My Acne Story Part 3

by - September 13, 2019

Halo semuanyaa, kenalin nama aku Deva, acne fighter yang masih struggle dengan kulit sensitif dan jerawatnya.

Bisa disiapin dulu popcorn sama minumnya karena ini bakalan panjaang banget.

Berawal dari tahun 2016 aku memutuskan pakai Larissa Aesthetic Center, kalau ditanya gimana wajahku setelah 3 bulan pakai Larissa jawabannya adalah flawless banget asli, ngga perez! Glowing, gaada jerawat sama sekali, alus banget gaada masalah kulit dan kulit keliatan sehat banget. Aku pakai 1 rangkaian full dari Larissa yang Tea Tree Opaque termasuk krim pagi dan 2 krim malamnya. Aku puas banget sama hasilnya sampe jalan hampir 1 tahun dan aku pengen berhenti krim dokter karena aku takut ketergantungan. Aku berpikir toh mukaku udah bagus dan gaada masalah jadi ya kenapa gak berhenti aja. Sebenernya yang bikin aku takut adalah krim malamnya yang warnanya kuning itu, ajaib sih krimnya tapi khawatir ada kandungan aneh-anehnya. Aku lepasnya bertahap yaa, yang pertama kali aku lepas jelas krim malamnya.

Bodohnya akuu, ketika aku lepas krim malamnya aku ganti pake Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel yang mengandung 92% alkohol. Kesalahan fatal yang akan aku sesali seumur hidup aku wkwk. Karena aku juga pake si NatRep pagi sebelum pake krim dokter yang dipake pagi hari dan itu berlangsung selama sebulan lebih. Bisa dibayangkan gimana tuh reaksinya di muka 92% alkohol di mix sama krim racikan? Awalnya jerawat muncul 1, 1, sampe udah diwanti wanti sama Mas Alif suruh berhenti aja pake skincare Korea dan aku bandel. Ditambah lagi masih aku terusin beli skincare Korea yang lain tanpa banyak membaca review terlebih dahulu dan ngga pakai Larissa lagi karena udah takut makin ketergantungan. Itu kenapa sekarang tiap kali aku beli skincare picky-nya minta ampun. Akibat trauma berkepanjangan wkwk.

Singkat cerita di akhir 2017 aku breakout parah dan mulai putus asa, sampe akhirnya aku memutuskan untuk kembali ke Larissa. Konsultasi dokter dan disuruh ganti rangkaian yang  awalnya TeaTree Opaque jadi Honey Bee Venom. Hasilnya? Bukannya lebih baik malah lebih ancur wkwk.  Jerawatan semuka-muka pokoknya.

Stresnya bukan main, udah kenyang sama omongan orang yang bilang ih kok jerawatan ih kok gitu mukanya ancur banget. Udah melewati fase malu ketemu sama orang, gak mau jalan sama temen-temen, dikantor diem aja nunduk dan meminimalisir ngobrol sama temen karena takut mereka bakal ngomong yang nyakitin. Bahkan ketemu Mas Alif aja malu.
Kadang kalau mood lagi gak enak rasanya pengen marah ke orang orang yang seenak jidat ngejudge gitu, pengen banget bilang mending urusin urusanmu dewe gausa ngurusin hidup orang. Kadang dalam hati mbatin kalian bisa judge seenak udel karena kalian gatau rasanya, kalo kalian yang kayak gitu gimana?

Akhirnya aku coba nih pakai perawatan yang alami gitu, maskeran pake timun, kentang, dll. Efeknya? Membaik tapi sedikit dan itu lamaa banget.

Sampe akhirnya mama menyarankan untuk ke Dokter Rofiq, siapa yang ngga kenal beliau? Dokter Specialis kulit yang terkenal ampuh banget nanganin jerawat dan semua permasalahan kulit, yang antrinya panjaaang banget tapi diperiksanya cuma 5 menit wkwk.

Aku trauma banget sama krim racikan dokter yang akhirnya membuat muka dan hati aku luar biasa ancurnya wkwk, sampe aku minta petunjuk sama Allah apakah aku harus ke dokter atau aku harus bersabar. Aku takut kalopun sembuh dari Dokter Rofiq pas berhenti juga bakalan breakout lagi :( Tapi karena ini saran mama InsyaAllah yang terbaik buat aku. 

Proses penyembuhan di Dokter Rofiq sekitar 6 bulan, bulan pertama tuh kayak semua jerawat dimatengin dan dikeluarin gitu ntar lama lama kering dan ngelupas. Setelah 6 bulan membaik aku berniat untuk berhenti karena aku notice ketika pakai krim racikannya leherku sampe ngelupas dan perih gitu, kulit mukaku tipis banget sampe keliatan uratnya, muncul rambut halus di muka dan putihnya kayak pucet gitu, jerawatnya udah gaada tinggal bekas-bekasnya aja, intinya lumayan bersih tapi terlihat sangat tidak sehat.

Setelah pergolakan batin akhirnya aku memutuskan untuk berhenti dari Dokter Rofiq karena aku merasa toh udah gak berjerawat. Suprisingly ketika aku berhenti dari Dokter Rofiq baik-baik aja mukaku. Ya tinggal bekas jerawatnya aja.

Tapiii entah gimana ceritanya, pas Agustus 2018 aku tergiur buat balik ke Larissa lagi. Pertimbangannya karena mau tunangan saat itu, pengen muka jadi flawless kayak pertama kali pake Larissa.

2 bulan berjalan mukaku mulai ada perubahan positif, sampai akhirnya hari tunanganku tiba. Aku pakai MUA dan setelah itu mukaku breakout LAGI. Entah ada yang salah dengan base makeupnya, atau aplikatornya yang kotor, atau hal lain aku gatau. Beneran jerawatan didaerah tengah muka dan gak santai pokoknya. Mau nangis beb rasaya kenapa kejadian itu terulang lagi.

Aku coba berhenti semua skincare, cuma cuci muka pake facial wash aja selama 2 minggu dan gak mempan. Aku coba pakai skincare yang ada dipasaran juga makin parah. Sampai akhirnya aku terpaksa ke Dokter Rofiq LAGI :(

Aku dikasi krim racikan lagi, dan dikasi obat minum yang baru 3x minum mataku langsung bengkak karena gak tawar dengan antibiotik itu. Aku sabar menanti dan hasilnya kurang memuaskan. Karena aku kurang cocok sama krim racikan malamnya, jerawatnya ilang tapi beruntusan muncul. Jadi aku cuma pakai krim paginya karena aku merasa cocok, ya meskipun setelah pakai krim pagi muka jadi putih banget gitu.

Beberapa bulan terakhir aku tetep pakai krim pagi dari Dokter Rofiq + skincare drugstore yang aku udah yakin cocok. Terlintas dipikiran aku setelah krim paginya habis aku gamau repurchase toh hasilnya gini gini aja dan aku mau komitmen untuk lepas dari krim dokter apapun konsekuensinya.
Aku berjanji untuk semaksimal mungkin gamau pake krim dokter gamau tergiur sama klinik kecantikan.

Akhir Agustus 2019 kemaren krim pagiku habis, sehari 2 hari gak pake krim pagi masih fine fine aja, hari 3 udah mulai muncul lagi jerawatnya. Muncul jerawat diiringi muncul omongan netijen kenapa kok jerawatan lagi blablabla.

Its okay, ini keputusanku dan aku tau bagaimana konsekuensinya. Diiming-imingi pake klinik a b c blablabla aku tetep teguh sama pendirian aku. Aku mau berusaha sembuhin pakai skincare yang aku punya aja, aku berusaha apapun itu tapi tidak dengan dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan.

Sekarang jerawat aku muncul lagi hehehe, aku menikmati prosesnya dan sebisanya mungkin untuk tidak stress. Omongan orang yauda dibales pake senyum aja gausa dimasukin hati.

Udah kondisi muka kayak gini aku sekalian coba masker spirulina yang katanya ajaib tapi baunya amis banget itu. Karena katanya kalau pake masker itu awal awal akan muncul jerawat untuk detox. 
Aku kembali ke masa takut ngaca wkwk, tapi sekarang Alhamdulillah udah mulai PD ketemu sama orang. Karena aku percaya gaada hasil yang mengkhianati usaha. Meskipun aku berharap ketika bertemu orang siapapun itu, mereka bisa bertanya tentang jerawatku tanpa kata-kata yang menyakiti.

Buwanyaaak banget pelajaran yang aku ambil dari sini, aku semakin rajin membaca dan mencari review gak asal beli tanpa liat ingredients, semakin paham sama kondisi dan maunya kulitku kayak gimana, aku semakin rajin nulis karena aku pengen berbagi, aku gamau kalian kayak aku. Aku jadi lebih mudah bersyukur dengan hal-hal kecil. Belajar untuk membalas omongan netijen dengan senyuman

Didunia ini, gaada satupun orang yang mau bikin mukanya jerawatan, acne figther cuma butuh support kok. Lebih baik diam daripada berbicara tapi menyakiti ya kan?

Aku percaya Allah baik, dan aku yakin habisini pasti sembuh. Gaada hasil yang mengkhianati usaha kan? :))

Kalau bukan sekarang aku lepas krim dokter, kapan lagi?

Intinya adalah, buat kalian yang gaada masalah kulit yang gimana gimana, kalau cuma ada jerawat 1 2, kalau pengen putih, gausa ke dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan. Udahlah, pake skincare over the counter aja. Satu banding sepuluh ribu mungkin orang yang lepas krim dokter tanpa ketergantungan dan berakhir breakout.

Kembali lagi ke kalian masing-masing sih, tapi ketika orang-orang curhat ke aku pengen ke klinik kecantikan a b c aku selalu menyarankan untuk jangan. Plis sayangi kulit kalian, gausa aneh aneh udaah :)

Sekian dan terimakasih sudah mendengar curhatku, semoga aku dan acne fighter diluar sana tetep semangat yaa {}

You May Also Like

2 comments

  1. Sungguh menginspirasi, yg tadinya pengen temen punya kulit flawless,glowing dll jdi mikir dua kali buat kedepannya trs mensyukuri apa yg dimiliki skrg 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kak, do your best and know your skin yaa!

      Hapus