My Acne Story Part 4 : Lepas Dari Krim Dokter Tak Pernah Semudah Itu

by - Februari 20, 2020

Selamat pagi 20 Februari 2020, tanggalnya cantik banget yaa. Pasti banyak yang nikah nih hari ini wkwk.

Pagi-pagi udah mendung bikin mellow aja..

Kepikiran buat cerita pengalaman aku lepas dari krim dokter yang sama sekali ngga mudah, sampai detik ini pun semuanya belum benar-benar pulih.

Aku coba rangkum yaa perjalanan awal aku pakai krim dokter sampai InsyaAllah sekarang benar-benar lepas,

Dari SD - SMP - SMK aku gaada masalah sama kulit, palingan juga cuma jerawat 1 2 kalo lagi PMS, tapi permasalahan yang aku alami dulu itu kulit kusam dan dekil wkwk ya maklum pada jaman itu belum kenal skincare dan uang jajan mending dibuat nongki nongki daripada buat beli skincare.

Sampai akhirnya lulus SMK dan aku kerja di Jakarta pun aku belum terlalu ngerasa skincare itu penting, parah banget ya? Jangan ditiru. Pas kerja di Jakarta cuma pakai moisturizer - BB cream - gincu - done. Sunscreen? SKIP! Parah banget emang, ilmu pengetahuan aku tentang skincare bener-bener 0. Dulu sih mending uangnya ditabung buat pulang ke Malang daripada buat beli skincare wkwk.

Setelah setahun kerja di Jakarta dan memutuskan untuk balik ke Malang, udah mulai tertarik nih sama skincare. Gaji juga udah cukup buat beli beli skincare karena gak perlu mikir bayar kos dan beli makan wkwk. Akhirnya aku memutuskan untuk ke Larissa Aesthetic Center. 

Wuuuh gila cepet banget waktu itu prosesnya, 2 bulan pakai kulitku udah bener-bener cakep. Cerah, gak jerawatan, gak kusam, glowing, gaada tuh namanya bruntusan. Pokoknya kondisi kulit terbaikku sepanjang masa deh. Mostly perfect.

Semua berjalan dengan baik sampai akhirnya kepikiran untuk gamau ketergantungan sama krim dokter. Aku coba berhenti dan beralih ke Korean Skincare. Dan tiba tiba boom! Hai breakout~

Ngga tiba-tiba sih, a long story. Coba baca di acne journeyku.

Stress? iya. Menyesal? Pasti.
Menyesal karena kenapa waktu itu lepas krim dokter Larissa padahal kulit udah cakep banget :(

Putus asa karena breakout gak sembuh sembuh, coba pakai bahan-bahan alami efeknya lama banget dan progressnya gak signifikan. Akhirnya memutuskan untuk ke salah satu dokter kulit terbaik di Malang yaitu Dokter Rofiq.

Makin hari makin membaik kulitku meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 6 bulan, 2 bulan pertama dibuat breakout parah karena katanya semua jerawatnya dikeluarin dulu baru deh proses pemulihan. Dibulan ke 6 ngerasa kulitku udah membaik dan aku berniat untuk berhenti dari Dokter Rofiq karena mukaku kayak cabe-cabean, muka sama leher warnanya beda. Putihnya putih pucat yaa bukan cerah glowing gitu. Terus tumbuh bulu lumayan banyak dimukaku, jangan jangan krimnya mengandung steroid (?)

Setelah berhenti dari Dokter Rofiq lumayan aman nih kulitku awalnya, tapi lama lama kok kusaaaam banget, dan waktu itu 1 bulan lagi mau tunangan. Eh pas facial kok tergiur balik ke Larissa lagi biar mulus glowing kaya dulu wkwk, dasar labil.

Singkat cerita akhirnya balik ke Larissa ganti rangkainan yang awalnya Tea Tree jadi Honeybee Venom. Setelah 2 minggu ngerasa gak cocok akhirnya konsul dokter lagi disarankan pakai rangkain yang premium, aku mengiyakan karena biar lebih cepet efeknya maksudku.

Pas tunangan kulitku udah lumayan membaik, kulit lumayan kelihatan sehat, gak pucet, tapi ada beberapa jerawat didaerah hidung.

Lanjut 2 bulan setelah tunangan pakai Larissa kok kayak gaada progress, malah jerawat disekitar hidung makin banyak :(

Udah putus asa dan akhirnya balik ke Dokter Rofiq LAGI, untuk kedua kalinya. Udah gak betah karena makin hari jerawat makin banyak. Dan setelah ke Dokter Rofiq kok makin gak karu-karuan mukaku. Jerawatnya ngga sembuh, malah makin melebar sampe pipi :(

Mau nangis, mau marah, mau operasi plastik aja wkwk.

Sampe akhirnya mengambil keputusan untuk stop dokter dan gamau ke dokter kulit lagi. Udah kapok!

Sejak Agustus 2019 aku memutuskan untuk benar-benar berhenti krim dokter, berkomitmen sama diri sendiri. Apapun yang terjadi, apapun resikonya. Bagaimanapun breakoutnya.

Dan kalian tau apa yang terjadi? Mukaku makin gak karu-karuan saat itu. Jerawat hampir semuka muka, skincare dari murah sampe mahal gaada yang cocok, mau ngaca ngga berani, keluar rumah ketemu tetangga gak berani, ketemu Mas Alif malu, ke kantor isinya cuma dikata-katain, kemana mana selalu pakai helm karena takut dibatin orang, gamau ke Mall karena aku ngerasa pandangan orang ke aku gak enak banget, semua orang mau kenal mau engga tiba-tiba jadi guru skincare buat aku.

Saat itu aku ngerasa bener-bener ada di titik terendah sepanjang hidupku, hancur. Meskipun aku tau diluar sana ada yang jauh lebih berat masalahnya dibanding aku.

Waktu mukaku gak karuan-karuan beberapa bulan yang lalu, aku beneran gak nutupin pake makeup sama sekali. Ke kantor dengan muka merah- meradang- berjerawat. Udah kebal dikatain mukanya abstrak, mukanya kayak makadam, mukanya kayak bulan. Udah kenyang. Tiap malem nangis karena gatau harus apa, udah ikhtiar tapi belum membuahkan hasil.

Jerawat bikin aku jadi sensitif, baperan, pemikir, jadi gampang nangis.

Ada kalanya ketika aku dikatain aku cuma diem dan senyumin aja, tapi ada kalanya aku marah. Karena kembali lagi, aku manusia biasa :)

Sampai akhirnya suatu hari aku ngerasa harus bangkit dan gaboleh gini terus, aku gak peduli sama kata orang, bodo amat mau dikatain kayak gimana. Aku harus tetap pada pendirian aku untuk tidak pergi ke dokter kulit.

Setiap kali aku ngaca aku selalu bilang sama diri sendiri kalo aku pasti sembuh, semua pasti akan membaik dan balik seperti dulu. Semua cuma butuh waktu, aku cuma harus lebih sabar.

Aku menguatkan diriku sendiri dan ini hal yang paling susah, tiap kali dah bodo amat ada aja kata-kata yang nyakitin dan bikin aku drop lagi. Aku beruntung karena selalu dikuatkan sama Mas Alif, keluargaku, Keluarga Mas Alif. Aku beruntung dapet support dari orang-orang yang sayang sama aku.

Aku mensugesti diri sendiri untuk gamau stres, karena semakin stres semakin gak sembuh sembuh jerawatku. Aku melakukan hal-hal yang buat aku happy. Belanja, misalnya wkwk.

Meskipun pada kenyataannya hidup dengan muka berjerawat tidak pernah semudah itu. So many up and down.

Sampai bulan-bulan menjelang pernikahan pun aku masih jerawatan. Yaa, ujian sebelum menikah memang bermacam-macam. Berkali-kali aku takut kalau Mas Alif jadi ilfeel sama aku, jadi ragu buat menikah sama aku. Meskipun Mas Alif berkali-kali ngeyakinin aku kalo dia sama sekali gak mempermasalahkan jerawatku.

Bahkan ditambah lagi H-2 bulan nikah mukaku tiba tiba bengkak, gatel, kering sampai mengelupas. Alergi seafood kata dokter, padahal sebelumnya aku makan seafood loss aja.

Alhamdulillah setelah perjalanan panjang dan melelahkan sekarang aku udah sampai di titik ini, dimana kulit wajahku berangsur membaik dan pulih TANPA BANTUAN DOKTER.

Jerawat udah ngga sering tiba tiba muncul, udah gak merah-merah lagi kalo kena matahari, pakai skincare udah mulai banyak yang cocok. Alhamdulillah, Allah Maha Baik.

Aku bersyukur karena punya 2 mama yang supercare sama aku. Mamaku yang selalu doain aku cepet sembuh, yang selalu berikhtiar suruh aku minum air zamzam dll. Dan Mama Mas Alif yang care banget sama aku. Aku selalu dikasi vitamin untuk kulit, direkomendasikan salep, dikasi skincare yang sekarang aku cinta banget sama skincare itu, dan masih banyak doa dan ikhtiar dari kedua Mamaku yang gak bisa aku sebutin. Aku yakin bahwa ikhtiar sangat berpengaruh untuk kesembuhan aku.

It's been a long journey and finally I've been there.

Terimakasih untuk semua perjalanan ini, aku memang belum sepenuhnya pulih. Tapi aku bersyukur karena semua berangsur membaik.

Aku selalu meyakini bahwa setiap kejadian selalu membawa hikmah. Dan aku bersyukur Allah memilih aku untuk melewati semua ini.

Aku gak akan bilang ke acne fighter diluar sana untuk "sabar yaa, gausa dengerin omongan orang" karena aku tau memang tidak pernah semudah itu. Kalian gak pernah tau kata-kata kalian yang mana yang bisa nyakitin orang.

Setiap pejuang jerawat pasti memiliki lika-likunya sendiri, dan aku yakin semua pasti udah berusaha dengan sebaik-baiknya. Tidak pernah ada manusia yang ingin berjerawat. Lebih baik diam daripada berbicara tapi menyakiti :)

Terimakasih untuk semua yang sudah membantu aku untuk pulih, semoga segala kebaikan kalian dibalas berkali-kali lipat oleh Allah.


You May Also Like

0 comments