Wedding Preparation : Wedding Attire

by - April 11, 2020


Selamat pagi siang sore semuanya, apa kabar? Masih semangat mempersiapkan pernikahan? Udah ngalamin ribut-ribut manja belum sama pasangan karena beda pendapat? Semoga persiapan pernikahannya lancar yaa :)

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan dalam acara pernikahan adalah Wedding Attire. Wedding Attire yang dibutuhkan umumnya ada 2 pasang yaitu untuk akad dan untuk resepsi.

Ada baiknya sebelum ke vendor cari wedding attire disatukan dulu pemikiran, keinginan, dan konsepnya. Jadi nanti gak bingung milihnya.

Impian aku sejak dulu, akad nikah menggunakan kebaya putih namun tidak menggunakan paes seperti adat jawa pada umumnya dan resepsi dengan wedding ball gown + mahkota dan aku juga pengen pasangan aku menggunakan jas hitam. Terwujud Alhamdulillaaaah, Allah Maha Baik :))

Dan di part ini yang paling bikin lelah karena kudu bolak balik Malang Surabaya, eh kenapa bolak balik Malang Surabaya ya? Baca sampe habiiis makanya :p

Aku rinci satu persatu yaa..

Untuk kebaya akad kebetulan dulu pas seserahan dari Mas Alif emang dikasi kain kebaya dan jarik untuk akad nikah jadi tinggal jahit sendiri, karena untuk kenang-kenangan moment paling sakral dan janji suci seumur hidup, terus juga kata mama kalo baju akad emang sebaiknya bikin sendiri.

Waktu nanya nanya ke penjahit mahal juga ya shay jahit kebaya akad. Sebenernya bisa sewa juga sih, jadi lebih hemat. Nyari penjahit juga susah susah gampang, karena jahit kebaya kan gabisa asal dan gak semua penjahit bisa jahit kebaya akad.

Setelah cari-cari di Instagram eh nemu deh, nama Instagramnya @rumahjahit_yantirosita. Aku minta model yang simple tanpa tambahan payet karena mau yang sederhana aja untuk kebaya akad. Pas jadi amaze banget sama hasil jahitannya karena bagus dan rapi, dipake dibadan juga langsung auto fit wkwk. Padahal awalnya nekat belum pernah jahit disana sekalinya jahit langsung kebaya akad. Untung ngga zonk :))


Kalau untuk basofi yang dipake pas akad nikah Mas Alif sewa tinggal dislempangin jarik yang motifnya sama kayak jarikku.

Setelah itu mari kita lanjut bahas wedding gown dan suit alias gaun pengantin + jas.

Sebenernya banyak MUA yang menawarkan paket make up beserta sewa Wedding Attirenya khusunya gown. Tapi di MUA yang aku pakai aku kurang suka sama gownnya. Terlalu glamour dan rame blink blink gitu aku gak pedeee. Bukan aku dan konsep pernikahanku banget intinya.

Setelah scroll Instagram, mencari kesana kemari dan beberapa kali mendatangi Wedding Exhibition aku memutuskan untuk sewa gown di Surabaya.

Dimana dev? Surabaya? Iya Surabaya, aku tau ini agak kurang kerjaan dan gak masuk akal masa di Malang gaada  gown yang cocok sampe kudu sewa di Surabaya. Tapi ya memang begitu adanya.

Buat aku yang mempunyai pernihakan impian, gown merupakan masalah krusial. Kan mau jadi ratu seharian jadi cetarnya kudu totalitas wkwk. Eh mau simple juga boleh sih tergantung yang mau nikah. Tapi kalo terlalu simpe takut kalah sama tamu kondangan :p

Sampai disini kalau kalian merasa cerita ini berlebihan mending langsung close tab aja, kalau mau baca lanjutan ceritanya yuk cuss. 

Dan asal kalian tau harga sewa gown di Malang yang aku survey hampir semuanya gak masuk akal, 3 juta keatas cuma buat sewa gown doang cuy. 3 juta ini untuk jenis wedding ball gown yaa. Dan modelnya juga gaada yg bener bener sreg sama yang aku pengen. Sekalinya ada yang 1 jutaan kurang greget dan kurang mevvah wkwk.

Sempet putus asa sampai akhirnya kepikiran buat bikin gown di Sulthan Boutique Malang, harganya kisaran 1,5jt sampe 2,5jt tapi bingung dipakenya cuma sekali takut mubadzir, gaada tempat buat nyimpen, takut hasilnya gak sesuai ekspektasi karena kalo harga segitu udah dapet gown kualitas kainnya kayak kurang meyakinkan dan ribetnya lagi masih kudu beli jilbab + crown secara terpisah.

Pilihan terakhir jatuh pada Anantara Label, waktu itu lagi scroll scroll IG dan menemukan salah satu gown yang pertama kali aku liat langsung bikin aku jatuh cinta dan bilang "ini wedding gown impian aku, yang karakternya aku banget. Gak neko neko, simple elegant tapi cetarrr!". Akhirnya gak pake mikir langsung contact mbaknya buat nanya nanya gituu.

Lokasi Anantara Label ini ada di daerah Kebraon Utara Surabaya. Kalau yang mau naik kereta bisa turun di Stasiun Wonokromo. Kalau dari Malang mau naik mobil lewat tol bisa turun di Gunung Sari. Untuk alamat lengkap dan koleksi gownnya bisa cek di Instagramnya yaa Anantara Label Premium dan Anantara Label Soft

Jadi Anantara Label ini terpecah menjadi 2 ada yang menyedikan gown premium ada yang soft.Sewa gown disini harganya lebih masuk akal dibanding sewa gown di Malang guys! Aku pilih yang soft karena modelnya lebih simple ngga terlalu banyak payetnya. Soalnya kalo banyak payetnya dipakai juga berat. Dari segi harga juga beda ya antara yang premium dan soft.

Emang sih semua ada +- nya. Kalau sewa di Surabaya emang kudu effort waktu, tenaga, dan biaya buat riwa riwi Surabaya. Minimal harus 3x kesana. Buat milih gown H-5 bulan, buat final fitting H-2 minggu, dan buat ambil gownnya mendekati hari H. Tapi namanya udah cocok ya harus rela berkorban, ya gak? wkwk.

Bulan Oktober lalu aku dan Mas ke Surabaya untuk cobain gown yang aku pengen, sambil liat liat gown yang lain juga siapa tau ada yang lebih bagus. Disana juga nyewain jas dan basofi juga jadi buat calon mempelai pria ngga usah ribet nyari tempat sewa terpisah karena disini udah banyak banget pilihannya.

Sampe disana tempatnya nyaman dan cukup luas menurut aku. Pelayanannya juga ramah. Staffnya juga tanggap banget buat bantu dress up wedding gownnya. Udah disediain sepatu juga buat pelengkap fitting pertama.

Gown yang aku coba pertama tentunya gown inceran aku, pas dipake ukurannya langsung pas di aku ngga paham lagi kayaknya udah jodoh sama gown ini. Udah langsung sreg dan gak pengen cobain yg lain. Tapi berhubung pilihannya buwanyak banget aku coba 2 gown lagi tapi ngga ada yg sreg kayak gown yg pertama.

Untuk sewa gown ini nantinya sudah lengkap gown, manset, hijab, veil, dan crown yaa.

Mas Alif juga beberapa kali fitting jas dan basofi juga. Ya just info aja calon suami saya ini perfeksionisnya pake banget. Untungnya pelayannya sabaaar banget, ngga mecucu gitu beberapa kali  kita cobain gown dan jas. Dan akhirnya Mas Alif juga deal sewa jas & basofi disana.

Setelah fix dan deal, dibuatin kuitansi + semacam surat perjanjian gitu dan DP 50%. Nanti dilunasi ketika final fitting. Dan sebagai jaminan kita sewa kita harus "menggadaikan" uang 2jt yang nanti bisa diambil saat gown tersebut dikembalikan. Ada kebijakan juga kalau semisal mau ganti gown / jas boleh tapi cuma 1x. Waktu itu aku dikasi ketentuan boleh tukar sebelum tgl 3 Desember.

Dan bulan November tiba-tiba hatiku goyah pengen ganti warna gown karena liat di IG ada yang bagus, didukung dengan Mas Alif yang tiba tiba gak PD pake warna jas yang dia pilih diawal. Akhir November ke Surabaya lagi buat liat gown yang aku pengen dan ternyata sudah di booking. Potek hatiku tapi gak begitu kecewa karena sebenernya modelnya sama persis sama gown yang aku pakai cuma beda warna aja.

Aku juga cobain gown lain disana yang dulu gak kepikiran buat cobain, bagus dan lebih simple tapi warnanya terlalu calm untuk sebuah resepsi pernikahan. Kurang mevvah shay wkwk. Akhirnya cuma Mas Alif yang ganti warna jas, udah mantep banget katanya sama warna yang ini. Salah sendiri gak nurut kataku dari awal.

Dan, hari H pun semakin dekat waktunya final fitting. Untuk final fitting ini sudah dijadwalkan oleh Pihak Anantara Labelnya, cuma kita bisa reschedule kalo emang kita gabisa pada jadwal yang udah ditentukan.

Sebeneranya final fitting yang valid dilakukan H-2 minggu cuma karena masih banyak yang harus diurusin dan gabisa riwa riwi Surabaya pada H-2 minggu akhirnya kita final fitting H-1 bulan wkwk.

Jadwal final fitting pun tiba, aku dan Mas Alif harus balik Surabaya lagi. Proses final fitting sekitar 1 jam, gownya di-pas-in sama ukuran badan aku. Diukur panjang gownya seberapa, lebar pinggangnya seberapa dan ditandai dengan jahitan benang ala kadarnya gitu. Tapi pihak Anantara Label memastikan kalau saat gown dipakai hasilnya akan rapi jahitan dari dalam. Final fitting ini juga cobain kerudung lengkap dengan veil dan pilih crownya. Plus yang terpenting nyoba jalan pakai gown wkwk. Biar ngga kaget nanti pas hari H. Ternyata gown w lumayan berat cuy~ Kalau Mas Alif juga sama, ngepasin jas dan basofi + pilih ukuran kopyah.

Oiya pas final fitting wajib bawa sepatu yang bakal kalian pakai nanti yaa.

Tidak lupa untuk pelunasan saat final fitting dan membayar uang 2jt sebagai jaminan.

Berhubung aku di Malang, nanti gown suit ini akan dikirim lewat J&T. Karena tidak memungkinkan H-2 harus ke Surabaya, karena kan harus dipingit dan gaboleh pergi jauh jauh wkwk. Tenang, dijamin aman kok dan pasti sampai H-2 pernikahan!






















Final Fitting Situation

You May Also Like

0 comments