Selamat Datang, Trimester 2.

by - April 15, 2021


Selamat Datang, Trimester 2.

Trimester 2ku disambut dengan ngga enak badan lumayan lama, padahal trimester 2 digadang-gadang sebagai trimester paling membahagiakan untuk ibu hamil. Tapi Alhamdulillah masih dikasi kejutan sama Allah diawal tahun. Dijalanin dan disyukuri biar segera berlalu~

Di trimester 2 ini aku udah mulai bisa “menerima” makanan, at least liat list GrabFood dah gak mual, ketemu kang bakso dah gak terlalu sebel wkwk, liat makanan udah ngga wag weg wag weg kayak dulu tiap kali Mas atau siapapun makan gaboleh deket-deket aku. Ya meskipun tetep belum bisa makan nasi tapi udah mulai bisa makan yang gurih gitu, tapi kalo keasinan tetep mual yaa.

Malah pada suatu siang untuk pertama kalinya pengen Indomie kuah pake cabe pake telor, tumben banget ya kan? ((Bumil-bumil jangan keseringan makan mi instan, tapi kalo udah kepengen buanget gapapa pokoknya gak maruk. Ini aja aku bikin 1 bungkus cuma makan 3 sendok lainnya dimakan mas wkwk.))

Trimester 1 boro-boro, video call Mas yg lagi makan mie aja dah mual. 

Dan masuk trimester 2 ini aku biasain untuk selalu bilang makasih ke baby, “makasih ya nak kerjasamanya, kita bisa makan Indomie”, “makasih ya nak hari ini mami udah ngga mual muntah, besok kita berjuang sama sama lagi”. Karena inget trimester 1 makan apa-apa susah jadi sekarang tiap bisa makan aku bener2 bersyukur, udah ngga mual jadi nanti nanti gizi buat baby lebih terpenuhi dan mengganti karena di trimester 1 susah banget makan. 

Aku udah mulai bisa ke dapur, gorengin Mas lauk, bikinin pancake- nutrijel, udah ngga begitu mual. Udah mulai belajar makan nasi dikit-dikit. Meskipun masih ada beberapa makanan yg sejak gigitan pertama udah langsung wag weg. Semoga habis ini morning sicknessnya beneran ilaaang, gak sabar mau makan ini itu yippiiiiieeee.

Tgl 12 Januari 2021 aku memutuskan untuk kontrol ke Dokter Kandungan karena khawatir kondisi baby kan aku habis sakit lumayan lama. Aku pindah dokter dari dr. Rahajeng ke dr. Novina. Kenapa pindah? Soalnya di dr. Rahajeng monitornya kecil jadi aku gak lego liat baby pas USG + si bapaknya bayi gaboleh masuk ruang periksa kan aku pengen Mas juga tau perkembangan baby. 

dr. Novina ini antrinya ampun-ampunan deh, send format mau kontrol harus jam 8 pas- lewat sedetik udah full. Aku gatau sih dr. Novina praktek di RS mana tapi aku ngeri ngeri sedep mau ke RS pas pandemi gini jadi aku memutuskan untuk langsung ke tempat prakteknya di Jl. Garbis. 

Setelah hampir tiap hari selama seminggu send format ke admin dari yang request jam pagi request jam malem sampe terakhir minta jamnya terserah seadanya aja tapi full terus. Kayaknya mbaknya kasian sama aku akhirnya aku dikasi slot buat hari Kamis awalnya, tapi pas Rabu pagi ditelp kalo ada yang cancel jadi aku mau ngga gantiin. Oke berangkaaaaat, tydac sabar ketemu baby~

Sampe sana daftar, ngelengkapin administrasi, tensi, cek suhu, timbang dll terus nunggu dipanggil. Oiya ternyata kalo pindah dokter ini buku kontrol yg lama tetep dibawa ya guys, aku kan gak ngerti dan belum ada pengalaman jadi aku diingetin lain kali bawa buku kontrol sebelumnya sama buku KIA kalo ada. 

Nunggu sekitar 45menit, karena dokternya nanganin per pasien lumayan lama. Aku seneng nih yg kayak gini gini, berarti beneran informatif dan detail ngejelasinnya. Giliran masuk disapa dengan sangat ramah sama dr. Novina. Lanjut USG, disitu lego aku soalnya monitornya terpampang nyata jadi aku keliatan babynya. Mas juga bisa ngeliat dengan jelas. 

Alhamdulillah baby sehat, detak jantung bagus, ukuran baby sama umur kandungannya sesuai. Sama dokternya dibercandain jangan nanya jenis kelamin ya mbak soalnya gurung keliatan wkwk. Habis USG lanjut konsultasi blablabla suruh kontrol bulan depan sama bawa hasil test laboratorium, selese deh tinggal bayar.

Nb : test laboratorium ini hukumnya wajib ya untuk bumil usia kandungan 4 bulan, cek hepatitis dll gitu. Testnya bisa di puskesman/lab gitu bebassss.

Untuk ibu hamil diluar sana please jangan skip minum vitamin, vitamin buat ibu hamil itu hukumnya wajib. Karena asupan yang kita makan belum menjamin nutrisi baby terpenuhi.

Nih tumben-tumbenan lagi gak sengaja liat Samyang Challenge di Youtube dan seketika aku pengen makan itu, karena aku gak doyan Samyang aku ganti pake Mi kuah Gaga yang super pedes. Aku bikin tuh tidak lupa telor rebusnya, uuwwwwh mantap habis seporsi dan masih pengen nambah. Aku sampe kaget sama diri sendiri kok tumben tumbenaaaan, emang kalo udah dikepengenin banget tuh pasti mau makan tapi aku gak expect kalo bakalan habis 1 porsi wkwk. Jangan sering-sering nyidam mi instan ya bun, gabaiiik!

Oiya sampe lupa, masuk trimester 2 aku udah mulai rajin pake Bio Oil diarea perut, paha, dan payudara. Meminimalisir strechmark, jadi misal ada gak parah parah banget ((hopefully)). Awal-awal masih males-malesan ngga rutin tiap hari, tapi makin kesini makin inget nanti kalo perut bleber penuh strechmark suamiku kabur piye wkwk (meskipun gak mungkin kabur sih kan suamiku setia eeaaa). Habis ini kalo Bio Oilnya udah habis kayaknya mau ganti minyak zaitun aja deh beb karena yang harganya lebih terjangkau. Tapi kalo ada budgetnya ya Bio Oil emang lebih top buat melembabkan. 

Jadi tuh kenapa pentingnya dikasi oil-oilan begini kan perut bumil ngembang tuh nah kalo kulit perutnya lembab otomatis ngembangnya santuy jadi nanti pas habis lahiran perutnya kempes lagi bekasnya ngga begitu parah. Karena biasanya strechmarks itu baru keliatan banget setelah melahirkan.

Makin lama makin menter aja nih ditrimester 2, udah mulai bisa makan dan ngerasain enak. Meskipun ternyata masih musuhan sama bakso tapi udah mulai bisa makan makanan gurih yang penting gak keasinan cuma anehnya belum bisa makan yang lahap yang doyan banget makan ini itu. Yha semoga meskipun udah trimester 2 makannya gak barbar biar bb tydac melonjak jadi diet habis lahiran ngga berat-berat banget wkwk.

Tapi tapi tapi ibu hamil hati-hati yaa jangan sampe telat makan atau bobo terlalu malam karena kalo asam lambung lagi kambuh ya tetep mual sampe muntah terus habis itu lemes seharian. Ngga lagi lagi deh males atau telat makan gitu.

Di akhir Januari 2021 aku iseng-iseng timbang ternyata bbku turun lagi, 48kg hamil 4 bulan gimana ceritanya. Sampe akhirnya sama mertua aku disaranin buat ganti vitamin yg ada penambah nafsu makannya. Agak ketar-ketir semoga ngga kebablasan wkwk.

Oh ya aku juga udah mulai rutin minum air degan, no ice no gula yaa karena air degan bagus buat kehamilan mitosnya sih biar bayinya bersih tapi selain itu emang manfaatnya banyak banget. Kalo aku concern utamanya biar ngga kekurangan air ketuban.

16w berlalu, seharusnya lagi doyan doyannya makan. Akhirnya coba berdamai sama bakso yang selama 4 bulan ini kumusuhi. Coba order bakso favorit dan ternyata gabisa makaaaan :( cobain makan dikit mualnya sampe seharian, udah kapok deh gamau makan bakso lagi dulu untuk beberapa waktu. Bersyukur sih ngga doyan bakso pas hamil, kalo doyan dan keterusan bisa bahaya, kebanyakan micin gak baik buat baby terus katanya kalo kebanyakan makan bakso pas hamil ntar babynya “nggajih” pas lahir. Ambil positifnya ajaa.

Tapi, Alhamdulillah aku udah jarang banget gofood. Lebih seneng makan masakan rumahan. Meskipun juga jadi anti sama daging sapi dan ayam. Tapi kalo bumbu ayamnya manis banget kayak sate aku mau makan. Aneh deh pokoknya MashaAllah. Pengalaman hamil pertama yang luaaarrr biasa.

Setelah 16w ini aku jadi sering banget pusing, entah kenapa. Bangun tidur pusing, udah habis makan kenyang pun masih tetep pusing, diolesin balsem udah gak mempan. Aku baca baca emang normal sih tapi jadi agak kurang nyaman aja. Terus serba salah, laper dikit mual kekenyangan pun juga mual. Perasaan w hamil kok rewel banget yaa 😂

Terus juga di 17w jerawat kecil kecil muncul, entah karena aku makan sembarangan karena lagi doyan banget telor atau gimana aku gatau.

Mana lagi gabisa laser kan huhu ☹️ ntar habis lahiran langsung laser pokoknya wkwk

Yang aku nanti nanti di trimester 2 selain kepo sama gender juga pengen tau gimana rasanya pas baby nendang nendang, browsinglah aku dan katanya  16w tuh harusnya udah mulai nendang tapi kalo hamil pertama biasanya agak lebih lama tapi maksimal 20w mulai nendang nendangnya. Dan untuk pertama kalinyaaaaaa, di 18w jadi pas malem malem tuh aku ngerasa si baby gerak tapi pelan banget. Karena lampu kamar udah mati jadi gabisa liat, eh besok paginya gerak lagi ya meskipun pelan dan samar banget tapi kerasa. Meltingnya MashaAllah, dah bikin jatuh cinta sebelum ketemu nih si baby. Ngga sempet videoin, langsung chat papinya yg lagi kerja papinya pengen langsung cepet cepet pulang biar bisa tendang tendangan sama baby katanya 😂

Makin gede hamilnya perutku makin sering kram, kalo kata mama mertuaku gara-gara kekurangan kalsium wkwk. Ya gimana aku gak doyan susu, minum susu jadinya mual. Akhirnya dikasi vitamin kalsium rasa stoberi buat memenuhi kebutuhan kalsium baby.

Eh kelupaan, aku kembali ke vitamin awalku yg gaada penambah nafsu makannya karena aku ngga cocok sama vitamin yg baru itu. Jadi aku cuma minum Gestiamin + Calcifar aja sejauh ini, ngga minum susu karena gak doyan susu.

Menuju 19w aku happy karena udah makin enak makannya, bb udah tembus 50kg lagi yeaaay! Udah bisa masak ini itu, udah gak anti sama bawang bawangan dan lebih lahap kalo makan masakan sendiri daripada beli di warung. Tapi ternyata masih kurang, kata mama mertuaku perbulan minimal naik 2kg. Ya Allah baru kali ini aku bingung gimana caranya naikin berat badan, perasaan dulu sebelum hamil sebulan off gym aja cepet banget bb naiknya. Kudu makin sering makan nih, porsi kecil tapi sering- kudu sering nyemil nyemil sehat. Yuk bisa yuk naik 2kg perbulan!

Tapi ternyata susah buwangeeeet naikin bb, udah diteter es krim tiap hari, sering makan sering nyemil tapi bbku stuck di 50kg sampai akhir Februari 2021. Ini kejadian di aku sih, jadi asam lambungku ini lumayan parah. Aku gabisa makan banyak soalnya kalo makan banyak perutku langsung begah + engap + sesek. Dan aku butuh jeda waktu lumayan lama buat bisa makan lagi. Jadi aku makannya dikit dikit banget tapi berusaha sesering mungkin. 

Sampai 20w pun aku tetep picky buat pilih makanan, pernah pengen makan martabak dilangganan aku yg udah pasti enak makan sesuap aja udah eneg sampe muntah muntah. Gabisa makan sembarang ayam wkwk, sate bisa baegopa bisa tapi ayam goreng biasa apalagi ayam hisana udah big no no. Doyan bangetnya sama buah, apa aja oke kalo buah. Nikmat banget lah pokoknya hamil pertama ini, ceritanya nano nano.

Makin lama intensitas si baby gerak gerak udah mulai kenceng bund, tapi tiap kali dipegang papinya seketika anteng si baby. Kasian juga nih papinya, udah sering banget dicium-ciumin nih perut, dikusuk kusuk, dinyanyiin digitarin, diajak ngobrol, eh si baby anteng malu malu aja 😂 

Akhirnya tiap baby gerak selalu auto ambil hp buat ngevideo, meskipun susah bgt juga kadang yang awalnya gerak gerak manja pas divideo langsung diem. Gemes sendiri pas berhasil ngevideo waktu baby gerak gerak manja, langsung nunjukin ke papinya biar papinya ngga ngira aku halu karena baby gerak gerak. Soalnya papinya sempet gak percaya menginjak 5bulan babynya udah gerak gerak, akhirnya Mas nanya mama bener ngga kalo 5 bulan udah mulai gerak akhirnya dikasitau mamanya baru dia percaya 😏

Tidur juga udah mulai glibak glibek cari posisi wenak yang nyaman, alhasil ganjel bantal depan belakang. Sebelum tidur wajib dikusuk/dipijetin pak suami soalnya dah mulai boyoken bund. Tapi Alhamdulillah bangeeet kaki ngga pernah pegel pegel, meringankan beban suami buat mijit wkwk.

Makin kesini makan dan nyemil makin loss, seminggu berhasil naik 1kg senengnya MashaAllah. Udah ngga mual muntah lagi, misal ngga cocok sama makanan masih bisa ditoleransi, diajak jalan jalan loss aja ngga lemes ditengah jalan wkwk. Udah gitu Baby juga makin aktif nendang nendangnya huhu, Malem malem mau tidur nendang nendang dulu, subuh subuh udah nendang lagi.

Kadang kalo diajak ngobrol ngerespon pake tendangan gitu. Mami mencintaimu nak ❤️

Di minggu ke 21 lebih 3 hari aku memutuskan untuk USG 4D karena udah kepo banget sama gendernya. Sebenernya 2D 3D pun kayaknya udah keliatan deh girl or boy tapi biar lebih lego yauda 4D ajaa. Udah tuh antri dokter minta USG 4D eh sama dokternya dibilang ntar aja 7bulan keatas soalnya katanya eman kalo USG 4D pas 5 bulan ngga begitu keliatan. Yauda deh ngikut dokternya aja kan dokternya lebih tau mana yang baik.

Alhamdulillah baby sehat, agak gendut kata dokternya sesuai sama umurnya lah pokoknya berat badannya, posisi kepala dibawah, posisi ari-ari diatas jadi gak menghalangi jalan lahir, tidak ada lilitan tali pusat di leher, ukuran kepalanya bagus, keliatan tangannya; dadanya; matanya duh naaaak mami jatuh cinta pol sama kamu. Yg waktu kapan hari USG kan air ketuban kurang, skrg udah lebih dari cukup dan air ketubannya bening bersih Alhamdulillah. Bb udah 52kg, naik naik terus nih tiap minggu karena nyemilnya gak kenal waktu, kata Mas gapapa gendut buat baby~ 

Dan yang paling ditunggu tunggu adalah, “cewe apa cowo dok?” 

Eits....... Coba kalian nebaknya cewe apa cowo? Kalo dilihat dari ceritaku dari awal hamil sampe detik ini beserta sambat-sambatnya kalian nebaknya cewe apa cowo?

Jawabannya nanti pas lahir yaa 😝 Pokoknya speechless dan bersyukur banget karena udah dikasi sehat dan lengkap InshaAllah. Habis USG sampe seharian masih ngga nyangka Ya Allah, kuasa Allah sebegitu luar biasanya. 

Emang hamil tuh sangat menyenangkan yaa, makin makin disayang sama suami wkwk. Udah dasarnya aku manja pwol jadi makin manja sama Mas. Ditambah lagi perlakuan mas ke baby tiap hari diajak ngobrol, dinyanyiin, dicium-ciumin, duh cemburu aku 😂😂

Si baby juga udah makin intens dan makin kenceng nendangnya jadi makin gemes gak sabar pengen cepet cepet bulan Juli. Kalo malem maminya mau tidur si baby aktif banget mulet mulet dalem perut, jadinya aku milih ngajak ngobrol si baby sambil elus elus perut. Soalnya dia udah ngerti kalo diajakin ngobrol, udah ngerespon gitulo. Apalagi kalo dinyanyiin papinya, makin kenceng muletnya bund.

Eh, di 23w udah mulai bisa makan perdaging-daging-an. Udah mulai bisa makan ayam juga. Makan bakso juga udah bisa, tergantung baksonya sih soalnya ada bakso yg bikin eneg dan mual ada yg lahap lahap aja dimakan sampe habis (?)

Dan ternyata oh ternyata di 23w mulai muncul lipatan hitam didaerah leher dan ketiak guys, langsung gercep aku olesin Underarm Inner Thigh Lightening punya Ms Glow. Panik bund karena muncul tiba tiba, tapi jangan khawatir nanti semua akan hilang dan kembali seperti semula saat lahiran. Sekarang dinikmatin aja perubahan fisik apapun selama hamil yang penting baby sehat mommy happy~

Boyok semakin tidak terkendali, tiap tidur wajib diganjel bantal depan belakang. Kalo papinya libur wajib ngusuk-ngusuk boyok sampe w tidur. Karena entah kenapa tiap dikusuk Mas tuh boyoken seketika hilang, ngga butuh dikusuk pake tenaga- dikusuk pake cinta udah nyaman banget rasanya wkwk, emang alay tapi begitu adanya. Coba aku tanyain buat yg udah pernah ngalamin. Bener kan? 😝 Tidur udah mulai susah cari posisi yg pas jadi glibak glibeknya lama banget.

Ada kalanya moodswing parah banget, tiba-tiba pengen marah, kalo badannya pegel pegel kadang sampe nangis, tiba tiba ketawa terus. Gampang mellow pokoknya, mirip mirip sama orang PMS wkwk.

24w udah mulai jalan jalan ke toko bayi, buat liat liat aja sih. Udah nyicil ngelist juga kira kira butuh apa aja biar nanti pas habis 7 bulanan belanja gaada yg kelewat. Targetnya sebelum 8 bulan udah kebeli semuanya untuk meminimalisir keengapan bumil yang gampak sesek ini.

Tapi entah kenapa yaa, kalo dipikir pikir bbku sebelum hamil sampe 24w tetep 53kg dengan naik turunnya tapi gitu udah gampang engap. Kekenyangan dikit sesek, kalo kecapekan engap, duduk dipermukaan yg ngga empuk gabisa lama. Efek asam lambung + kurang gerak nih kayaknya :( apalagi kalo seharian keliling gitu malem boyok tuh rasanya aduhai wajib dikusuk sampe pagi.

Kadang bingung harus seneng apa sedih karena bb tidak melonjak saat hamil. Bahkan itungannya belum naik sama sekali, yang bikin tenang Alhamdulillah tiap USG bayinya sehat dan berat badannya emang sesuai dengan umur kandungannya. Padahal badanku nih ada banget pawakan gendut, cuma kalo ketemu orang jadinya gak percaya kalo aku hamil udah 6 bulan 😮

Eh, mau main tebak-tebakan gender ngga? Kan ada tuh katanya kalo hamil anak cewe tuh gini gini gini, kalo hamil anak cowo blablabla. Naah di aku :

Mitos hamil anak cewe :
- Morning sickness parah banget sampe 4 bulan, pagi siang sore malem mual 
- Doyan banget makanan manis
- Doyan buah-buahan
- Maunya deket-deket papinya terus
- Di kalender cina prediksi hitungan dari HPHT anaknya cewe
- Gak doyan daging dagingan

Mitos hamil anak cowo :
- Ada beberapa daerah lipatan yang cukup menghitam (leher dan ketiak)
- Ngga suka dandan
- Rambutku lebih sehat, berkilau, dan subur

Semua mitos diatas kualamin guys, coba tebak anakku cewe apa cowo? Wkwk

Bingung bingung deh tuh, mitos emang selalu kalah sama ketetapan Allah!

Lalu, diusia 26w ini 2 minggu berturut turut aku mudik ke rumah nenekku dan rumah neneknya Mas. Aku pikir usia kehamilan segini udah paling pas buat perjalanan jauh karena udah doyan makan + gak mual + perut belum terlalu besar. Mudiknya awal April karena nanti kan pas lebaran udah 7 bulan lebih jadi kayaknya gak memungkinkan untuk keluar kota. Ternyata oh ternyata meskipun ngga ikutan nyetir boyok tetep capek semua bund, dan sepulang mudik pasti tengah malem cranky sampe nangis karena sambatan masuk angin dan badan sakit semua. Setelah dibuat tidur seharian pun masih tetep berasa masuk anginnya, kepala pusing banget, susah tidur + mual. Akhirnya dikerokin Mas pake bawang merah + minyak urut, sorenya keluar karena pengen beli bakso eh kehujanan terus malemnya muntah-muntah. Udah ngga sanggup kayaknya bund pergi luar kota pas hamil begini. 

Eh tapi tapi tapi ternyata suami w dah gak sabar banget belanja keperluan bayi. Kalo orang jawa kan baru boleh beli perlengkapan bayi setelah 7 bulan biar gak pamali. Eeehhh Mas Alif masih 6 bulan udah gatel pengen belanja ini itu. Sekarang kalo jalan-jalan ke toko perlengkapan bayi, udah mulai cari review review baby things. 

Kemarenan aja udah curi start beli lemari baby padahal belum 7 bulan huuuu :( Buat perlengkapan baby lainnya aku sama Mas gamau asal beli, contohnya kayak bak mandi aja kita galaunya lamaaaa banget. Keliling Malang bandingin mana yang terbaik (yang sampe detik ini belum fix mau beli yang mana tapi yang pasti mau beli yang folding bath up biar ngga boros tempat dan lebih rapi). 

Terus kalo buat baju baby kayaknya aku gak berani kalo beli online. Aku harus pegang kainnya dulu secara langsung biar tau adem/ngga, lembut ngga buat kulit baby. Karena sepengalaman aku, aku kan ada ngincer handuk brand X mau beli online tapi ternyata pas keliling nemuin handuk itu dan aku pegang kainnya kurang lembut dan aku nemuin yang jauh lebih lembuuut. Jadi kayaknya buat baju dan handuk dan semacamnya aku mau beli langsung aja.

Semakin lama, tiap malem mau tidur selalu ngerasain heartburn. Normalnya begitu memang, tapi jadi makin susah tidur. Apakah bumil diluar sana juga begitu? Pagi siang sore ngantukan malemnya betah melek sampe tengah malem :(

Tgl 10 April 2021 tiba-tiba ada gempa kenceng banget, seumur hidup baru ini ngerasain dan semoga jangan  pernah lagi. Waktu gempa tuh aku lagi rebahan karena capek habis masak, terus kerasa gempa langsung panik keluar rumah lewat jendela karena pintu masih dikunci. Sampe kaki ketatap jendela bengkak cuy, deg deg an pol. Takut baby gimana gimana akhirnya malemnya minta Mama mertua buat periksa. 

Perkembangan di minggu ke 27 bb masih diangka 54 bund, harus seneng apa sedih? Wkwk

Tapi Alhamdulillah banget diperiksa Mama Mertua detak jantungnya bagus, posisi kepala udah dibawah, ukuran perutnya juga sesuai sama usia kehamilan + kaki ngga bengkak.

Aku juga udah mulai makin rajin jalan pagi, jam 5 setengah 6 gitu pas udara masih seger.

Ngga perlu jauh jauh, pokoknya jalan kaki buat memperkuat otot otot yang mempermudah persalinan nanti.

Alhamdulillah 13 April 2021 udah masuk bulan Ramadhan. Katanya, trimester 2 ada trimester yang paling aman untuk bumil kalo mau puasa. 

Hari pertama aku puasa, malemnya sebelum tidur udah makan, besok sahurnya makan nasi makan roti buah kurma dll jangan lupa minum vitamin dan air putih yang banyak biar ngga lemes seharian. Paginya tetep jalan jalan biar ngga males malesan. Jangan lupa kasi baby afirmasi positif biar kuat puasanya, diajak kerjasama biar ngga lemes. Meskipun pas siang jam jam kritis si baby nendangnya kenceng banget kayaknya laper wkwk tapi Alhamdulillah puasanya lancar sampe Magrib. Yang penting pas buka puasa jangan barbar apa aja dimakan, tetep makan makanan yang bergizi, porsi sedikit tapi sering. Tapi kayaknya tadi w khilaf apa aja dimakan terus engap pas taraweh wkwk. Semangat puasa bumil diluar sana!

Tapi kalo dipikirpikir nih yaa, dulu pas sebelum nikah tuh aku kalo bangun sahur 10 menit sebelum imsak karena gausa nyiapin makanan dan emang gak makan banyak macem, tahun kemaren bangun lebih pagi karena nyiapin sahur buat mas, dan Alhamdulillah tahun ini bangun lebih pagi lagi karena nyiapin sahur buat Mas + yang dimakan banyak macemnya demi kebaikan baby + takut asam lambung kumat kalo makan banyak cepet cepet. MashaAllah 🥰

Doain ya teman-teman semoga semuanya lancar sampai persalinan. Aku siap menyambut trimester 3! Sampai jumpa dicerita trimester 3 yang mungkin akan semakin nano nanoooo~

You May Also Like

0 comments