Toleransi

by - April 22, 2019


Terhitung sejak 15 Februari 2013 hingga hari ini, aku dan Alif Kurniady Ramadhan (yang dulu pacarku kini berubah menjadi tunanganku ciee) sudah menjalin hubungan selama 6 tahun lebih. Bukan waktu yang sebentar karena banyak dibercandain “nyicil motor udah lunas tuh wkwk”. Untungnya aku dan Mas Alif selow dan gak menjadikan kata-kata itu sebuah beban, ada sih sempet mikir tapi yauda cuma lewat habis gitu lupa. Memang banyak orang bilang gak baik pacaran lama lama blablabla tapi menurutku kan kita yang menjalani dan kita udah punya planning untuk bagaimana kedepannya nanti. Dijamin pasti serius karena kalo gak serius gak bakal sampe sejauh ini, kalo gak serius gak bakal sampe tunangan 😝

Banyak dari kalian yang tanya “pacaran 6 tahun udah putus berapa kali?” Jawabannya adalah Alhamdulillah gak pernah putus sama sekali, belum pernah dan jangan sampe! Pasti banyak dari kalian yang gak percaya tapi emang itu faktanya. Bukannya menggurui tapi kalo boleh aku sharing dari pengalaman aku dan Mas Alif kunci sebuah hubungan udah bukan lagi jujur dan saling percaya tapi semakin lama kita menjalin hubungan kuncinya adalah TOLERANSI! Semakin lama kalian menjalani hubungan pasti semakin banyak rintangannya, up and down-nya, semakin mengenal karakter satu sama lain yang mungkin diawal-awal kalian menjalani hubungan itu semua belum kelihatan. Dari toleransi kita lebih bisa memaklumi satu sama lain, memperkecil potensi berantem-berantem hal yang gak penting. Semua ini bisa terjadi karena proses yang panjang. Asal keduanya sama-sama mau berkomitmen dari awal untuk gak cepet menyerah kalo ada masalah.

Banyak juga yang ngira Deva sama Alif nih adem ayem aja yaa hubungannya mulus kayak jalan tol, Alhamdulillah kalo dimata kalian terlihat seperti itu dan kenyataannya emang adem ayem aja meskipun juga ada berantemnya, sering ngga sependapat juga, semua hubungan pasti ada kerikilnya lah ibarat 2 individu yang baru kenal dan sama sekali gaada hubungan darah pasti banyak perbedaannya. Banyak yang berubah dari aku dan Mas Alif dalam menjalani hubungan ini, dan aku selalu menghargai sebuah proses dari yang awal-awal sering memperdebatkan hal-hal gak penting sampe sekarang Alhamdulillah jaraang banget tengkar sampe tengkar aja harus “dibuat-buat” sama Mas Alif wkwk. 

Kadang ada juga yang tanya, pernah ngerasa bosen dan jenuh gak sih Dev selama ngejalanin hubungan sama Alif? Aku bingung nih jawabnya, kalo dibilang gak pernah ngerasa bosen dan jenuh kok ya gak mungkin tapi dibilang bosen dan jenuh juga engga. Aku gatau tapi Mas Alif ini anak ajaib wkwk, ada ajaa yang dia lakuin yang bikin aku senyum-senyum yang bikin makin sayang (cielaah) yang bikin jatuh cinta setiap hari gitu ceunah. Meskipun kadang kalau Mas Alif lagi nyebelin ya kesseeell pengen marah tapi anehnya kita tuh gabisa marahan lama lama. Gak pernah marahan lebih dari 24 jam! Gak baik juga sih masalah dibiarkan berlarut :)

Sama-sama meredam ego memang terdengar klise tapi hukumnya wajib, karena semakin lama menjalani hubungan semakin lebih banyak tahu karakter satu sama lain dan semakin tahu bagaimana mengatasi masalah agar tidak berlarut-larut. Eh kelupaan ini juga gak kalah penting, Jangan gengsi untuk minta maaf! Kalau salah ya akuin dan perbaiki.

Hal yang gak kalah penting dari menjaga sebuah hubungan adalah sama-sama saling support hobi masing-masing, memberikan "me time" untuk pasangan, sharing hal-hal positif, dan belajar untuk sama sama jadi orang yang lebih baik.

Menjaga sebuah hubungan itu tricky, dan gak bisa disama ratakan antara hubungan pasangan kita dan yang lain. Cara mengatasi masalahnya berbeda, dan cara untuk jatuh cinta setiap hari lagi dan lagi pun berbeda.

Tapi sampai detik ini, aku bersyukur karena Mas Alif selalu punya cara untuk membuat hubungan ini jadi kayak pelangi, yang selalu jadi my 24hours walking diary, tempat aku cerita banyak hal, tempat aku menceritakan semua mimpi-mimpiku yang semoga bisa sama sama kita wujudkan. Banyak hal dari Mas Alif yang membuat aku belajar, jadi lebih baik pastinya.

Thankyou Mas Alif, I fell in love with you because of the million things you never knew you were doing

You May Also Like

2 comments