Baby Blues Wkwk

by - September 16, 2021

 


Melahirkan Kenzie adalah anugrah paling indah dari Allah untuk aku. Lahir dengan sehat selamat lengkap ((ganteng; pipi gendud; hidung mancung; dan kulit putiwkwkw memuji anak sendiri)). 

Dari awal menikah aku memang tidak menunda memiliki momongan tapi takdir Allah adalah memberikan aku kepercayaan untuk hamil setelah 8 bulan menikah. 

Dengan segala drama kehamilan beserta pagi siang sore malam sicknessnya aku berhasil melewati itu dan melahirkan Kenzie pada 10 Juli 2021. Lahiran pun juga tidak sepenuhnya mulus, mengalami pendarahan cukup hebat dan gabisa ngapangapain selama 1 minggu pun sudah terlewati.

Dari dulu aku selalu berpikir bahwa hamil - melahirkan - memiliki baby adalah hal yang menyenangkan tapi aku lupa untuk membayangkan betapa struggling-nya itu semua untuk dilewati. Mungkin karena aku anaknya positive vibes banget jadi sukanya bayangin yang indah indah aja wkwk ngeles.

Sepertinya semua berawal dari setelah lahiran, udah ngerasain sakitnya kontraksi dan melahirkan ditambah lagi pendarahan selama 1 minggu aku belum bisa merawat Kenzie. Cuma bisa bingung pas Kenzie nangis, belum bisa gendong dll. Berasa nelongso banget seminggu awal tuh, semuanya diurusin Mas. Selalu nyalahin diri sendiri karena gabisa apa apa. Apalagi habis lahiran semua serba sensitif, sebelum tidur nangis minta maaf sama Mas karena belum bisa bantu.

Setelah seminggu dan udah lumayan pulih aku kembali ke rumah dan hidup bertiga dengan Kenzie dan Mas. Ditinggal kerja dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore pastinya. Aku berduaan aja sama Kenzie.

Semuanya berubah setelah Kenzie ada, rutinitas jadi berubah dan bertambah. Ternyata menyandang peran sebagai istri dan ibu sekaligus tidaklah mudah, untungnya aku tidak bekerja. Gak kebayang deh tuh gimana bisa ngejalaninnya. Awal awal setelah melahirkan aku merasa menjadi orang yang idealis, maunya rumah tetep rapi dan bersih, Kenzie dan Mas pun terurus dengan baik. Ditambah lagi berusaha untuk memberikan full ASI untuk Kenzie. 

Awal-awal tuh karena masih baru lahir Kenzie banyak bobonya, tiap dia bobo aku bisa nyambi bobo + nyambi ngerjain urusan rumah. Di awal semua berasa everything is okay dan aku bisa handle semuanya. Kenzie sama sekali ngga rewel, begadang bangun 2 jam sekali buat kasi minum Kenzie berasa menyenangkan wkwk karena excited mungkin yaa.

Makin kesini Kenzie makin aktif, udah ngga banyak tidur jadi pekerjaan rumah agak dikesampingkan dulu. Eh makin lama semua tiba tiba jadi menguras tenaga dan pikiran. 

Entah kenapa Kenzie sering kembung perutnya, kalo perutnya kembung dia rewel banget maunya digendong dan tiap diturunin langsung nangis. Dari sini semua rutinitas yang ada jadi berubah. Pagi yang biasa aku Kenzie tidur dan aku bisa beberes urusan rumah jadi dipake buat full gendong. Otomatis pekerjaan rumah terbengkalai dan aku paling gabisa liat rumah berantakan dan pekerjaan rumah belum selesai. Udah stress tuh, karena entah kenapa rumah berantakan bikin mood jadi berantakan. Ditambah lagi paginya aku jadi gabisa ikutan tidur pas Kenzie tidur, karena biasanya aku nyolong nyolong waktu bentar karena ngantuk malemnya begadang. Udah gabisa beberes urusn rumah + kurang tidur + Kenzie minta gendong tuh rasanya complete. Kadang juga kalo lagi rewel Kenzie malemnya juga minta gendong terus, semakin kurang tidur kita orang wkwk. Mas juga pagi sampe sore kerja, butuh istirahat juga. 

Beberapa kali nangis ke Mas dan sambat ngerasa capek banget kayak ngga sanggup. Ditambah lagi pagi sampe sore ngurus Kenzie sendirian gaada temen ngobrol kalo Kenzie lagi nangis jadi nelongso. Kadang kalo udah overthinking pengaruhnya ke ASI, ASI seret bikin makin overthinking jadi overthinkingku gak habis habis wkwk. 

Terus aku juga ngerasa jauh sama Mas, awal awal lahiran udah komitmen sama Mas mau tetep romantis dan ngalem ngaleman kayak pas hamil eh ternyata boro boro ndusel ndusel peluk peluk Mas, bisa sarapan dan mandi dengan tenang juga Alhamdulillah. Karena kayaknya lumrahnya begitu deh kalo punya baby suami jadi dinomorduakan wkwk. Pake skincare? Oh tentu sering lupa wkwk. Tapi selalu berusaha untuk nyempetin kalo Mama Papa kesini, ada yang jagain Kenzie jadi aku bisa me time colongan buat sekedar luluran wkwk. Kok kayaknya berat banget gitu ya? 😂

Sampai akhirnya ada dititik berusaha berpikir dengan tenang dan jernih. Karena kalo diterusin aku bisa edan dan stress kayaknya, tiap hari nangis sambat tapi tidak merubah apapun. 

Sampai akhirnya menata hati dan pikiran untuk tidak idealis. Kalo Kenzie lagi rewel minta gendong seharian yauda nikmatin, sambil gendong bisa cemil-cemil biar gak laper, berusaha legowo meskipun pekerjaan rumah belum beres dan terlihat berantakan, kalo malem harus begadang bagi shift sama Mas biar sama sama punya waktu istirahat, kalo gak sempet masak yauda Go Food, malem habis Mas pulang kerja dan Kenzie tidur disempetin buat cuddling cuddling, minta dipeluk biar aku tenang dan tetap waras ngejalanin peran sebagai ibu baru. 

Makin kesini makin merasa kalo ngga semua bisa berjalan kayak yang aku mau, ngga semua harus bisa diselesaikan diwaktu yang bersamaan. Kadang harus dipaksa untuk “yaweslah”. Harus tau prioritas, Kenzie dan Mas Alif nomor satu; urusan rumah belakangan.

Menjadi ibu baru memang sangat rentan mengalami baby blues, ibu baru butuh support. Butuh dikuatkan dan dibahagiakan.

Yuk bisa yuk!

Alhamdulillah makin kesini udah makin bisa nemu ritmenya,bisa happy urus Kenzie dengan penuh cinta, bisa tetep ada waktu buat manja manja sama Mas Bojo, pekerjaan rumah Alhamdulillah bisa dihandle berdua, masih bisa ngeblog juga ehehe.

Nikmati prosesnya, jangan idealis dan jangan overthinking❤️

You May Also Like

0 comments