Persiapan MPASI

by - Desember 15, 2021


Hai haloo semuanya, udah lama gak posting blog. Lumayan riweuh bund urus baby + urus rumah sendirian wkwk. Baru sempet me time hari ini. Kangen banget nulis huhu, soalnya sekarang tuh kalo ada waktu luang mending dipake buat bobo gak siiih? wkwk

Oiyaa, gak kerasa anakku habis ini udah mau MPASI, waktu berasa berjalan cepet banget. Perasaan baru kemaren ngerasain nikmatnya kontraksi melahirkan eh tau-tau udah 5 bulan aja si bayik.

Karena apa-apa serba well prepare, aku udah sibuk belajar MPASI sejak Kenzie umur 3 bulan, udah nyicil belanja-belanja pula wkwk. Aku emang selalu mau dipusingkan dengan isi kepalaku sendiri. Apalagi ini buat anak, jadi aku mau yang terbaik. 

Ilmu parenting yang udah jauh berkembang membuat aku dipusingkan dengan banyaknya sumber, semakin bingung harus berkiblat kemana wkwk. Aku pelajari semuanya, aku ambil yang menurutku paling baik. Insting seorang ibu tidak pernah salah kan? 😋

Aku mulai belajar-belajar dari Youtube dan Instagram, menurutku ilmu dari situ udah jauuhh lebih dari cukup. Youtube dan Instagram yang aku jadikan patokan juga gak sembarang yaa, mulai dari Dokter Spesialis Anak; Ahli Gizi; dll. Engga perlu beli buku dulu sepertinya. Toh resep MPASI pun udah banyak yang ngeshare di Instagram.

Aku juga sharing dengan ibu-ibu baru yang seumuran aku, yang sudah berpengalaman tentunya. Aku juga belajar dari Mama dan Kakakku yang udah jauh lebih dulu memberi makan baby, tapi aku juga harus pandai memilah. Karena ilmu sudah jauh berkembang. Engga boleh menutup mata, bukan berarti gak nurut sama orangtua jaman dulu juga sih hehe. Ngerti kan maksudnya? Wes pokoknya yang paling penting berusaha ngasi yang terbaik buat anak.

Awalnya aku berencana untuk memulai MPASI ketika Kenzie berumur 5 bulan 10 hari. Karena Kenzie minumnya udah makin barbar, ASI ngga ngatasi, sufor 800gram gaada 5 hari habis wkwk. Wang wang wang, uwaaaaang huhu :)) 

Memasuki umur 4 bulan aku udah ngelist dan fixin mau beli apa aja. Aku bener-bener sortir banget apa yang mau aku beli. Karena belajar dari pengalaman newborn aku terlalu lapar mata semua mua dibeli dan ternyata gak kepake hadeeeh.

Masalah MPASI diblender atau diuleg aja aku bingung loh wkwk. Mengingat aku full time mommy karena banyak waktu luang untuk nguleg tapi kalo banyak cucian dan setrikaan yawes diblender aja. Yuk disederhanakan pola pikirnya biar ngga spaneng.

Perkara bubur fortif atau homemade aku juga mau flexible aja, kalo lagi mau pergi pergi yauda fortif aja. Toh bubur fortif malah takaran gizinya udah ditentukan sesuai kebutuhan baby.

Ekspektasi dikepalaku terlalu sempurna, sampai pada akhirnya di tanggal 15 Desember 2021 ketika Kenzie berumur 5 bulan 5 hari aku mencoba memberi dia biskuit yang dilarutkan dengan air kok dia masih bingung buat nelen makanannya. Baru pas diencerin banget banget baru bisa nelen. Jadi sepertinya aku mengurungkan niatku untuk memulai MPASI Kenzie di usia 5 bulan 10 hari. Karena kalo aku bikin MPASI homemade tapi diencerin banget kayaknya juga kurang tepat gitu. Aku akan memulainya tepat diusia 6 bulan, gapapa deh sufornya makin jos asal Kenzie sehat ya nak :*

Tapi aku seneng karena dia happy waktu duduk di highchair, sambil senyum ketawa ketiwi, mau buka mulut. Minimal hari ini aku bisa menciptakan suasana makan yang menyenangkan untuk Kenzie.

Sabar dulu ya nak, Mami dikasi lebih banyak waktu untuk belajar lagi! Semoga tepat diusia kamu 6 bulan kita mampu bekerjasama dengan baik ya.

Tumbuh jadi anak yang sehat dan hebat ya Kenzie, Mami love you!{}







Senyumnya bikin jatuh cinta gak sih? Wkwk, yaiyalah anakku dewe ya tak puji puji dewe~

Oiya, nanti aku share ya peralatan MPASI apa aja yang aku beli. Siapa tau bermanfaat untuk kalian :)



You May Also Like

0 comments