Graduation Day

by - Desember 14, 2019


A sweet ending to a new beginning. 

Mau flashback dulu nih ceritanya, 2014 yang lalu aku kerja di Jakarta. Temen-temen aku udah pada daftar kuliah disana tapi aku ngga daftar karena udah tau bakal setahun aja di Jakarta. Aku anak mama banget soalnya, jadi gabisa jauh jauh dari rumah wkwk. Tapi kerja setahun di Jakarta ngasi aku pengalaman berharga dan luar biasa. Bisa bertahan di ibu kota selama satu tahun dan waktu itu umurku masih 18 tahun. Dari awal pun aku sama mama galau mau ambil atau engga kerjaan di Jakarta ini, dan akhirnya aku ambil untuk cari pengalaman kerja.

Setelah satu tahun aku kerja di Jakarta dan memutuskan pulang ke Malang aku jadi pengangguran. Belum ada panggilan kerja, sama mama disuruh kuliah reguler kayak di UB gitu gitu aku gamau karena ngerasa buang-buang duit dan aku kekeuh pengen kerja dan cari kuliah karyawan gitu. Mungkin karena udah tau dan ngerasa enaknya dapet duit sekalinya ngga gajian sedih karena gabisa jajan dan gabisa beli ini itu sendiri. Dulu pas masih SMP mikir enak banget kuliah, ikut organisasi ini itu, dll tapi makin dewasa makin ngerasa lebih butuh duit wkwk. Pas banget juga Bina Nusantara University alias Binus buka kampus di Malang. Jadi aku pikir gapapa nekat ambil kuliah karyawan sambil cari-cari kerja.

Fyi, aku angkatan pertama di Binus, kebetulan juga temen-temenk dari SMK Telkom banyak yang daftar disana. Jaman awal awal itu cuma ada 2 jurusan Management dan SI. Karena merasa tidak memiliki passion di dunia IT aku ambil Management. Ternyata Alhamdulillah pas udah diterima kuliah di Binus aku juga diterima kerja, tapi posisinya IT as a Quality Control sama kayak posisi aku kerja di Bank sebelumnya wkwk. Padahal emang udah pengen lepas dari dunia IT tapi Alhamdulillah rejekinya disitu. Karena cari kerja di  Malang susah banget, jaman dulu semua lowongan aku lamar, mulai dari admin Rotiboy sama kasir d'Cost dan gak lolos juga.

Awal-awal kuliah semangat dan rajin banget, sering banget bolak balik kampus buat video conference mata kuliah bareng sama temen-temen, ngerjain tugas diawal minggu, posting thread diawal minggu biar weekend biar selow. 

Kenapa dulu pilih Binus karena kuliah di Binus tuh se-selow itu, ngga perlu sering bolak balik kampus kayak kuliah kelas karyawan lainnya. Aku survey di kampus lain tuh ada yang jam kuliahnya magrib sampe malem kan kasian orangtuaku khawatir nunggu aku pulang malem sendirian, Sabtu Minggu juga masih kuliah. Aku maunya kuliah tetep jalan, kerja tetep jalan, dan masa mudaku tidak terenggut jadi weekend masih bisa hangout. Aku sak karepe dewe emang tapi Alhamdulillah aku bisa mewujudkannya.

4 tahun kuliah percaya ngga sih aku selalu ngerjain tugas, ngerjain thread dan kuis di kantor. Aku kerjain kerjaanku lebih cepet biar ada waktu buat ngerjain tugas. Jadi dirumah aku udah ngga mikir tugas lagi. Pulang kantor buat istirahat dan gym. Dan aku bisaaa! Jadi dirumah cuma join video conference gitu karena emang biasanya jam 5 sore keatas. Join video conference juga bisa disambi makan, disambi ngapa-ngapain, disambi jalan sama Mas Alif pun bisa wkwk. Kuis juga online, dateng ke kampus cuma pas exam doang 3 bulan sekali. Se selow ituuuu kuliahku. 

Aku selalu membiasakan diri sejak awal untuk ngerjain kewajiban kayak tugas dll diawal minggu, aku punya deadline kalau hari Rabu maksimal Kamis semua udah harus selese. Aku gak suka ngerjain tugas deadline Minggu malem baru dikerjain Minggu pagi pasti kepikiran dan weekendku gak tenang.

Aku punya janji sama diri aku sendiri gaboleh ada mata kuliah yang ngulang atau dapet C, aku berusaha sekuat yang aku bisa buat mewujudkan itu. Sampe ada temenku yang ngeledek bilang "Kalau sampe Deva dapet C, satu kelas aku traktir makan!". Dan aku berhasil membuktikannya, sampai akhir mata kuliah semester 8 selesai nilai yang aku dapet paling jelek B. Engga aku ngga sombong. Aku cuma menepati janji dan konsekuen sama diri sendiri. Yakin kalau apa yang kita ingini secara sungguh sungguh diiringi doa dan usaha semua bakal tercapai! 

5 semester terlewati dengan begitu cepat, sampai tiba di waktu harus bikin proposal skripsi, bingung nentuin judul, konsep, cari jurnal internasional dll. Digantung 2 minggu proposal approved gak ya harus ganti judul gak ya dan Alhamdulillah semua berjalan lancar. Lanjut skripsi dapet dosen pembimbing yang Alhamdulillah luar biasa baik dan sangat membantu.  Aku juga ngga ngalamin namanya skripsi sampe nangis nangis, susah janjian sama dospem, revisi berkali kali kayak yang temen-temenku bilang. Berasa semua selalu dimudahkan sama Allah.

Cuma agak hectic pas ngumpulin soft cover dan hardcover karena beberapa kali salah format dan harus ke Jakarta minta tanda tangan dosen pembimbing. Karena dospemku baiknya udah tingkat dewa boleh dong dikirim dan dosenku langsung tanda tangan dan nyerahin ke bagian operasional.  Sempet bingung karena dapet jadwal sidang dapet di Jakarta tapi karena kebetulan dospemku adalah Ketua Jurusan jadi bisa dibantu buat sidang di Malang aja. Kadang suka mikir Allah baiiiiiik banget sama akuuu tapi aku masih jauh sama Allah :( 

Sampai hari sidang tiba dan Alhamdulillah dapet nilai A. Rasanya campur aduk, haru bahagia campur semuanyaa. Bahagia banget karena bisa bikin orangtua bangga, karena prinsip aku mereka susah payah ngebiayain aku kuliah dan aku harus ngasi balasan yang setimpal dengan cara dapet nilai yang baik.

Hari wisuda pun tiba, 12 Desember 2019. Ah, 12 Desember memang selalu punya cerita indah untuk akuu. Inget banget dulu pas masih PDKT sama Mas Alif 12 Desember 2012 dia modus banget minta alamat rumah terus nyamperin kerumahku katanya mau balikin tugas. Sa ae Mas Alif, love you! eh kok malah jadi curhat wkwk.

Finally, Deva Oktavianingtyas S. M.







Gaada hasil yang mengkhianati usaha, semua bakal terwujud kalo kita punya mimpi dan bersungguh sungguh. Gaada yang instan, semua harus diiringi usaha dan doa. Yang penting yakin kalau ada Allah yang selalu bantu dan Allah Maha Baik.


You May Also Like

0 comments