Wedding Preparation

by - Februari 03, 2020

Hai halo semuanyaa, kali ini gak bakalan bahas skincare tapi mau bahas persiapan pernikahan.

Berawal dari suka banget baca blog tentang persiapan pernikahan dan berinisiatif kenapa gak coba bikin sekalian. Terus juga kemaren pas bikin engagement preparation juga Alhamdulillah responnya positif dari temen-temen yang baca dan bermanfaat buat mereka yang mau mempersiapkan tunangan dan pernikahan.

Selain untuk sharing, ini juga bisa jadi pengingat aku pribadi. Supaya nanti bisa dibaca dan dikenang lagi :))

Sengaja share pada bulan bulan menjelang pernikahan biar pada suprise wkwk. Engga deng, karena emang udah sepakat sama mas untuk ditahan dulu buat share padahal tangan udah gatel pengen sharing wkwk, udah gatel pengen upload Instagram Story pas fitting gown pas ribet cari undangan dll wkwk. Please jangan ditiru :p

Menyiapkan pernikahan menurut aku saat ini adalah lelah yang paling membahagiakan #tsaaaah. Gimana ngga lelah ya shay? Pikiran tepecah banget karena persiapan pernikahan dilakukan ketika aku lagi skripsi tahap akhir- sidang- revisi- kudu riwa riwi Jakarta, Mas Alif persiapan proposal skripsi, belum lagi 2 2 nya sama sama kerja, Malang Pasuruan, dan Mas Alif liburnya belum tentu weekend dan Mama Papaku gabisa bantu riwa riwi karena sibuk persiapan Haji. Mantap bukan? Besok besok buka WO aja deh aku, doain ya! {}

Mempersiapkan pernikahan ngga semudah cerita orang di blog, pasti ada aja lika likunya. Dan ini memang benar adanya bukan mitos belaka. Ya namanya kita berniat baik mah ada aja setannya yang mau ganggu. Yang dibutuhkan adalah kepala dingin biar isinya gak berantem mulu wkwk. Udah stress nyari vendor dan ngurusi perintilan nikahan ngga usah ditambah ribut sama pasangan nanti mumet ya kan?

Dimulai dari aku dan Mas Alif menentukan tanggal pernikahan, karena aku dan Mas masih menganut Adat Jawa dalam hal mencari tanggal pun kita masih menggunakan weton dll. 

Sampai akhirnya menemukan tanggal Akad Nikah yang Insyaallah jatuh pada hari Jumat dan memilih resepsi pada Hari Minggu.

Kalau ditanya rasanya gimana? Jawabannya happy dan antusias banget. Dicampur deg-deg-an karena mikir udah bener-bener siap secara lahir dan batin belum ya? Karena menikah isinya ngga cuma happy-happy aja, tanggung jawabnya besar dan double.

Tapi Bismillah atas ijin Allah, semoga segalanya dilancarkan :)

Yang pertama harus dilakukan adalah mempersiapkan budget tentunya. Ingat yaa, menikah sesuai kemampuan dan jangan dipaksain. Yang sederhana aja karena kehidupan setelah menikah masih  sangat panjang, jadi gausa muluk muluk kan yang penting SAH.

Setelah itu barulah kita bisa memikirkan konsep pernikahan. Kalau aku pribadi memang dari awal udah punya gambaran tentang bagaimana pernikahan impian aku nanti. Bagaimana konsepnya, mau indoor atau outdoor, mau rustic atau industrial atau adat. Konsepnya harus mateng dulu biar mudah untuk diwujudkan. Pas udah tau budget dan konsepnya malahan aku langsung bikin semacam RAB gitu, biar ngga over budget jadi kudu pinter pinter tambal sulam. Misal mau mahal di makeup ya yang lainnya cari yang agak murah, gitu gitu. Ya minimal ilmu kuliah Manajemenku terpakai wkwk.

Aku mulai menjelajah social media buat cari vendor. Aku tidak pakai jasa WO ya, karena Insyaallah aku ngerasa mampu untuk handle sendiri. Semua vendor full aku cari di Instagram, mulai dari Venue, Catering, Decor, Undangan, MUA, Souvenir, dll.

Ketika sedang asyik menyiapkan pernikahan, semua jadi nomor 2 wkwk. Rela aku keliling Malang, dateng ke wedding exhibition, contact vendor 1 1 sampe nemu yang pas dikantong dan dihati wkwk.

Untungnya Mas Alif ngga terlalu ribet. Konsep pernikahannya Mas setuju sama konsep yang aku pengen. Kalau aku sama Mas sistemnya gini, misal untuk decor aku ada pilihan A dan B terus aku nanya ke Mas tinggal pilih aja mau A atau B atau mau A tapi ditambah ini ini ini. Jadi ngga terlalu lama buat nentuin. Gak kebayang kalau aku pengen decor A Mas pengen decor C terus yang dipake yang mana. Tapi tergantung masing-masing pasangan sih, cuma kalau aku dan Mas untuk meminimalisir perdebatan pakai sistem yang kayak gitu. Tapi perlu digaris bawahi kalo Mas Alif ini tingkat ke-perfeksionis-nya udah akut, jadi ku maklumin aja.

Persiapan pernikahan aku lakukan sejak H - 6 bulan, gatau deh kemepeten atau ngga. Tapi Bismillah  semoga semua berjalan lancar. Kendalanya adalah setiap 2 bulan sekali Mas liburnya weekday jadi lumayan susah janjian sama vendor karena paginya aku kerja kalau sorenya pasti udah pada tutup.

Banyak mitos diluar sana yang bilang kalo persiapan pernikahan ini banyak banget cobaannya, tapi aku gamau ambil pusing dan malah jadi tersugesti. Emang iya sih kadang kan beda pendapat kadang beda keinginan, pokoknya sama sama saling ngalah aja. Dan jangan lupa tiap mau ke vendor makan dulu biar gak cranky wkwk.

Sejauh aku dan Mas Alif mempersiapkan pernikahan aku udah mau sok-sok-an ngasi tips nih ke kalian yang sedang mempersiapkan, kuncinya ada di saling jaga mood. Yang tau pasangan kalian kan ya kalian sendiri dan cara menghandlenya juga berbeda tiap pasangan. Ini beneran penting dan ngaruh banget, karena bisa kalian bayangkan kalo satunya udah mau meledak yang satu gak ngadem-ngadem jadi apa tuh bakalan? wkwk

Disini aku pure sharing yaa, berbagi pengalaman siapa tau teman-teman online membutuhkan.

Aku ingin mewujudkan pernikahan impian yang memorable dan affordable. Semoga semua berjalan lancar sesuai pernikahan impian aku sejak dulu yaa :))

Oiya, satu lagi. Semua akan menikah diwaktu yang tepat bukan diwaktu yang cepat. Stop membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Jodoh udah ada yang ngatur, dan menikah pun sudah ada waktunya!

Untuk detail setiap vendornya aku posting terpisah ya, biar lebih rinci penjelasannya dan ngga kepanjangan juga!

Semoga bermanfaat and Stay tune ^^

You May Also Like

0 comments