List Perlengkapan MPASI

by - Desember 23, 2021


Sesuai dengan janji aku dipostingan sebelumnya, aku akan nunjukin ke kalian perlengkapan apa aja yang aku siapkan untuk MPASI baby.

Perlu ditekankan dan digaris bawahi kalau MPASI itu tidak menyulitkan dan memberatkan mommy mommy diluar sana. Seperti yang dikatakan dr. Deva Putriane, gampangnya; apa aja yang ada dirumah? pakee!

Ini yang aku beli ya, udah aku sortir semaksimal mungkin beli apa yang beneran aku butuhin. Biar ngga mubadzir.

1. Highchair Right Start
Highchair ini ngga wajib sifatnya, tapi kalau ada budget lebih gaada ruginya juga. Karena highchair ini sangat memudahkan mama untuk menerapkan feeding rules yang baik. 
Aku pilih Highchair merk Right Start yang 4 in 1. 1 Kursi tapi bisa 6 fungsi nih, bisa jadi kursi makan tinggi, kursi makan pendek, kursi main di lantai, kursi makan di lantai (pasang meja), kursi makan di taruh & di ikat di kursi makan keluarga sehingga sejajar dengan kursi makan keluarga, kursi roda /Playchair : kursi dipasang roda (anak bisa bermain dorong-dorongan dengan happy , Kenzie seneng banget nih bisa kayak mobil-mobilan keliling rumah). Harganya kisaran 400ribu.


2. Blender

3. Panci Stainless

4. Food Container
Untuk food container ini banyak menjadi perdebatan para ibu-ibu diluar sana. Ada yang team food container kaca ada yang food container plastik. Food container ini kan fungsinya untuk menyimpan MPASI dikulkas lalu setelah itu dipanaskan lagi sebelum disajikan. Aku team food container plastik, aku pilih Tupperware dengan kapasitas 200 ml. Size yang pas untuk menyimpan MPASI untuk 1x makan. Pertimbanganku kalo Tupperware masuk kulkas aman, dipanasin di magic com pun aman. Habis dipanasin juga langsung dipake wadah buat nyuapin bayik juga gak khawatir bakal pecah kalo kesampluk wkwk.


5. Suction Bowl
Ada berbagai merk suction bowl tapi pilihanku jatuh kepada Mugu x Mooimom. Mau beli yang 1 paket sama sendok dan bib tapi masih nanti dulu soalnya kalo yang 1 set itu biasanya sendoknya guwede. Makanya aku coba beli suction bowlnya aja dulu. Harganya 50ribuan ya standartnya segitu. Tapi suctionnya kurang kuat nih, disampluk Kenzie udah numplek maemannya :( Rekomendasi suction yang kuat dong bund!



6. Silicone Spoon

Nah ini nih yang aku maksud, kalo bayi 6 bulan kan mulutnya masih kecil jadi sendoknya butuh yang super mini. Diusahakan berbahan silicone ya biar gentle gitu pas masuk mulut bayi. Sejauh aku pake ini gampang banget, sesuai sama ukuran mulut bayi, handlingnya juga gampang banget. Harganya murah pula~



7. Sendok Takar
Aku gatau sih ini beneran dibutuhin banget atau engga, tapi kayaknya untuk mama mama yang gak jago ilmu kira-kira; sendok takar ini sangat dibutuhkan. Warnanya bagus ini netral, gak yang mejikuhibiniu nanti aku dimarahi bojo wkwk. Harganya cuma 13ribuuu~

Link : Sendok Takar


8. Celemek 
Jaman sekarang celemek bayi pun macem-macem bunda. Ada yang silicon, ada yang kain, ada yang model baju gitu. Tapi aku pilih yang sicilone aja soalnya gampang banget dibersihkan, lebih praktis dan bisa menampung makanan bayi yang tumpah tumpah waktu nyuapin. Sempet kepengen yang model baju tapi urung mengingat Kenzie yang gampang sumuk takutnya malah rewel pas makan wkwk. 



9. Kaldu 
Kayaknya untuk bikin kaldu sendiri aku terlalu malas ehee, jadi beli yang udah jadi aja lebih praktis. Keracunan dr. Deva beli Kaldu Non MSG Ayam Kampung non pengawet, non gula garam, non MSG, non tepung. Harganya cukup mahal sih huuu, tapi semoga Kenzie doyan :))



10. Coconut Oil
Sebenernya MPASI itu ngga menyulitkan, pake minyak biasa macam Bimoli gitu juga bisa tapi setelah baca-baca lebih bagus pakai Coconut Oil / Canola Oil. Dasar ibu-ibu, beli minyak goreng Bimoli 2 liter harga 40ribu udah ngomel ngomel, beli Coconut Oil buat bayik 500ml 50ribu sikat aja gapake mikir. Anything for you ya nak, semoga lahap maemnya!

Link : Coconut Oil


Ini dulu yaa, nanti kalau ada yang baru aku update lagi!
Semoga bermanfaat {}


You May Also Like

0 comments