Wedding Preparation : Administrasi Persyaratan Nikah

by - Februari 25, 2020


Buat kalian para calon pengantin jangan sampe lupa urus dokumen persyaratan nikah yaa, takutnya udah terlalu seru nyiapin venue, decor, gown dll lupa mengurus administrasi persyaratan nikah eh tapi gak mungkin ya?. 

Umumnya, administrasi persyaratan nikah harus sudah diurus H-4 bulan sebelum hari pernikahan. Jadi mari kita cari informasi terlebih dahulu sebenernya seribet apasih ngurus administrasi persyaratan nikah ini?

Biasanya untuk memudahkan calon pengantin dalam mengurus administrasi persyaratan nikah itu, kita butuh bantuan namanya Mudin. Mudin adalah perantara yang meneruskan dan mengurus dokumen nikahan kita ke KUA. Jadi kita ngga perlu riwa-riwi ke kelurahan dan KUA buat ngurus dokumen, tinggal siapin persyaratan aja dan duduk manis :D

4 bulan sebelum nikah aku cari-cari info dan contact Pak Mudin didaerah rumahku, setelah ketemu dan janjian akhirnya aku kesana untuk minta persyaratan dokumen apa aja yang harus dilengkapi, dan booking KUA untuk tanggal pernikahanku beserta jamnya. Jadwal di KUA tuh padet loh ternyata, waktu itu aku booking jadwal akad nikah pagi, dan kata Pak Mudin harus on time karena jam jam berikutnya sudah ada yang harus dinikahkan juga. Jadi kalo misal udah booking jam 8 berarti setengah 8 semua udah harus siap karena fyi KUA Sawojajar tuh terkenal ontime banget. Setelah booking tanggal dan jam baru deh dikasi list persyaratan nikah yang harus dilengkapi. 


Ngga terlalu banyak kan?

Tips dari aku, meskipun persyaratan nikahnya belum diurus mending booking tanggal dulu ke Pak Mudin jauh jauh hari biar gak keduluan orang lain. Karena pengalamanku, setelah setor persyaratan nikah Pak Mudin cerita kalo di hari dan jam akad nikahku ada 2 orang yang mau nikah juga akhirnya terpaksa harus mundur jamnya karena udah keduluan sama aku. Kalau jam akad nikahnya mundur pasti akan mempengaruhi prosesi lainnya kan? Jadi wajib hukumnya untuk segera booking! Apalagi kalau akad nikahnya pas hari Jumat kayak aku. Karena Jumat hari pendek dan mepet banget sama Jumatan jadi semuanyaa harus serba cepat dan ontime.

Idealnya untuk menyerahkan persyaratan nikah ini H-3 bulan tapi aku dan Mas Alif baru ngurus di H-2 bulan, menyesuaikan aja pokoknya jangan terlalu mepet yaa! Aku ngerasa H-2 bulan udah ketar-ketir kok kayaknya mepet banget. Tapi Alhamdulillah semuanya lancar~

Tips lagi nih, misal kalian melakukan foto prewedding ada baiknya setelah itu sekalian foto background biru jadi sekalian make up nya biar gak mubadzir make up 2x wkwk. Gaada ketentunan kudu pake baju warna apa gitu sih asal backgroundnya harus warna biru.

Untuk persyaratan no 9 Surat pindah nikah itu hanya dibutuhkan jika rumah calon mempelai pria dan wanita tidak satu daerah. Lek rabi karo tonggo dewe yo ra sah golek surat pindah nikah beb. Kebetulan aku dan Mas rumahnya ngga 1 daerah jadi kudu cari surat pindah nikah. Aku menyarankan kalian untuk akad nikahnya dirumah / Masjid / kalau misal di Gedung yang masih satu daerah sama rumah mempelai wanita biar pindah nikahnya gak double. Misal nih rumahku di daerah A, rumah Mas di daerah B, akad nikah di gedung daerah C. Pindah nikahnya bakalan 2x jadi makin ribet. Tapi kalau emang harus di gedung daerah C ya gapapa cuma persyaratan nikahnya harus lebih cepet diurus. Karena sezuzurnya cari surat pengantar RT RW aja kalo di Mas Alif ada dramanya wkwk.

Untuk imunisasi TT bisa dilakukan di Puskesmas, berhubung calon mama mertua aku Bidan jadi imunisasi TT nya VIP dirumah Mas Alif langsung gak pake antri wkwk.

Jangan sampe ada yang kelewat ya persyaratan nikahnya!

Setelah semua persyaratan nikah lengkap harus segera diserahkan ke Pak Mudin biar segera diproses di KUA. Pas udah dibawa ke Pak Mudin dicek tuh ada dokumen yang kurang gak, atau ada dokumen yang salah dan perlu diperbaiki gak. Punyaku ada beberapa yang kurang, dari persyaratan diatas ada tambahan soft file pass foto yang nantinya akan digunakan di kartu nikah. Jadi enak kaaan kemana mana gak perlu bawa buku nikah, tinggal tunjukin kartu nikah selesai deh.

Pak Mudin juga menjelaskan step selanjutnya yaitu pembayaran biaya administrasi, untuk biaya KUAnya 600.000, biaya ngurus lain lain 200.000. Nah saranku dari 800.000 ini ditambahi sedikit untuk Pak Mudin karena kan kita minta tolong dan terima beres. Semua pembayaran KUA dan pengurusan dokumen kita pasrahkan ke Pak Mudin.

Setelah pembayaran lunas barulah kita diberikan jadwal jomblokan. 

---
Jomblokan merupakan kegiatan yang terdapat di KUA (Kantor Urusan Agama). Jomblokan tersebut adalah salah satu prosedur yang harus dilalui bagi setiap orang yang telah mendaftarkan pernikahannya di KUA. Setiap KUA hampir setiap harinya melaksanakan kegiatan jomblokan. Dalam kegiatan tersebut PPN akan menjomblok calon pengantin laki-laki, calon pengantin perempuan dan wali nikah yang datang ke KUA. Jomblokan harus dihadiri bagi kedua calon pengantin dan wali nikahnya, baik bagi akad nikah yang dilaksanakan di KUA maupun di luar KUA (bedolan).
---

Jomblokan dilakukan maksimal H-5 sebelum akad nikah berlangsung, tapi umumnya disarankan sekitar H-2 minggu. Pak Mudinnya memberi kebebasan kita untuk memilih tanggal, harus weekday tapi. Cuma bentar kok gak sampai satu jam, jadi bisalah ijin kantor sebentar~ Jombokan harus dihadiri oleh calon pengantin dan wali dari mempelai wanita yaa.

Hari jomblokan pun tiba, undangan jomblokan jam 8 pagi. Sampai disana udah antri ternyata. Padahal KUA tuh baru buka jam 8 pagi, aku sampe sana telat 5 menit aja udah dapet antrian nomor 7. Akhirnya baru jam 9 nama aku dipanggil. Ekspektasiku jomblokan tuh semacam penyuluhan sebelum nikah gitu yaa, eh ternyata cuma validasi data doang. Ngecek apakah data yang masuk sudah sesuai mulai nama lengkap- tgl lahir- pekerjaan- dll. Sama ditanyain juga nanti pas nikah mas kawinnya apa dan diinput disistem. Paling jomblokan ini cuma 10 menit. Tapi ada sih kemaren yang prosesnya lama banget karena namanya di akte dan di KK beda, pokoknya pastikan antara KK, akte, KTP semua datanya sama dan valid agar proses jomblokannya cepat dan lancar.

Terakhir, pihak KUA bilang "Karena akadnya jam 8 pagi, setengah 8 pagi semua sudah harus siap!"

Selamat mempersiapkan pernikahan teman-teman onlineku. Semoga selalu dilancarkan.

You May Also Like

0 comments