My Acne Story Part 2

by - Januari 11, 2019


Kalian tau gimana rasanya selama 1 tahun struggling with acne or breakout? It wasn't easy.

Berawal dari Nature Republic Aloe Vera dan berakhir fatal membuat aku jadi lebih bersyukur dan belajar banyak hal. Everything happens for a reason :))

Aku yakin siapapun orang yang struggling with acne or breakout tidak akan diam saja membiarkan hal itu terjadi. Untuk orang-orang diluar sana yang selalu memandang sebelah mata orang yang mukanya jerawatan, cobalah mengerti dan menghargai apa saja upaya yang sudah dilakuin agar jerawatnya hilang. Berapa banyak uang yang dia keluarkan untuk sembuh dari jerawat itu? Bagaimana perasaannya ketika diejek, disindir, diketawain? Bagaimana kalau kalian ada diposisinya?

Kalau ditanya gimana perasaannya waktu breakout kemaren? aku down banget. Terkesan lebay tapi itu benar terjadi. Berasa kayak udah gak punya rasa percaya diri sama sekali untuk ketemu dan berinteraksi dengan orang lain. Segala upaya udah aku lakuin mulai dari bolak balik ke dokter kulit sampai mencoba berbagai bahan alami untuk menyembuhkan jerawat. Tapi sembuh dari breakout tidak se-instan itu, semua butuh proses.

Semenjak breakout kulit mukaku jadi super sensitif. Salah makan dikit jerawatan, ganti skincare jerawatan, pakai foundation terlalu lama jerawatan, tidur ngga teratur jerawatan, dan hal-hal lain yang dulunya bukan masalah sekarang jadi masalah. Dan itu yang aku rasain selama 1 tahun. Diejek, dikata-katain, diketawain, dibilang gak ngerawat muka. Disalah-salahin makanya jangan pake skincare merk A, makanya jangan coba-coba pake perawatan dokter, makanya jangan pake produk aneh aneh, sampe dikata-katain aku pake produk abal-abal alias palsu wkwk. Udah kenyang dengan cemooh orang-orang yang tidak punya hati wkwk. ((Astagfirullah)) Suka kesel sama orang-orang yang gampang banget judge tanpa kayak gitu, lha dikira aku ngerusakin mukaku sendiri? Lha dikira aku pengen jerawatan semuka kayak gini? Think twice mbak, mas! Beropini lah tanpa menyakiti orang lain, sampaikan dengan baik, minimal kalau gak bisa bantu kasi advice ya kasi support dan doain biar cepet sembuh dari breakout.

Waktu breakout aku gak ada nyali buat menegakkan pandangan, nunduk terus. Mau ngaca lihat muka sendiri pun enggan. Aku gak berani posting foto, diajakin hangout sama temen-temen gamau, selalu menutupi jerawat pakai foundation padahal dulu aku anaknya anti pakai foundation boro-boro deh punya foundation aja engga wkwk. Yang setelah aku sadari hal tersebut bikin aku makin stress dan gak sembuh sembuh.

Jujur aku kesel banget sama orang orang yang mengeluh pas ada jerawat 1 doang muncul, ini yang jerawatan satu muka apa kabar? Mbok ya bersyukur :))

Kalian tau ngga sih? Jerawatan itu bukan karena kalian jorok, jarang cuci muka, dan merawat muka. BUKAN! Penyebab jerawat itu bermacam-macam yang setiap orang pasti berbeda-beda. Bahkan cara menanganinya pun berbeda-beda.

Setelah 1 tahun aku hidup dengan breakout dan Alhamdulillah sembuh aku jadi banyak membaca dan belajar. Aku jadi lebih kenal sama kulit aku. Aku jadi lebih peduli sama diri sendiri, lebih menjaga kebersihan muka. Semenjak breakout keinginanku untuk lebih mendalami dunia skincare semakin besar. Sekarang aku jadi tau, definisi cantik itu bukan cuma kulit putih mulus bersih bersinar kayak sunlight. Cantik juga bisa datang dari hati dan pikiran yang dipenuhi dengan hal-hal baik. Semenjak breakout aku juga jadi lebih sabar menghadapi orang-orang yang menganggap sebelah mata bahwa jerawat itu sesuatu hal yang buruk. Dan yang paling penting, breakout membuat aku lebih menghargai diri sendiri.

Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika kamu sedang breakout? Bersabarlah, mungkin terdengar tidak mudah tapi memang itu kuncinya. Kenali kondisi kulitmu, cari tau trigger dan trigger foodnya apa aja, selalu pastikan tangan bersih ketika menyentuh muka, pastikan apa-apa yang berinteraksi langsung dengan muka harus bersih seperti HP - handuk muka - dan sarung bantal misalnya, usahakan untuk tidak stress, rajin olahraga, banyak minum air putih, terapkan basic skincare, banyak membaca review dan ingredients setiap skincare yang akan digunakan, meminimalisir terpapar sinar matahari langsung dan selalu bersyukur!

Emang kamu ngga malu Dev sharing tentang breakout? Engga sama sekali! Malah aku bersyukur karena aku bisa berbagi. Banyak email yang masuk waktu aku sharing tentang acne story dan akhirnya kita saling bertukar pendapat dan membantu memberi solusi. Dari situ aku ngerasa kalau aku ngga sendirian, aku bersyukur karena diluar sana banyak yang lebih parah dari aku, aku bersyukur karena setelah sembuh dari breakout aku sama sekali gak punya bopeng bekas jerawat. Yang penting Ikhtiar, tidak ada usaha yang sia-sia. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Kamu tidak butuh menjadi influencer ternama terlebih dahulu untuk berbagi hal-hal positif.

Dalam hidup banyak hal yang bisa kamu syukuri, jangan hidup untuk meratapi kekurangan dan apa yang tidak kamu miliki. Berbesar hatilah!

Allah bersama orang-orang yang sedang berjuang memerangi jerawat. You're not alone girls, please don't give up! 
Just because you have these imperfections doesn't mean you're not amazing, doesn't mean you can't be successful!


You May Also Like

0 comments