Wedding Preparation : Dekorasi Pelaminan Part 1

by - April 08, 2020


Hai haloo calon pengantin, bagaimana kabarnya? Sudah deg-deg-an menjelang pernikahan? Semoga apapun yang sedang kalian persiapkan dilancarkan yaa :))

Melanjutkan wedding preparation setelah fix dapet venue, langkah selanjutnya adalah cari decor pelaminan.

Siapa yang setuju kalao decor menjadi salah satu sumber kegalauan dalam mempersiapkan pernikahan? Tapi ketika kita sudah punya konsep pernikahan impian kayak gimana pasti akan jauh lebih mudah. Makanya seperti yang udah aku sampaikan diawal kalian wajib punya dulu konsep pernikahan impian, gak harus detail kok. Konsepnya aja dulu, nanti urusan detail menyesuaikan. Dan pastikan bahwa ditengah jalan nanti konsep itu gak bakalan ganti karena ada tren decor wedding baru wkwk. Kalau udah fix decor saran aku mending jangan searching decor lagi di Pinterest sih, takut menimbulkan kegalauan~

Dari awal, aku pribadi emang gak pengen konsep decor pelaminan adat jawa dan rustic. Perlu ditekankan dan digaris bawahi wkwk. Tapi setiap orang kan memiliki konsep pernikahan impian yang berbeda-beda jadi bebas sesuai kehendak calon pengantin. Dan jangan lupa kalau orang tua pun punya keinginan, misalnya setelah akad nikah harus ada prosesi adat. Hal tersebut harus benar-benar dirundingkan sampai ketemu jalan tengahnya. Daaaaan meskipun jaman sekarang decor rustic sedang hits tapi aku sama sekali tidak tertarik. Bahkan dari decor engagement aku waktu itupun juga tidak ada rustic-rustic-nya.

Aku punya impian dekorasi yang simple tapi elegant. Semi semi internasional gitu sih jatuhnya. Lalu setelah aku diskusikan dengan Mas Alif dia ngikut aja pokoknya aku bahagia wkwk.

Aku cari cari konsep decor pernikahan di Instagram dan Pinterest sesuai dengan yang ada dibayangan aku, jadi aku punya gambaran aku maunya ini ini ini, detailnya gini, mau bunga yang warna ini, dll. 

Setelah konsep decor yang aku pengen fix barulah cari vendornya. Pencarian vendor decor wedding di Malang full aku cari lewat Instagram. Pilih yang trusted dan jam terbangnya tinggi ya shay! Buat pernikahan mah jangan coba coba~

Aku coba Whatsapp beberapa vendor untuk menanyakan harga, apakah bisa bikin decor dengan konsep yang aku mau, freenya apa aja, syarat dan ketentuannya gimana. Semua harus detail. Jangan ada yang kelewatan, dan sebisa mungkin mintalah free sebanyak-banyaknya wkwk. Harap maklum jiwa emak-emak-ku sudah mulai keluar gengs.

Ke setiap vendor yang aku pakai aku selalu minta maaf kalau aku bawel dan banyak maunya wkwk. Semua konsep aku pikirkan secara detail dan matang. Emang terkesan ribet tapi aku mau semuanya well planned dan sesuai ekspektasi aku.

Ini list decor yang aku rekomendasikan siapa tau kalian butuh :))
  1. pwdecoration (081216661944)
  2. oppie_dekorasi (085236147366)
  3. peacockdecor (081334348179)
  4. yusyoga (082257018125)
  5. rickydecoration (081235195284)
  6. safirastudio_decoration (085100154995)
Vendor yang aku chat Whatsapp lebih dari 6 ya guys, cuma menurut aku 6 vendor ini yang paling terjangkau harganya dan InshaAllah trusted. Kalau gak percaya coba deh contact buat tanya pricelist wkwk. Aku merekomendasikan ini buat temen-temen yang ngga punya waktu banyak buat cari vendor dan dapet harga tinggi, InsyaAllah list ini bisa membantu :)

Setelah udah dapet beberapa list vendor decor, aku compare semuanya dan aku ambil 2 yang paling mencuri hati terutama dari segi harga dan segi lain-lainnya. Yakni pwdecoration dan oppie dekorasi.

Sebenernya, decor utama yang aku pilih terinspirasi dari portofolio decornya peacockdecor tapi setelah aku nanya nanya untuk model decor tersebut tidak bisa digunakan di SMK Telkom karena kurang tinggi dan kurang lebar. Dan untuk ke vendor lainnya aku tanya apakah bisa aku minta decor seperti itu. Dan 2 vendor tersebut menyanggupi.

Baru deh setelah itu aku bikin appointment sama 2 vendor tersebut, dan hasil meeting dengan vendor nanti yang dijadikan bahan pertimbangan mau pilih vendor decor A atau B. Hasil meeting tadi akan kita rundingkan dengan keluarga, barangkali ada masukan atau ada yang kurang. Karena namanya kita kan belum ada pengalaman ngurusin beginian.

Tips: Setiap decor pasti ngasi free yang berbeda-beda, nah sebagai calon emak-emak yang gamau rugi aku menggabungkan semua free itu dan aku coba minta ke vendor decor yang aku pilih dan Alhamdulillah bisa guys! Untung banyak deeeehhh wkwk. Kalo kata Mas Alif jiwa emak-emak ku sudah tidak diragukan lagi, jago banget negonya!

Akhirnya aku memutuskan untuk memilih pwdecoration karena pertama dari segi harga vendor ini paling terjangkau, masnya juga enak diajak ngobrol dan diskusi, terus dia mengerti apa yang aku mau dan paham sama setiap detail yang aku minta, dan yang ketiga freenya banyak banget beib siapa yang gak tergiur ya kan?

Btw, karena hari akad nikah dan resepsiku berbeda jadi aku membutuhkan 2 decor, untuk akad akan diselenggarakan di Masjid tapi berhubung masjidnya gaboleh didecor jadi aku cuma minta karpet dan meja serba putih biar terkesan lebih sakral. Decor akad yang seharusnya dimasjid aku minta pindahkan kerumah, semacam backdrop aja biar bagus buat foto-foto wkwk. Tetap tidak rustic ya, aku juga bingung kenapa ngga memilih rustic padahal sekarang decor rustic lagi menjamur dan sedang berada dipuncaknya wkwk. Eh tapi gatau deh backdrop full daun gini termasuk rustic gak ya? Karena untuk backdrop akad ini justru ada 3x aku minta ganti. Menurutku bukan rustic sih tapi yaweslah. Untuk resepsi baru sesuai impian aku.

Ooiya, ternyata decor pelaminan waktu resepsi yang aku pengen itu temanya industrial guys. Catat!

Tanyakan semua dengan detail ya guys! Sedetail minta karpet jalan warna apa, kursi pelaminan kayak gimana, dapet penjor ngga, minta free kembang mayang kalau butuh karena kembang mayang lumayan mahal wkwk. Mau wedding bouquet yang kayak gimana, request aja. Aku menegaskan ke masnya kalau untuk decor pelaminan resepsi aku tidak mau rustic, taman depan pelaminan sama sekali gamau pake kayu kayu. Aku minta ganti detail bunga supaya tidak terlalu banyak daun, dll.

Tapi negosiasinya yang santai aja, jangan terkesan memaksa biar kerjasamanya enak. Kalau emang gabisa ya gausa dipaksa, tapi kalau bisa ya sikaaaat bosque!

Sistemnya sama, DP dulu 20%. Dan pelunasan dilakukan sekitar H-1 bulan.

Eh ada yang kelupaan, aku fix booking decor H-5 bulan. Gak lama setelah booking gedung pokoknya.

Lalu, sekitar 1,5 bulan sebelum hari H vendor decor contact kita buat ketemu dan liat venue. Berhubung decor yang aku pakai terpisah dirumah dan digedung jadi harus survey 2 lokasi. Survey ini dilakukan decor untuk mengukur luas venue dan panjang decor yang dibutuhkan, setelah itu merancang tata ruang agar terkesan luas dan nyaman untuk para tamu.

Untuk tata ruang decor bisa didiskusikan dan dicari jalan tengah yaa, sebelumnya kan aku udah punya bayangan nih misalkan meja buku tamu dan meja pengambilan souvenir berdekatan ternyata saran dari vendor decor terlalu riweuh jadi mending dibuat 2 pintu, selanjutnya aku minta wedding entrance-nya center lalu coba dipikirkan oleh vendor decor bisa gak ya bagus gak yaa mengganggu meja catering gak yaa. Sebagai yang awam masalah penataan decor kita kan pasti butuh banyak masukan dan kurang begitu tau gimana bagusnya jadi sebaiknya didiskusikan sampai menemukan hasil yang sesuai. Jadi boleh ngasi pendapat tapi ojo ngeyel :p

Fyi aja nih, merancang tata ruang di SMK Telkom ini tricky. Harus dipikirkan betul-betul, karena loading dekorasi pelaminan bareng sama dekorasi catering jadi kedua vendor harus diskusi agar tidak mengganggu satu sama lain. Dan pada akhirnya semua konsep harus berubah total di H-1. Ambyaaar sudah~

Update Decor Akad Nikah :

Acara akad nikahku jatuh pada Jumat, 13 Maret 2020. Hari Rabu aku follow up Mas Ulfa (Pemilik sekaligus CP pwdecor) untuk mengingatkan biar kamis malem gak lupa buat decor. Yang bikin kaget adalah Mas Ulfa nanya "Acaranya akadnya tgl 12 atau 13 mbak?" Monmaap ini pertanyaan macam apa :( Akhirnya aku ingetin kalo acara tgl 13 dan tgl 12 malam decor akad harus selesai. Mas Ulfa ini juga gak fast respon, buka WA tapi chat gak di read, jadi harus di boom telp biar direspon.

Kamis paginya pun aku follow up lagi, nanya mau decor jam berapa dan ngingetin jangan lupa kembang mayangnya untuk temu setelah akad nikah. Kembang Mayang untuk tgl 13 ini udah deal jauh jauh hari saat aku DP pertama decor, udah aku jelasin secara rinci semuanya. Lalu ketika ditelp diingetin kembang mayang masnya nanya lagi "Loh kembang mayangnya bukannya untuk Hari Minggu?" Kzl gak siiiiih? Dan aku masih berusaha buat gak stres karena gak lucu kalo aku tumbang saat hari H karena banyak pikiran.

Decor akad untuk rumah dan masjid dimulai sore hari saat lagi hujan deras dirumahku, bener bener deras hujannya. Yang ngedecor sekitar +- 10 orang jadinya cepet selesai. Palingan sekitar 2,5 jam. Hasil akhirnya aku suka banget sih sama decor backdrop akad ini, untuk karpet serba putih acara di masjid juga gaada masalah. Yang menjadi permasalahan adalah kembang mayang baru dianter setengah 1 pagi hari Jumat, padahal bilangnya jadi sekitar jam 10 / jam 11 malem. Gue gak tidur coy sampe jam 1 padahal jam 5 harus make up. Ya gimana gak spaneng acara temu manten jam 9, kalo gaada kembang mayang kan gak lucu.

Untuk aku yang semua semua harus well planned, tipe kayak Mas Ulfa ini terlalu selow buat aku, tidak konfirmasi pula. Di telp dari jam 11 juga bilangnya udah otw :( 

Akad nikah berjalan dengan lancar, Alhamdulillah. Setelah acara akad selesai, Mas Ulfa kerumah untuk mengambil uang pelunasan decor.

Drama panjang terjadi ketika decor pelaminan digedung, karena udah panjang banget aku post di Dekorasi Pelaminan part 2 yaa. Jadiiii, jangan bosen untuk baca ceritaku :))

You May Also Like

0 comments