Life Hack : 1 Empty, 1 Newbie versi aku!

by - Mei 03, 2019


Halo semuanya apa kabar? Kembali lagi bersama aku yang semakin rajin menulis blog karena menulis blog 10x lebih menyenangkan dibanding menulis skripsi wkwk.

Okay, kali ini aku bakal bahas LIFE HACK : 1 Empty, 1 Newbie versi aku! Dibaca sampai habis yaa. Ini menjawab pertanyaan teman-temanku tercinta yang bingung kenapa aku tetep bisa nabung padahal hobi beli ini itu :))

Disclaimer dulu aja deh, ini opini aku dan apa yang aku belajar terapin untuk menghilangkan kebiasaan boros yang tak kunjung henti ini. Maafkan kalo amburadul dan gak nyambung tapi semoga bermanfaat dari sharing-ku kali ini.

1 Empty, 1 Newbie itu apa sih? 1 Empty, 1 Newbie ini biasanya erat kaitannya dengan skincare minimalis. Rangkuman versi akunya 1 Empty, 1 Newbie adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat pengeluaran bagi kids jaman now dalam menerapkan hidup minimalis dan meminimalisir menimbun banyak barang (buset dah ribet banget kata-katanya). Maaf kalau kata-katanya tidak beraturan karena tidak ada definisi spesifik mengenai 1 Empty, 1 Newbie ini. Tapi kalau dilihat dari kata-katanya kalian pasti bisa menyimpulkan lah. Untuk lebih gampangnya aku kasi contoh aja yaa. Jadi kamu tidak boleh membeli sesuatu barang yang baru kalau sesuatu barang yang lama itu belum habis. Misalkan nih, kamu udah punya 1 mascara tapi ada mascara keluaran terbaru dan kamu pengen beli, kamu wajib nahan gaboleh beli sampai mascara yang lama habis.

Tapiiiiii definisi dari 1 Empty, 1 Newbie tersebut aku modifikasi menjadi lebih singkat yaitu beli 1 "buang" 1. Jadi gini, buat generasi milenial yang hobi coba-cobain make & up skincare / hobi belanja baju sepatu tas dll please terapkan ini demi masa depan yang lebih cerah karena sayang kalau duit habis cuma buat gaya hidup. Harga rumah makin mahal shay, belum harga sewa gedung dan catering, belum lagi kain buat bridesmaid 3meter per orang wkwk!
(Yaelah dev sok bijak padahal sendirinya masih boros dan suka kalap)

Ini adalah prinsip hidup yang aku terapkan beberapa bulan terakhir ini, aku memberlakukan ini terutama dalam hal makeup, skincare, and another things kayak baju, tas, sepatu gituu. Awalnya emang susah banget menerapkan 1 Empty, 1 Newbie versi aku ini tapi kalo gak dipaksa ya gak bakal bisa.

Sebenernya 1 Empty, 1 Newbie! ini ada 2 cara menurut aku. Yang pertama adalah "memaksakan diri" untuk cepat-cepat menghabiskan barang yang lama dan yang kedua adalah menjual barang yang lama sebelum membeli yang baru, terserah sih mau dijual atau mau dikasih ke temen/saudara kan tidak ada yang salah dari berbagi :)

Kalian bisa pilih cara pertama atau cara kedua tapi berhubung niatku adalah ingin hidup LEBIH hemat yaa aku menerapkan cara ke 2. Seperti yang aku contohkan kalian udah punya 1 mascara tapi ada mascara keluaran terbaru yang cetar membahana badai anti tsunami dan kalian pengen beli,  DAN DISINILAH IMAN KALIAN TERUJI! kalian wajib menahan diri gaboleh beli sampai mascara yang lama habis. Dan aku gabisa kayak gitu maksain diri sampai mascara habis karena aku jarang banget dandan. Bisa sih biar cepet habis tiap hari aku dandan tapi aku malasss wkwk. Jadi solusinya adalah rajin-rajinlah jual barang preloved di Carousell ^^

Yang aku terapkan dan tegaskan ke diri aku sendiri sekarang ini kalau untuk baju, tas, dan sepatu adalah kalau aku lagi pengen beli 1 baju baru berarti aku harus jual 2-3 baju lama. Kalau pengen beli 1 tas baru jual 1 tas lama, kalau mau beli sepatu baru jual sepatu lama.
Kenapa untuk beli 1 baju harus jual 2-3 baju karena ketika suatu barang dijual kembali harga baju itu yang paling anjlok.
Sebenernya kalau dibuat hitungan matematika itu ginilo, gimana caranya kamu mau beli barang baru tapi gak terlalu banyak ngeluarin duit wkwk. Kalau cuma nambah dikit kan lumayan, baju selalu update- dompet gak menangis- keinginan hati terpenuhi dan yang paling penting tidak menumpuk barang dan cuma dianggurin dilemari!
Kecuali untuk beberapa case, misalkan emang lagi butuh heels tapi awalnya gak punya heels yauda beli ajaa gausa jual dulu.

Untuk hal make up & skincare. Kalau semisal aku pengen beli eyeliner baru ya aku harus jual eyeliner lama, dan aku gaboleh beli eyeliner sampai eyeliner yang lama laku terjual. Untungnya Carousell w cepet banget shay penjualannya (eaa ujung-ujungnya sombong dan promosi)

Karena aku menyadari aku bukan beauty influencer yang tiap hari kerjaannya dateng ke event harus dandan full face makanya aku gamau numpuk sampai 2 brand dalam 1 jenis. Wong 1 eyeliner sampai expired aja aku gak yakin bakal habis ngapain numpuk sampai 2 wkwk. Kecuali lipstick ya gengs! Ini masih susaaaaah banget, aku yakin gak bakal ada wanita didunia ini yang punya lipstick cuma 1 warna. Ya kali, dateng ke acara pas siang hari sama malam hari aja warnanya kudu beda gimana mau punya lipstick 1. Belum lagi sekarang lip product ada buwanyak banget macamnya, ada lipcream, lipstain, liptint, tinted lipbalm, lipgloss. Aku memaklumi diri sendiri kalau lipstick gabisa cuma 1.

Semua yang aku sharing ini pure pengalam pribadi aku. Mas Alif udah apal sampe geleng-geleng kepala karena aku susaaah banget nabung. Tapi dengan cara ini keuanganku mulai membaik wkwk. Kan sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit. Bahkan amazingnya banyak yang nanya gimana sih Dev kok kamu masih tetep bisa nabung padahal sering belanja online sering nyobain skincare wkwk. Malu akutuh ditanyain kayak gini :( 

Aku tau gak semua orang akan menerapkan prinsip seperti aku karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda- pendapatan orang berbeda-beda bahkan alokasi dana pendapatannya pun pasti berbeda. Tapi di aku ini membantu banget untuk meminimalisir pengeluaran. Karena aku gamau gajian cuma lewat karena kalap dan lapar mata dan menyesal di akhir bulan ^^

Aku yakin kita semua berada di fase antara hidup cuma sekali jadi nikmati sepuasnya atau sekarang nabung sekuat tenaga demi masa depan cerah. Eitss jangan galau. Pasti ada cara kok untuk hidup lebih hemat tapi keinginan terpenuhi wkwk, dan ini caraku! Bagaimana dengan caramu? :p

You May Also Like

0 comments