Selamat Datang Ke Dunia, Anakku!

by - Juli 12, 2021


2 hari ini aku susah banget tidur, sampe jam 2 pagi baru bisa bobo nyenyak. Mulai hari Rabu 7 Juli sampe Jumat malem. Jadinya pagi berasa pusing karena kurang tidur. Terus udah mulai sering kontraksi palsu, tapi masih bisa aktifitas kayak biasanya. HPL berkisar antara 14 Juli tapi biasanya maju kan sekitar seminggu gitu. Dari tgl 7 udah mulai ngajak ngobrol baby semoga lahirnya pas weekend pas papinya dirumah biar aku gak gupuh sendirian. Tapi Alhamdulillahnya Kamis tgl 8 Mas udah standby dirumah karena WFH. Diajak ngobrol terus nih si baby kapan mau lahir, udah boleh lahir karena papinya udah dirumah wkwk.

Aku udah baca baca sih tanda tanda menjelang persalinan tuh susah tidur, gelisah, semakin sering pipis, dan perut tuh rasanya kayak dilepen pas mau Mens gitu. Nah aku udah mulai ngerasain tuh semuanya. Ternyata oh ternyata Jumat malem tuh perutku udah kenceng banget. Kencengnya terus terusan kata Mas. Tumben tumbenan banget kan? Tapi aku sama Mas masih enjoy aja dikusuk sebelum bobo kayak biasanya. Tapi ya masih tetep kenceng. 

Sama Mas nih si baby diguyoni, “sayang kalo mau lahir sekarang tendang papi ya” eh si baby nendang dong. Ditanya 3x dan jawabannya tetap sama. Aku udah feeling kalo udah makin deket sama hari persalinan sih tapi ya gak secepat itu lahirnya Sabtu pagi wkwk.

Sabtu jam 1 pagi baru bisa bobo eh jam 3 kebangun kayak kebelet pipis banget gitu mau lari ke kamar mandi ternyata ngga nutut. Brullll ketuban pecah, langsung auto bangunin Mas dan dituntun ke kamar mandi. 

Alhamdulillahnya aku sama Mas ngga gupuh, masih bisa nyiapin ini itu. Santuy banget sambil ketawa ketawa. Aku juga masih sempet cuci muka bekas skincare malem + masih sempet pake gincu wkwk. Udah siap semuanya setengah 4 pagi kerumah Mama mertua. Diperiksa, tensi Alhamdulillah normal, di VT ternyata udah bukaan 2. Dan ini ternyata rasanya VT, bukan sakit sih lebih ke ngga nyaman aja ehee. Detak jantung baby juga bagus. Dan ternyata perutku kenceng tadi malem itu udah kontraksi asli wkwk. Bisa bisanya aku dan Mas gatau dan gabisa bedain mana kontraksi palsu dan kontraksi beneran. Diobservasi dulu selama 4 jam.

Akhirnya karena ketuban udah pecah dan ngerembes lumayan banyak aku harus rebahan gaboleh banyak gerak. Intensitas kontraksi makin sering, rasanya persis kayak dilepen sih pas pembukaan awal awal. Tiap kontraksi kalo dikusuk Mas rasanya jadi lumayan enteng. Belum ngerasa sakit kontraksi yang suwakit gitu, semoga sampe bukaan 10 kontraksinya tetep kayak gini yaa ehee. Masih bisa main hp Instagraman, santuy banget pokoknya. Bismillah semoga dilancarkan dan diminimalkan rasa sakitnya.

Ternyata oh ternyata pembukaan makin lebar makin sedep rasa kontraksinya. Jam 8 pagi dicek Alhamdulillah pembukaan nambah jadi pembukaan 4 karena kalo setelah 4 jam ditunggu pembukaan gak nambah harus langsung ke Rumah Sakit untuk SC karena ketuban udah pecah dan nerembes banyak. Aku masih sangat berdoa biar ngga SC, dari dulu pengen banget lahiran normal. Ditambah lagi kondisi pandemi gini mau SC agak khawatir ke RS.

Sekitar jam 9 dipaksa buat makan biar ada tenaga buat ngeden, dipaksa maem buah dan banyak minum juga. Eh selang berapa lama malah muntah. Bener-bener semua makanan yang masuk keluar semua gaada yang tersisa. 

Jam 10 dicek lagi udah pembukaan 5, udah jangan tanya rasanya gimana. Kontraksi setiap 5 menit sekali rasanya udah makin sakit. Inilah peranan penting bojo yang harus siaga mendampingi saat lahiran adalah untuk diprekes prekes dan berbagi rasa sakit kontraksi wkwk. Tiap kontraksi tangannya Mas tak prekes sekuat tenaga sampe dianya kesakitan. Jadi tiap 5 menit sekali tangan kirinya ngusuk punggungku dan tangan kanannya tak prekes. Dan Mas gaboleh ninggalin aku sedetikpun wkwk, bersyukurnya karena lahiran dirumah Mama Mertua jadi sangat sangat dimudahkan.

Perkiraan Mama Mertuaku lahirnya habis Ashar karena kalo lahiran anak pertama itu biasanya 2 jam pembukaannya nambah 1. Tapi MashaAllah Tabarakallah ini bukaannya cepet banget. Jam 11an orangtuaku dateng, aku peluk mereka dan nangis sejadi-jadinya. Minta maaf kalo selama ini banyak salah, terutama ke Mama. Berasa banget banyak salahnya dan sekarang tau bagaimana rasa sakitnya proses persalinan.

Jam 12 udah bukaan 8 Alhamdulillah cepet banget, makin cepet makin bagus karena sakitnya kontraksi gak lama lama. Kontraksi udah 3 menit sekali. Semua alat persalinan udah disiapin. Aku juga udah mulai dipasang infus buat supply tenaga karena rasa-rasanya tenagaku udah terkuras habis gara-gara sakitnya kontraksi + makanan juga udah keluar semua. Proses persalinan dibantu langsung sama Mama Mertuaku dan dibantu adik iparku yang kebetulan kuliahnya emang dibidang kedokteran.

Jam setengah 1 udah pembukaan 9, rasa kontraksinya udah sakit luar biasa dan berasa kebelet pup jadi pengennya ngeden. Rasa sakit yang gak pernah aku rasain sebelumnya dan gabisa dijabarin pake kata-kata. Tapi masih belum boleh ngeden karena pembukaan belum lengkap. Bisa ngebayangin ngga sakitnya kontraksi + nahan gaboleh ngeden? Udah gabisa dideskripsiin. Saking sakitnya tangan Mas yang tak prekes sampe linu semua, tenaga terkuatku selama ini kata Mas.

Tiap kontraksi aku disuruh untuk atur nafas panjang, padahal pain toleranceku rendah banget tapi aku berusaha untuk ngga nangis dan ngga teriak. Udah istigfar aja sebisanya biar dimudahkan dan dilancarkan. Sambil berdoa semoga diberi kekuatan dan diringankan rasa sakitnya.

Jam 1 udah bukaan lengkap. Udah boleh mulai mengejan alias ngeden. Dipandu buat atur nafas. Ternyata ngeden juga ngga semudah 1 2x ngeden terus babynya keluar. Padahal aku merasa udah mengerahkan seluruh tenaga jiwa dan raga buat ngeden wkwk. Ngedennya pas lagi kontraksi, jadi kitanya berusaha ngeden dan didorong sama babynya. Ada beberapa kali aku ngedennya salah jadinya ngga ndorong baby keluar. Berusaha sebisa mungkin nafas panjang dan ngga teriak biar tenaganya awet. Jadi pentingnya senam + jalan kaki + latihan pernapasan itu fungsinya buat mengejan ini guys, semakin panjang tarikan nafas dan cara mengelola nafas panjang maka proses mengejan akan semakin mudah dan baby semakin cepat lahir.

Tiap kali habis ngeden disemangati terus sama Mas, ayo dikit lagi, kepala babynya udah hampir keliatan, ayo kamu pasti bisa, ayo dikit lagi itulo rambutnya udah kelihatan. Sambil dipeluk erat dan dikuatkan, afirmasi positif kayak gini emang sangat membantu sih menurutku.

Akhirnya setelah entah berapa kali ngeden babynya keluar dan nangis. MashaAllah ilaaaaaaaaaangggg dan lupa semua rasa sakit yang tak rasain. Bersyukur doaku dikabulin sama Allah ngga harus induksi. Woooh gak kebayang kontraksi aja sakitnya kayak gitu apalagi induksi. Sebelum lahiran aku bilang sama Mas, pilihannya cuma 2 normal atau SC. Kalo harus induksi aku pilih SC aja karena semua orang bilang sakitnya induksi tiada tanding wkwk.

Sebenernya ada 1 doa yang ternyata belum diijinkan untuk dikabulkan sama Allah yaitu lahiran tanpa jahitan. Kenyataannya jahitannya obras bund soalnya babynya gendud banget wkwk. Perasaan terakhir USG 3,2kg kok pas lahir naiknya setengah kilo dewe. Efek doyan buah dan eskrim sih ini kayaknya jadi babynya gendud.

Pas denger tangisan baby langsung mewek seketika. Yang selama 39 minggu lebih 3 hari aku bawa kemana-mana dalam perut, aku ajakin ngobrol, akhirnya lahir kedunia. Apalagi pas IMD MashaAllah gaada yang lebih bahagia dari ini rasanya.

Alhamdulillah telah lahir kedunia putra pertamaku dan Mas Alif. Yang kami beri nama Kenzie Ryshaka Alvarizky. Lahir dengan sehat, selamat, dan gendud pada hari Sabtu, 10 Juli 2021 jam 13.45 dengan berat 3,7kg dan panjang 51cm. 

Dari dulu emang pengen banget punya anak pertama laki-laki. Biar kayak Mas Alif, yang bisa jagain orangtua dan adik-adiknya. Alhamdulillah setiap doaku diijabah sama Allah, lahir pas weekend jadi bisa didampingi keluarga lengkap. Ngga perlu induksi, proses pembukaan cepat, baby lahir dengan sehat selamat sempurna tanpa kurang 1 apapun❤️

Tapiiiii, perjuanganku masih belum selese. Proses menuju Kenzie lahir ternyata porsioku digunting buat bantu jalan lahir dan ternyata Kenzie lahirnya gendud banget, jahitan auto obras shay. Pas Kenzie udah lahir tuh sebelum dijahit tangannya mama mertuaku masuk ke rahim untuk membersihkan sisa sisa kehamilan aku ini dan rasanya beneran mantap kayak diobok obok wkwk dan aku mengalami pendarahan yang lumayan banyak. Jadi setelah melahirkan Kenzie dan ari arinya udah keluar darahnya masih keluar terus. Dan ternyata meskipun udah disuntik mati rasa tetep aja ngilu pas dijahit. Akunya udah lemes dan proses jahitnya lumayan lama sampe sekitar jam 4 baru selese. 

Cairan infus udah ditambah apa segala macem udah habis beberapa botol biar ngga lemes. Udah sempet lemes banget, pucet, keringat dingin, tensi rendah banget, itu kalo tidur kayaknya bablas. Langsung diteriakin Mas buat bangun. Proses jahit selese dan harus observasi lagi sampe jam 8 malem. Gaboleh tidur karena habis ngeluarin banyak darah takutnya kebablasan wkwk. 

Habis jam 8 aku udah diseka dan udah mau pindah tempat tidur, mau lepas infus juga tapi ternyata coba duduk lemes, jalan harus dibopong, dan lepas infus langsung drop. Jadi udah pindah tempat tidur infus masih terpasang.

Sampai jam 8 malem aku belum bisa gendong Kenzie, karena aku udah lemes banget gak kuat ngapangapain. Tengah malem coba dibopong Mas buat ke kamar mandi eh sampe depan kamar mandi udah nggeblak, kata Mas kayak orang kejang gitu. Doi dah panik kayaknya aku gak sadarkan diri, aku sadar udah tergeletak dilantai dan denger suara Kenzie nangis kenceng banget. Aku langsung buka mata dan panik tak kira Kenzie yang jatuh :( Aku bangun udah dikerumunin sekeluarganya Mas Alif, aku udah blank gak inget apa apa tiba tiba bangun udah dilantai wkwk.

Oiya btw, masa pemulihan ini aku tinggal dulu dirumah Mas Alif. Karena biar Mama Mertuaku lebih gampang ngontrolnya, aku juga masih lemes banget butuh recovery yang lumayan lama daripada ntar tinggal dirumah sendiri bertiga malah gupuh, banyak yang bantu urus Kenzie dan ajarin aku gimana merawat newborn ya secara aku anak bungsu yang gak pernah rawat baby. 

Aku baru ini liat Mas Alif khawatir banget sama kondisi aku, bersyukur banget didampingi saat lahiran dan ngga ngeluh diprekes dan selalu kasi afirmasi positif kalo aku hebat dan bisa lahiran normal. Mas Alif bilang aku harus cepet pulih dan dia khawatir banget kehilangan aku pas 2x aku hampir bablas wkwk. Padahal aku tau dia juga capek, dia juga gak tidur, dia ngerawat aku nyuapin aku, masih mijetin aku, urus Kenzie pas nangis tengah malem. MashaAllah, ya memang seharusnya suami siaga seperti itu tapi aku beneran bersyukur dan bilang makasih berkali-kali sama Mas udah jadi suami yang hebat, minta maaf sambil mellow karena belum bisa bantu urus Kenzie. Malemnya aku sama Mas gabisa tidur sama sekali, kayaknya aku udah saking capeknya dan ngerasain badan kayak mati rasa + ngerasain ngilunya jahitan jadinya gabisa tidur. 

Hari kedua setelah lahiran masih lemes, cuma bisa berbaring dikasur. Belum bisa gendong Kenzie juga sampe detik ini, cuma bisa bobo disebelah Kenzie. Ke kamar mandi masih harus dibopong, jahitan masih perih luar biasa. Obat sekali minum ada 7 macem gatau deh apa aja fungsinya. Gak mandi dan gak sempet skincarean wkwk. Tapi anehnya 2 hari gak cuci muka dan pake skincare mukaku aman jadi terlihat lebih bersih, coba kita lihat seminggu tanpa skincare gimana hasilnya yaa. Tapi happy udah bisa tengkurep karena hampir 10 bulan gabisa tengkurep uuww nikmatnyaa.

Seninnya udah mulai pulih, udah ngga lemes kayak kemaren. Makannya udah mulai banyak, meskipun masih belum bisa jalan karena jahitan sakit banget. Kalo jalan masih harus dibopong Mas. Sorenya coba gendong Kenzie duuuuh happynya MashaAllaaaah❤️

Doakan aku segera pulih yaa, udah gak sabar pengen rawat Kenzie yang ganteng dan gendud sejak lahir.

You May Also Like

0 comments