sampe bobo lagi :’)

Bb udah turun sampe tembus <50kg coba bayangin, hamil gak keliatan kalo hamil malah makin kurus. Seumur umur ngegym sampe gobyos gak pernah bb <50kg wkwk.

Berharap semoga masuk trimester 2 udah ngga mual dan doyan makan ya sayang, kita berjuang sama sama {}


Waktu itu aku sempet bertanya-tanya apakah 8 bulan termasuk waktu yang lama buat menanti sebuah kehamilan? Ngerasain jadi aku yang insecure tiap keluar rumah ditanyain tetangga, ditanyain saudara dan netijen SUDAH ISI BELUM tuh rasanya nano nano wkwk.

Dari penantian 8 bulan, aku jadi lebih menghargai banyak hal terutama menghargai kehamilan aku. Aku semakin yakin kalo waktu yang ditentukan Allah jauh lebih tepat daripada keinginan aku. 

Beberapa waktu sering pillowtalk sama Mas kayak- mungkin kalo dulu nikah langsung hamil kita belum tentu bisa beradaptasi dengan urusan rumah tangga sekaligus adaptasi sama kehamilan, karena setelah menikah pasti banyak hal yang harus disesuaikan dan disatukan. Dan mungkin kalo a b c lainnya yang setelah aku dan Mas breakdown jadi sangat bersyukur sama Allah karena dikasi karunia sama Allah diwaktu yang sangat tepat.

Alhamdulillah punya suami yang semakin siaga semakin pengertian dan semakin manjain istrinya wkwk. Diluar drama mual mual, ternyata hamil semenyenangkan ini ya! Semuaaaaanya jadi extracare~

Sehat-sehat diperut Mami ya sayang, sampai bertemu dibulan Juli. InshaAllah ❤️

You May Also Like

0 comments