Skincare Selama Hamil

by - Februari 02, 2021


Basic Skincare untuk Ibu Hamil versi aku

Sedikit gambaran aja, tipe kulit wajahku adalah oily-acne prone-sensitive skin. Lengkap bukan? Wkwk 

Sebenernya jauh-jauh sebelum aku menikah aku udah berhenti pake krim dokter dengan harapan ngga ketergantungan dan pas habis nikah terus hamil jadinya gak bingung mukanya breakout. Tapi qadarullah setelah lepas krim dokter mukaku breakout parah, duh kalo diinget inget kok jadi sedih :( Udah pernah ngerasain jerawat gede-gede ada isinya diseluruh muka Astagfirullah. Udah melewati trial and error dan berbagai kesalahan coba-coba lainnya akhirnya memutuskan untuk beralih ke skincare yang fokusnya untuk sensitive skin, bukan fokus ke jerawat karena kulit wajah aku gampang banget merah.

Beberapa bulan sebelum menikah aku semakin concern untuk mencari skincare for sensitive skin yang aman untuk ibu hamil. Supayaaaa nanti pas habis nikah tau tau hamil aku fokus ke kehamilannya, bukan fokus ngurus muka karena skincare harus ganti total. Emang kalo mau nurutin skincare kayak active ingredients buwanyak banget dan hasilnya lebih cepet, cuma sebelum nikah pun aku cari yang aman aja pelan-pelan yang penting kulitku tenang. 

Jadi, percaya gak percaya sebelum hamil dan sesudah tau kalo hamil aku gak merubah 1pun rangkaian skincare routine aku. Cuma ada beberapa item aja yang ditambahin.

Eh udah kepanjangan nih intronya wkwk, langsung aja karena udah banyak ditagih sama teman-teman soalnya aku bikin pollingnya udah dari kapan tau ehee~

Disclaimer, aku menerapkan basic skincare routine karena kulit wajahku emang gabisa nerima skincare yang berlayer-layer, yang ada malah makin oily dan beruntusan bahkan jerawatan.

Morning Basic Skincare Routine :

⁃ Facial Wash. 

Fabil Beauty Mild Foam Hi Glowing

Aku gak pernah tau brand ini sebelumnya dan waktu itu dikasi ini sama Mama Mertua aku suruh cobain eh cocok sampe repurchase berkali-kali. Beralih ke facial wash yang lain berasa ada kurangnya dan balik kesini-sini lagi. Harganya lumayan sih tapi ini bagus banget di aku, membersihkan wajah berasa banget- meskipun foam ngga bikin kulit ketarik setelahnya.

⁃ Toner. 

Simple Soothing Facial Toner

Aku udah ngga ngerti habis berapa botol dan betapa aku jatuh cintanya sama toner ini, berpindah ke toner toner lain pun pasti ada gak cocoknya. Toner ini bagus banget buat sensitive skin karena ingredientsnya gak aneh-aneh. Alcohol free, fragerence free, bagus pokoknya!

⁃ Essence. 

Innertrue Essence of Life

Essence ini aku rangkap sebagai moisturizer juga karena udah cukup melembabkan kulit wajah aku dan membuat kulit wajah yang biasanya gradakan jadi lebih kalem + dia smart skincare yang ada teknologi anti blue light radiation. Ingredientsnya juga aman buat sensitive skin dan bumil friendly.

⁃ Sunscreen. 

Cerave Hydratin Sunscreen

Wooo akhirnya pencarian sunscreenku berakhir juga, berasa bgt perbedaan rutin pake sunscreen sama engga. Yaiyalah kemana aja dev? Wkwk. Ya meskipun harganya luar biasa menurut aku tapi cocok gimana dong? Padahal ada niacinamidenya tapi so far cocok di aku. Dan dia ada tintednya gitu jadi aku udah gak perlu pake bb crem concelear atau foundation lagi meskipun mau ke kondangan udah PD pake ini doang.


Night Basic Skincare Routine :

⁃ Micellar Water. 

Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water

Karena paginya pake sunscreen jadi malemnya wajib double cleansing. Harusnya lebih gentle pake cleansing balm tapi aku belum nemu yang cocok. Bioderma pun ternyata setelah kutelusuri bikin beruntusan di aku, yang paling cocok ya ini. Ampuh membersihkan tanpa bikin wajah perih.

⁃ Facial Wash 

Fabil Beauty Mild Foam Hi Glowing

⁃ Toner 

Simple Soothing Facial Toner

⁃ Acne Treatment. 

The Ordinary Azelaic Acid

Salah satu active ingredients yang bisa dipake buat ibu hamil dan sensitive skin adalah azelaic acid. Produk ini direkomendasikan sama dokter yang laser aku di Hayyu dan emang sebagus dan senampol itu, jerawat gede-gede ada isinya jadi hilang sumpah! Memperbaiki tekstur kulit, meredakan kemerahan, cepet banget nyerapnya. Duh gatau paling ajaib pokoknya produk ini.

⁃ Lipbalm. Pure Paw Paw Ointment.

Menggunakan lipbalm dimalam hingga pagi hari hukumnya wajib bagi aku. Sebenernya lebih melembabkan Nivea Lip Butter ketimbang ini, cuma kalo Nivea tuh habis dipake berasa berat dan gak meresap dibibir jadi “nggedebel” gitu. Kalo ini udah cukup melembabkan dan gak berat dibibir.


Weekly Treatment :

⁃ Aztec Secret Indian Healing Clay. 

Jujur aku gatau sebenernya ini aman apa engga buat ibu hamil wkwk. Tapi claymask ini juara banget buat ngebersihin wajah sampe ke pori pori, best seller juga nih dimana-mana. Aku cuma pake seminggu sekali biar sel kulit mati gak numpuk karena kan aku gabisa pake exfoliator macam AHA BHA gitu guys :(

⁃ Lipscrub. 

Emina Sugar Rush

Lipscrub juga penting banget untuk meminimalisir bibir hitam akibat penumpukan sel-sel kulit mati apalagi yang tiap hari pake gincu ini hukumnya wajib. Merknya bisa apa aja, bikin sendiri dari gula + madu juga bisa kalo mau ribet wkwk.

⁃ Sheetmask. 

Merk bisa apa aja buat menenangkan kulit tapi biasanya aku pake Mediheal yang teatree.


Treatment Ibu Hamil

⁃ Bio Oil untuk meminimalisir strechmarks.

⁃ MSGlow Underarm Inner Thight Lightening untuk jaga jaga kan banyak yang bilang biasanya ibu hamil tuh di lipatan leher, ketiak, dll menghitam. Alhamdulillah sampe 4 bulan belum menghitam dan semoga engga sih. Cuma buat jaga jaga aja.



Terimakasih sudah membaca, nanti kalau ada perubahan aku update yaa!

You May Also Like

0 comments