Oil Control Film Bukan Solusi Untuk Wajah Berminyak

by - Januari 25, 2019


Hai haloo semuanyaa, kali ini aku mau sedikit sharing tentang hal-hal yang baru kali ini aku pelajari. Jadi seperti yang kalian tau kulit mukaku ini super oily dibagian T-Zone dan gabisa dipungkiri aku gabisa hidup tanpa oil control film / kertas minyak. Yups, sehari aku bisa 2x pakai oil control film dan kebiasaan tersebut aku lakukan setiap hari. Sedihnya aku sudah menerapkan kebiasaan tersebut cukup lama. 

Awal mulanya aku notice sesuatu, setelah sembuh dari breakout aku merasa daerah T-Zone wajahku semakin oily, dan setelah aku membiasakan pakai oil control film daerah T-Zone wajahku muncul jerawat kecil-kecil lumayan banyak dan daerah hidungku merah banget kayak orang lagi pilek. Jerawat tersebut hilang datang lagi hilang datang lagi. Waktu itu aku mengira pasti ada yang salah, dan ternyata aku tau kalau aku baru saja mengganti facial wash yang mengandung SLS. Setelah aku stop facial wash tersebut aku merasa jerawat kecil didaerah T-Zone ini sangat berkurang dan aku super bahagiaa.

Aku merasa sudah tidak perlu ada yang dikhawatirkan karena jerawat kecil-kecilnya tinggal dikit banget dan hidungku ngga merah kayak orang pilek lagi. Tapi namanya wanita yang mendambakan kulit halus mulus sampe lalat kepleset kalau mendarat dimukaku wkwk aku berfikir lagi, kenapa jerawat kecil-kecil ini gabisa hilang total dari hidungku. Cuma dihidung aja nih bandel banget padahal area muka lain Alhamdulillah udah bebas jerawat. Tiap hari maskeran kok masih gak ngefek, malah kalo lagi super oily dan kondisi muka kurang bersih dikanan-kiri hidung muncul jerawat 1 gede :( 

Aku nge-break down semua step skincare, make up, dll yang aku lakuin dimukaku tanpa terkecuali, sampe akhirnya muncul dugaan-dugaan yang aku perkuat dengan uji hipotesis (eaa mentang-mentang udah kelar nyusun proposal skripsi omongannya jadi berat banget). Dan dugaan terkuat penyebab jerawat kecil-kecil dihidungku adalaaaaaaaah oil control film -_- 
Semenjak aku berfikir seperti itu aku langsung baca-baca artikel yang ada di internet, belajar dari Youtube, dll dan yaaah aku menemukan bahaya / dampak yang ditimbulkan dari penggunaan oil control film terlalu sering.

"Meski mampu menyerap minyak berlebih di wajah, penggunaan kertas minyak ternyata tidak boleh terlalu sering. Cukup digunakan dalam kondisi darurat saja. Pemakaian kertas minyak secara rutin dianggap justru bisa membuat penumpukan komedo di kulit wajah. Produksi minyak yang menumpuk disertai bakteri yang menempel di kulit wajah menjadi kombinasi dari timbulnya komedo. Untuk mencegah datangnya komedo, biasakan untuk membersihkan wajah secara rutin usai mengenakan make-up, dibanding hanya memakai kertas minyak."

"Ingat yaa, Oil Control Film hanya bersifat menghilangkan minyak sementara. Untuk membantu mengurangi minyak pada wajah bisa dilakukan dengan menjaga pola makan (mengurangi konsumi makanan gorengan & pedas), tidak terlalu sering cuci muka karena menyebabkan muka kehilangan minyak alaminya sehingga memaksa muka memproduksi minyak berlebih, dan pastikan kulit ter-hidrasi dengan baik dan cukup."

Tips :

  • Kalau memang kepepet banget harus pakai oil control film kamu harus mengetahui cara menggunakan oil control film dengan benar. Kamu harus menghindari menggosokkan kertas minyak tersebut terlalu keras pada kulit dan menekan kertas minyak dengan kuat. Hal ini dapat membuat pori – pori di wajah menjadi lebar, pori-pori wajah menjadi tersumbat yang menyebabkan timbulnya jerawat dan kulit kehilangan kelembaban alami dari kulit wajah.
Lalu bagaimana cara menghilangkan minyak diwajah tanpa menggunakan oil control film selain dengan cara berwudhu atau cuci muka?.
  • Siapkan tisu wajah 1 lembar lalu pisahkan menjadi 2 sehingga lembaran tisu menjadi sangat tipis
  • Siapkan saput bedak tabur
Saput bedaknya harus yang bertekstur gini yaa, bukan saput bedak yang padat untuk bedak two way cake gitu
Ini travel friendly banget, tinggal bawa ini aja gausa bawa oil control film yaa 
  • Siapkan loose powder zero sebum (merk-nya terserah)

  • Ambil loose powder menggunakan saput bedak, sedikit saja
  • Balut saput bedak tersebut menggunakan tisu wajah
  • Tap-tap ke daerah muka yang berminyak
  • Selesai

Kesimpulannya, setelah melakukan cara ini selama 1 minggu Alhamdulillah jerawat kecil-kecil dihidungku membaik dan semoga setelah rutin menerapkan ini jerawat jadi bye!

Semakin kamu ingin belajar mendalami keadaan kulitmu, semakin kamu menyadari banyak hal yang tidak kamu ketahui dan banyak hal yang wajib kamu pelajari. 

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya, tidak ada kata terlambat untuk rajin membaca dan belajar :)

You May Also Like

1 comments

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

    Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

    Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

    Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

    BalasHapus