Perpanjangan SIM di Plaza Araya Malang 2018

by - September 21, 2018


Mau sharing tentang prosedur perpanjangan SIM di Malang yang terkenal ribet dan antri panjang, semoga bermanfaat ya!

Jadi bulan Oktober 2018 ini SIM C saya habis masa berlakunya, ada 2 pilihan tempat untuk perpanjangan SIM yaitu di Polres Malang Kota atau di Plaza Araya. Saya memilih SIM Corner Plaza Araya karena sepertinya lebih sepi, karena dengar-dengar di Polres Malang Kota antriannya mulai jam 5 pagi dan kuotanya dibatasi. Meskipun menurut pengalaman hasil fotonya lebih bagus lebih bagus di Polres Malang Kota tapi yauda cari yang cepet aja daripada cuti berhari hari untuk ngurus SIM. Aku bandingin foto SIM C yang bikin di Polres Malang Kota dan foto SIM A yang bikin di Plaza Araya yang SIM A hasil fotonya super gelaap :(

Perpanjangan SIM di Sim Corner Plaza Araya menurut saya lebih mudah dan fleksibel. Plaza Araya sendiri buka jam 10.00 pagi namun SIM Cornernya buka jam 14.00 pada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Untuk kalian yang datang jam 10.00 pagi dan mengambil nomor antrian akan sia-sia karena nomor antrian didapat ketika petugas datang. Petugas datang pas jam 14.00 nah dari sini pandai-pandainya kita berlari mendekati pintu SIM Corner untuk mengambil nomor antrian. Jadi biar tidak membuang buang waktu boleh datang jam 13.30, disini juga ada kuota materialnya 50 antrian.

Kalau pengalaman saya kemaren beberapa ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah menunggu sejak jam 8 pagi berinisiatif membuat absensi agar adil siapa yang datang terlebih dahulu yang baris diantrian paling depan, meskipun petugas SIM Corner tidak memberlakukan absensi tersebut kami semua sepakat untuk baris sesuai nomor absensi. Kalau sama sama kompak jadi enak dan adil. Kebetulan kemaren cuma ada 31 orang jadi bisa dibilang tidak antri.

Tarif SIM A : 80.000
Tarif SIM C : 75.000
Tidak melayani sim B dan hanya melayani wilayah Malang kota

PERPANJANGAN SIM MINIMAL H-14 SEBELUM MASA BERLAKU SIM HABIS

Hal - hal yang dibutuhkan :
  • Surat Keterangan Sehat
  • KTP asli
  • SIM asli
  • Fotocopy KTP (1 lembar) sebaiknya bawa fotocopyan lebih
  • Fotocopy SIM (1 lembar) sebaiknya bawa fotocopyan lebih
  • Map kertas warna biru / hijau
  • Ballpen 
  • Usahakan membawa uang pas
Cara menyusun berkas :
  1. Fotocopy SIM lama, fotocopy KTP dan surat keterangan sehat distaples di map
  2. SIM dan KTP asli diklip ke map (jangan sampai jatuh & tercecer)
  3. Dibagian depan map tuliskan nama lengkap dan kepentingannya. Misalkan Deva Oktavianingtyas - Perpanjang SIM C
Prosedur & cara mendapat no antrian :
Datang sebelum SIM Corner dibuka, kalau saya sampai sana sekitar jam 13.30. Ketika petugas datang segera mendekati pintu SIM Corner dan saat pintu SIM Corner sudah dibuka petugas akan memberikan nomor antrian dan formulir. Saat sudah mendapat nomor antrian segera isi formulir, kumpulkan berkas dan menunggu petugas memanggil nama kalian. Pemanggilan ini dibagi beberapa kloter, yang kemaren itu nomor antrian 1-15 masuk duluan, setelah selesai 16-30 yang masuk begitu seterusnya. Setelah nama kalian dipanggil ikuti arahan sesuai prosedur, petugas akan mengarahkan kalian untuk sidik jari, tanda tangan elektronik dan foto. SIM yang lama diserahkan ke petugas dan diganti dengan SIM baru. Setelah prosedur tunggu sekitar 10 menit dan SIM anda sudah jadi :)

Ohiya ada tips nih, map biru / hijau dan Surat Keterangan Sehat bisa dibeli disana (disekitar SIM Corner) namun untuk mempersingkat waktu persiapkan semuanya dari rumah. Kemaren saya bikin Surat Keterangan Sehat di klinik 25.000 dan prosesnya cepat, untuk map beli saja di fotocopyan harganya sekitar 2.000 supaya tidak antri dan riwa-riwi.
Tarif Surat Keterangan Sehat yang dijual disana 20.000 dan map 3000. Yang membedakan map yang dijual disana dengan map yang kita bawa sendiri cuma stempel yang bertuliskan "PERPANJANGAN SIM" dan petugas tidak mewajibkan membeli disitu.

Untuk perpanjang SIM emang butuh tenaga ekstra dan sabar yang luar biasa, semoga berhasil dan semoga bermanfaat yaa!


You May Also Like

12 comments

  1. Kalau memperpanjang sim yang aslinya kalimantan bisa ga ya mba? Soalnya saya kuliah disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak bisa mbak, harus didaerah asal

      Hapus
    2. Utk luar kota malang bisa mengurus di Satpas Singosari

      Hapus
    3. Utk luar kota malang bisa mengurus di Satpas Singosari jd tdk perlu k kota asal

      Hapus
  2. "PERPANJANGAN SIM MINIMAL H-14 SEBELUM MASA BERLAKU SIM HABIS"

    Itu maksudnya bagaimana? Misalnya SIM saya habis tanggal 24, berarti misalnya saya mengurus perpanjangan tanggal 15 apakah sudah dihitung sebagai pengurusan SIM baru? Atau, perpanjangan SIM hanya bisa dilayani mulai tanggal 10-24 (terhitung 14 hari sebelum masa berlakunya habis, dan sebelum tanggal 10 tidak dilayani?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, jika SIM habis tanggal 24 tanggal 10 sudah bisa mengurus perpanjangan SIM. Karena jika mengurus perpanjangan sebelum tanggal 10 maka tidak akan dilayani :)

      Hapus
  3. Untuk pembelian surat keterangan sehat di sekitar sim corner di sana buka nya jam berapa ya? Apakah bebarengan sama sim corner nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih kak, sekitar jam 13.20 surat keterangan sehat dibuka. Untuk SIM corner buka jam 14.00

      Hapus
  4. Balasan
    1. Kalau belum berubah ketentuannya, Minggu buka kak tutupnya hari Jumat aja

      Hapus
  5. Hari Minggu (29 Dec 2019) buka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum berubah ketentuannya, setiap Minggu buka kak tutupnya hari Jumat aja

      Hapus