Tips Jualan Barang Preloved dengan Cepat di Carousell

by - Oktober 01, 2018


Jadi sebenernya aku adalah tipe orang yang gak suka nimbun barang di lemari, kalau ada baju-baju tas sepatu atau barang apapun yang udah jarang atau udah gamau aku pake lagi aku pisahin di sebuah container box dan nantinya bakal disalurkan ke orang lain. Baju-baju dan barang-barang ini masih layak pakai kok, bukan yang rusak atau sobek cuma udah gak pengen pake aja misalkan sizenya udah kekecilan atau bajunya terlalu pendek atau modelnya udah gak kekinian wkwk. Tapi suatu hari iseng buat jualin barang-barang preloved ini di Carousell dan hasilnya jengjeeeng sampe sekarang ketagihan. Habisnya lakunya cepet banget dan gak ribet. Ada banyak sih aplikasi/situs yang digunakan untuk menjual barang bekas tapi entah kenapa aku sregnya jual di Carousell.

Aku join Carousell Juli 2017, yang ternyata udah 1 tahun lebih aku jualan barang preloved dan super menyenangkan. Gara-gara Carousell ini juga aku jadi makin hobi beli-beli makeup, baju online dan barang-barang lainnya karena kalo gak cocok ya tinggal dijual lagi, tapi please jangan ditiru karena udah umur segini waktunya nabung bukan waktunya foya-foya :D

Kalo dulu awal-awal join yang aku jualin cuma baju, sepatu, dan tas karena belum terlalu hobi belanja make up tapi sekarang apa aja yang udah gak kepake dan bikin kamar penuh aku jualin ehee. Aku fotoin semuanya secara detail, aku upload dengan deskripsi sedetail mungkin, jual deh.

Tips ala aku supaya barang preloved kalian cepet laku laris manis di Carousell adalah :
  • Foto barang tersebut sedetail-detailnya (detail disini maksudnya adalah kalau ada defect ya fotoin defectnya, fotoin tekstur bahannya, ukurannya, dll. Aku gak jago fotoin barang yaa tapi insyaAllah setiap kali aku foto barang selalu detail dan selalu foto pakai backgroud putih alias tembok jadi terang dan jelas wkwk)
  • Deskripsikan barang sedetail mungkin sesuai dengan kondisi, no tipu-tipu dan jangan berusaha menutupi defectnya ya karena berdampak buruk ke feedback dari pembeli nantinya
  • Kasi harga murah kalau barang-barang tersebut udah gak bakalan kamu pake lagi (ini tips agak ngawur ala aku ya, misalkan nih aku punya baju A dan gak bakal aku pake lagi, aku kasih harga 50rb tapi ada yg nawar 30rb yauda aku kasih soalnya daripada itu baju dianggurin kan kalo dibeli orang lain jadi kepake dan bermanfaat, duitnya bisa dikumpulin buat beli baju baru lagi wkwk)
  • Harus sering update dan sekalinya update jangan cuma 1 barang aja (ini tips ngawur lagi ala aku, jadi seminggu sekali aku kumpulin barang mana aja yang mau dipreloved sekali upload bisa 5-10 barang semacam "boom" di beranda pembeli gitu. Kalau misal udah habis nih barang barang yang mau dijual barang barang yang ada upload lagi aja siapa tau dulu belum ada yang ngelirik eh sekarang ada yang minat)
  • Wajib punya mobile banking karena kalian gak harus ribet bolak balik ke ATM untuk ngecek apakah transferan dari pembeli udah masuk atau belum
  • Ramah & fast response (ini penting banget sih, karena pembeli bakalan suka sama penjual yang ramah dan fast response, kalo ada pembeli yang agak ribet ya sabarin aja shaay namanya juga jualan. Terus aku tidak memberlakukan sistem hit n run block, yauda biarin aja siapa tau udah nawar gak jadi beli karena uangnya kepake buat yang lebih penting dan siapa tau besokannya minat buat beli lagi barang yang kita jual)
  • Safety packing (ini penting, kalau aku packingnya pake amplop coklat tulisan nama penerimanya diprint dan full packing dilapisi isolasi bening jadi dari segi packing pun harus niat dan terjamin aman, kalau packing kosmetik juga harus hati hati gimana caranya gaboleh pecah- pake aja bubble wrap sisa belanja di online shop)
  • Jangan males minta feedback dan kasi feedback ke pembeli, jadi biasanya pembeli bakal chat kalo barangnya udah sampe lalu aku mintain feedback. Feedback ini sangat berpengaruh, kalau feedbacknya positif pembeli-pembeli lain yang mampir diakun kamu bakalan yakin kalo kamu trusted seller :)
  • Sering-sering kasih bonus/free item, ini bakal ngebuat buyer happy belanja di Carousell kamu, free itemnya yang ringan ringan aja kayak misalnya gelang yang udah gak kamu pakai, jepit, dll.
  • Dan yang terakhir, harus hati-hati sama penipuan. Kalau ada transaksi yang janggal semisal gak nanya nanya kondisi barangnya langsung minta no Whatsapp dan no rekening untuk segera transfer harus waspada.
Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih :) 

You May Also Like

7 comments

  1. Saya bru nyoba carousel semalam lngsung sy hapus, bnyk penipunya bru upload brp detik lngsung bnyk yg chat tp smua minta alihin chat ke wa, nti ujung ny psti mnta no seri atm, udh gtu sy bru mulai udh kena banned pdhl sy bkn penipu hadehhh,,, udh gtu ko gk ada pembeli yg bnran, yg serius, kbnykn mlah tukang tipu,,, apa carousell di wilayah bandung kurang laris, ktnya carousel di bandung jelek, bgsnya d jkt apa bnr

    BalasHapus
  2. Coba install lagi aja kak, emang sih banyak penipuan dan aku udah hafal kalo misal taip kita posting barang terus ada yang chat minta dialihkan ke no WA udah bisa dipastiin penipuan jadi jangan digubris karena gak lama kemudian akun itu pasti bakal suspended. Ada banyak yang serius kok kak, tipsnya harus sering posting dan fast respon jadi buyer menganggap kita trusted seller :)

    BalasHapus
  3. Ka aku baru instal dan upload, trus ada yang chat. Lagi di tengah chat kok akun aku malah suspended ya? Padahal beneran mo dijual preloved nya hiks hiks

    BalasHapus
  4. Iya kak..sy jg..jd bingung..mau tny kak...kl utk pembyrnnya ga sprt shopee atau tokped ya..kita hrs ksh no rek ya ke pembeli atau gimn ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener kak, sistem pembayarannya beda dengan marketplace. Kita harus kasi no rekening ke pembeli. Kalau aku biasanya pembayaran lewat OVO kak jadi InshaAllah no rekening kita tidak tersebar :)

      Hapus