Wedding Preparation : Catering

by - April 08, 2020


Kembali lagi bersama aku dan persiapan pernikahan yang melelahkan tapi membahagiakan ini.

Setelah venue dan dekorasi pernikahan beres, vendor yang aku cari selanjutnya adalah catering. Ya sudah menjadi rahasia umum kalau makanan/catering di acara nikahan adalah sasaran utama yang akan dikomentari oleh tamu undangan.

Untuk makanan aku gamau coba-coba karena kalau kena omongan orang kasian orangtuaku ya kan? Wkwk. Padahal sebenernya di Malang ini buwanyaak banget catering acara wedding gini, apalagi merk catering baru banyak banget yang bermunculan. Beberapa kali direkomendasikan orang tapi aku gak familiar, takut mau nyoba dan gamau ambil resiko. Bahkan kalau mau repot dan pada jago masak ada lho yang masak sendiri dibantu saudara dan tetangga. Cuma pengalaman aku ngeliat orang punya hajat pernikahan gitu kalo masak sendiri ribetnya luar biasa, rumah bisa berantakan banget disana sini makanan. Kalau masak sendiri pun juga lebih ribet ngurus perintilannya kayak pinjem mangkok pinjem meja belum nambah beli bunga gitu buat hiasan. Bisa juga buat opsi terakhir kalau mau lebih hemat biaya ambil menu masakan dari warung yang berbeda beda, eh gimana jelasinnya ya. Emm misalkan gini, kalian punya langganan jual nasi goreng di warung A, langganan jual koloke di warung B, langganan jual bakso di warung C nah semua itu kalian pesan satu per satu untuk acara pernikahan nanti. Kebayang gak tuh ribetnya gimana?

Pertimbangannya kenapa catering karena lebih simple, vendor yang di follow up cuma 1 udah complete menunya, alat makannya, mejanya, hiasannya, waitersnya, cuci piringnya. All in One pokoknya anti ribet ribet club. Perintilan lain mengenai pernikahan emang aku ribet, tapi tydac untuk catering wkwk.

Ini list catering yang aku rekomendasikan siapa tau kalian butuh :))
  1. Radhiz Catering (081249449497)
  2. Duta Catering (085234877007)
  3. Sono Kembang (087885678114)
  4. Niki Eco (081805061881)
Keempat catering diatas sudah cukup terkenal dari segi cita rasa dan punya nama di kalangan masyarakat. 

Setelah aku contact 1 per 1, mempertimbangkan dari segi menu, harga dan ketentuan ketentuan lainnya aku memilih Radhiz Catering. Radhiz Catering ini punya banyak paket yaa dengan range harga yang berbeda beda. Radhiz juga menyediakan beraneka ragam menu gubukan, pesan menu gubukan dari luar pun juga boleh tapi maksimal 2. Ketentuan jika mengambil gubuk dari luar yaitu wajib sewa meja, waiters, dan peralatan makannya seperti mangkok sendok garpu gitu.

Pas udah fix aku minta dijadwalkan untuk food tasting. Mbaknya enak banget diajak konsultasi via Whatsapp, fast response juga. Untuk food tasting bisa datang ke Radhiz langsung bisa juga dikirim, berhubung Radhiz buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore dan aku masih kerja jadi aku minta dikirim aja. Ongkos kirimnya juga free ya, food tastingnya juga free jadi kalian tinggal nunggu menunya dateng lalu cobain makanannya deh. Setelah tester foodnya dateng aku kaget karena porsinya cukup banyak, bisa diicipi satu keluarga dan itupun masih sisa. Dikirimnya siang dan dimakan pas sore rasanya masih enak, jadi Bismillah nanti pas acara makanannya seenak ini.

Kalau masalah catering aku gak terlalu bawel karena cuma ada 2 pilihan setiap paketnya. Aku bener-bener sepasrah dan se-gak-mau ribet itu masalah catering. Aku menyiapkan tenaga untuk meribetkan hal-hal lain~

Palingan yang perlu dipikirkan mau setup table kayak gimana aja sih, misal minta yang full putih ala internasional / gubugan adat jawa / rustic ala ala gitu.

Oiya, ternyata cara untuk menghitung porsi makanan itu kalau tamu undangannya 500 kalian tidak harus memesan 1000 porsi. Pihak Radhiz menyarankan untuk memesan minimal 850 porsi saja. Mau pesen 1000 juga boleh bebaaaas.

Sistem Bookingnya DP 15% dan harus dilunasi selambat-lambatnya H-7.

Saat pelunasan pun tiba, dan saat pelunasan ternyata ada sedikit perubahan. Karena mbaknya menjelaskan ada menu yang sebaiknya diganti karena menu tersebut tidak terlalu banyak peminat jadi daripada mubadzir mending pilih menu lain aja.

Radhiz juga menginfokan bahwa dekorasi catering akan dilakukan H-1 bersamaan dengan loading dekorasi pelaminan karena mereka harus berkoordinasi tata letaknya agar tamu undangan merasa nyaman.

Update :

H-1 sebelum acara resepsi digelar, Radhiz akan loading decor meja catering, nata properti catering dan nitip piring gelas dll. Sabtu sore aku gedung untuk ketemu sama pihak Radhiz sekaligus cek tata letak mejanya. Saat itu ada Mas siapa namanya lupa, penanggung jawab catering untuk acara resepsi besok. Masnya ramah banget dan enak diajak rundingan. Karena Aula SMK Telkom ini sempit harus diakal gimana biar decor pelaminan dan meja catering bisa tertata dengan rapi dan mudah dijangkau tamu.

Untuk pemilihan bunga yang ditaruh di meja prasmanan pun kita bisa request yaa. Aku request warna pastel biar gak kebanting sama warna bunga decor pelaminan.

Dan dari pihak Radhiz pun saat itu menyampaikan kalau ada sisa catering yang belum disajikan di meja prasmanan saat selesai acara akan langsung dikirim kerumah kita. Alhamdulillah waktu itu sisanya bisa buat bekal saudara pulang kerumah masing-masing, tetangga juga masih kebagian :)

Aku sangat-sangat puas bekerja sama dengan Radhiz Catering, makanannya enak-enak banget bahkan pas dimakan malam harinya masih enak. Es manadonya juga manis banget, karena aku sering nemuin es - es di gedung yang tidak banyak isinya kuahnya encer dan tidak manis. Tapi ini beneran banyak isinya, kuahnya kental, dan manis sampai akhir. Buah irisnya pun begitu, semangkanya beneran manis dan matang sempurna.











Alhamdulillah hidangan dari catering semuanyaaa enak, dan tidak kurang satu apapun. Karena sempet khawatir kalo tamu membludak dan cateringnya kurang. Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah~

You May Also Like

0 comments