Wedding Preparation : Undangan

by - Maret 10, 2020


Hal yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah undangan, cari undangan tuh susah-susah gampang. Dan sekarang udah buwanyak banget vendor udangan yang desainnya apik-apik. Apalagi di Jawa Tengah, pusatnya undangan dan souvenir sih kataku. Siap-siap galau deh mau pilih yang mana. Harga undangan juga beragam kok, mulai dari yang murah banget, sedang, sampe mahal banget ada.

Selain tidak mau rustic, aku juga tidak mau undangan yang ada bunga-bunganya. Selain itu aku juga mau setiap detailnya berkorelasi *cielah apasih dev

Simplenya gini, kan gak mungkin tiba tiba decornya nuansa ijo, undangannya nuansa pink, gaunnya biru. Ya gapapa juga sih bebas, emang dasar akunya aja banyak mau dan aku mengupayakan semua detailnya nyambung dan ada benang merahnya yaitu ada detail white and goldnya .

Aku ada beberapa list undangan yang aku rekomendasikan siapa tau kalian butuh :))
  1. paperstory(.)inv
  2. artdellaide(.)invitation
  3. rainbow_advmlg
  4. invitation_papermint
Tips dari aku, untuk menghemat waktu tenaga dan biaya di era digital yang serba canggih ini adalah cari vendor undangan sebanyak banyaknya di Instagram / google. Tanyain pricelist dan model yang kamu pengen, pilih 1 - 2 vendor yang paling sreg di kamu baru datengin tempatnya. Jangan didatengi semuanya soalnya capeeek.

Sebenernya banyak vendor undangan yang bagus dengan harga terjangkau tapi di daerah Jogja sana. Aku ngerasa agak susah kalau nyari vendor undangan luar Malang karena aku butuh ketemu langsung minta yang designya sesuai kemauan aku, tulisannya ini, gak pake ini. Harus revisi desain dll. Mengingat aku dan terutama Mas Alif orangnya super perfeksionis sekali wkwk.

Tapi ternyata untuk perintilan nikah, aku jauh lebih perfeksionis daripada Mas :))

Atau mau mencoba peruntungan untuk desain + cetak sendiri juga boleh kalau ada waktu luang yang panjang, soalnya katanya sih jatuhnya jadi lebih murah.

Setelah survey selama kurang lebih 2 minggu dan menentukan berapa jumlah undangan yang akan dipesan, aku memutuskan pesan undangan di paperstory.inv. Lokasi paperstory.inv ada di daerah KarangPloso Malang. Memutuskan pesan disitu dengan alasan disitu bisa custom desain. Harganya terjangkau, pilihan designnya bagus tapi simple. Semua kembali kepada masing masing yang kalau masalah desain. Cuma aku ngerasa di paperstory ini karakternya aku dan Mas Alif banget (?)

Pas pertama kali aku main kesana untuk liat liat langsung detail undangannya aku langsung sreg dan ngga coba bandingkan dengan vendor lain. Karena mbaknya baik, ramah banget, mbaknya ngasi advice gimana biar ngga rugi bahan, bahan yg ngga terlalu mahal tapi kualitas baik, ngasi saran untuk jangan pakai desain yang udah ada disitu karena sayang banget karena bisa custom, dll/.

Di Paperstory menyediakan jenis undangan yang beragam, mulai yang biasa aja banget sampe yang premium juga ada. Pembedanya mulai dari jenis kertasnya, model undangannya, mau pakai hotfoil atau engga, beragam deh pokoknya. Untuk harganya juga beragam. Info pricelist bisa email ke aku atau contact langsung ke ke Paperstory aja yaa :)

Mbaknya menyarankan untuk kita cari di Pinterest / Instagram, di Pinterest terlalu banyak pilihan sampe Chromeku Not Responding wkwk jadi aku berfikir untuk modifikasi desain yang ada aja. Karena disini bisa full custom yaa untuk desain dan font-nya.

Tapi untuk kedua kalinya kesana mau fixing undangan dan ngasi detail nama dll mbaknya memberikan inspirasi lain :( Jadi makin galau. Lama banget aku sama Mas mikirnya, karena 2 2 nya sama sama simple dan bagus, akhirnya memutuskan untuk request memadukan 2 desain tersebut. Belum cukup sampai disitu, aku sama Mas juga minta secara detail font nya, di amplop fontnya ini, isinya dalemnya ini. Wuuuuh, benar-benar lelah paling membahagiakan. Untung habis makan yaa, jadi tenaganya full. 

Eh fyi, disamping paperstory ada yang jual nasi ayam kremes enak, cobain deh!

Setelah desain pertama dikirim via Whatsapp, aku sempet kaget- kecewa sih lebih tepatnya karena jauh diluar ekspektasi aku. Warnanya strong banget dan ngga pas pokoknya sama keinginan aku. Aku langsung forward ke Mas dan dia pun agak gak nyangka kalo hasilnya bakal kayak gitu. Udah BT dan ngerasa mau ganti desain daripada harus edit total.

Mau share sampe gak enak hati, pada kepo gak desain undangan yang pertama kayak apa? :(

Akhirnya aku cari referensi lagi di Pinterest, ada hampir seminggu aku bikin draft yang bener bener sesuai kayak keinginan aku dan karakter aku. Sampe Mas geleng-geleng kepala karena aku terlalu memperhatikan setiap detailnya wkwk. Contohnya nih, di referensi undangan yang pernah aku liat nama orang tua tuh ditulis sampe 3x cuy di sisi udangan yang berbeda lha dalam hatiku gawe opoooo kan 2x wes cukup wkwk. Yang gak penting penting gini jangan ditiru ya karena bikin lelah pikiran serius, mikir draft undangan udah kayak mikir skripsi cuy wkwk. 

Kebijakan dari paperstory adalah setiap client boleh meminta 2 desain undangan, setelah pilih 1 desain undangan fix tidak boleh ganti tema warna hanya boleh revisi font dan tata letak. Undangan tersebut sudah termasuk kartu souvenir dan thanks card yaa. Untuk free aku minta e-invitation alias undangan digital yang berguna untuk kirim undangan ke kerabat jauh yang tidak memungkinkan untuk dikasi undangan fisik.

Sangat tidak puas dengan hasil desain yang pertama esok harinya aku bikin appointment sama desainernya biar lebih enak dan dia tau mauku. Ada kali sekitar 1,5 jam aku disana buat desain ulang undangan. Untungnya aku udah punya draft jadi ngga terlalu lama dan tau arahnya mau kemana. Konsepnya udah jadi, terus aku bilang ke masnya kalau kurang lebih konsepnya kayak gitu nanti minta tolong dipermanis dan percantik ya mas.

Malam harinya aku dikirimin file undangan, secara konsep aku udah suka banget cuma ada edit lagi masalah tata letak sama ukuran font wkwk. Aku emang ruwet tapi yawes babahno :p Alhamdulillah waktu nunjukin ke keluarga bilang bagus simple elegant gitu. Seneng aja gitu secara ini konsep w bikin sendiri wkwk, mereka ngiranya dibikinin yg desain kali ya? Akhirnya setelah puluhan kali revisi undangan udah jadi dan siap cetak.

Tidak berhenti sampai disitu pemirsa, karena tiba tiba aku dikirimin undangan digital sama adminnya yang hasilnya jauh dari ekspektasi gak paham lagi aku sama Mas langsung terdiam wkwk. Maksudku kan kalo udah tau konsep undanganya akan jauh lebih gampang bikin undangan digitalnya. Minimal masnya tau karakter desain yang aku pengen tuh kayak gimana. Aku langsung reflek gitu bales chat ke adminnya dan bilang "mbak, ini harus revisi total" wkwk. Seenak jidat emang aku bilang gitu. Selang 3 hari aku cari inspirasi di Pinterest baru aku contact adminnya lagi aku minta yang gini gini gini blablaba, detail tulisan apa aja juga aku yang bikin konsepnya. Terus si adminnya bilang, "Oke mbak revisi ditampung ya nanti dikerjai desainer satunya soalnya yang nangani desain undangannya mbak kemaren resign."

Aku bilang ke Mas Alif kalo desainer undangannya resign malah dibuat bercanda sama Mas, kata Mas desainernya resign gara gara habis nanganin client kayak aku yang bawelnya sampe ubun ubun wkwk. Kepikiran juga sih padahal kan gak mungkin cuma gara gara w dia resign ya beb, cuma yauda untuk undangan digital aku akan mengurangi kebawelanku ini~

Yang akhirnya gak kepake juga undangan digitalnya karena kurang pas menurut aku dan Mas.

Pemesanan undangan umumnya dilakukan H-5 bulan untuk mengantisipasi percetakan full dll. 

Paperstory.inv juga menjual buku tamu custom biar sama kayak undangan dengan harganya 85.000 / pcs. Tapi menurutku mending ngga usah karena pertama gak keliatan juga covernya pas tamu nulis buku tamu, di Shopee ada custom buku tamu yang harganya jauh lebih murah dari itu. Ya meskipun desainnya gabisa sama. Minimal ada nama dan tanggal pernikahan udah cukup.

Ini dia lokasi Paperstory.inv. Hanya ruko yang ngga terlalu besar memang, tapi sudah lebih dari cukup. Pilihan undangannya banyak banget, pusing pusing deh tuh mau pilih model yang kayak gimana.







Nah, ini dia final undangan aku dan Mas Alif setelah melalui ratusan purnama dan ribuan revisi wkwk.



Akhirnya dikabarin kalo undangan jadi, undangan bisa diambil setelah pelunasan. Hari Minggu setelah gempor cari kain langsung cuss ambil undangan, ternyata ambil undangannya di Semanding Dau, itu tempat produksinya. Sampai disana udah disiapin 2 kardus + 1 kresek kecil, ngga dicek dulu main angkut aja. Semua berjalan tidak semulus ituu ferguso wkwk, kartu souvenir dan denah belum jadi kan dikirim menyusul JNE ditanggung oleh vendor undangan, lalu sampe dirumah undangan diitung ternyata kurang 20 biji. Diitung ulang dan tetep kurang akhirnya WA mbaknya, mbaknya kudu nanya bagian produksi dulu karena posisi mbaknya kan di KarangPloso. Senin paginya dikabarin kalo beneran kurang 20 karena gak lolos sortir. Dikasi pilihan mau refund atau produksi ulang ya jelas produksi ulang lah, karena undangan udah fix jumlahnya segitu. Harus nunggu seminggu lagi yauda gapapa lah mbaknya juga tanggung jawab dan ngerasa bersalah. Untung aja semuanya aku minta maksimal harus jadi Januari karena ada spare untuk hal-hal diluar ekspektasi gini. Uwwww, mengurus pernikahan memang nano nano rasanya!


Saatnya bikin list undangan, aku baru tau lo bikin list undangan tuh membingungkan. Dari total undangan dibagi dulu temen-temenku, temennya orangtua, tetangga, temennya Mas Alif, temennya orangtua Mas Alif, tetangga, saudara. Lumayan pusing lah pokoknya,

Setelah fix baru deh print nama-nama tersebut di kertas label jadi nanti tinggal tempel tempel. Kalo udah baru deh dibagi H-10. 

You May Also Like

0 comments