Wedding Preparation : Souvenir

by - April 06, 2020


Banyak juga ya shay perintilan yang kudu disiapin buat nikahan. Nah kali ini aku mau bahas tentang souvenir.

Untuk souvenir sebisa mugkin aku gamau yang asal murah tapi gak kepake dan dianggurin atau bahkan dibuang, karena aku pribadi pun suka kalau nerima souvenir yang beneran ada fungsinya. Berfungsi tidak berarti harus mahal ya, berusaha cari yang harganya terjangkau dan yang dikasi seneng karena emang barangnya bisa dipake.

Pilihan souvenir sekarang ini sangat beragam, mulai barang pecah belah, sendok garpu, kipas, tempat tissue, taplak meja, dan masih banyak lagi. Tapi aku cari praktisnya aja, dan yang kalo pas souvenirnya dateng disimpen dirumah tidak makan tempat. 

Aku dan Mas Alif sepakat untuk memilih pouch sebagai souvenir pernikahan. Karena dasarnya aku emang demen banget sama pouch, berfungsi banget bisa buat tempat perintilan di tas gitu biar gak berantakan, jadi kalo mau gonta ganti tas tinggal diangkut aja pouchnya dipindahin ke tas lain. Praktis dan pasti terpakai menurutku.

Setelah survey beberapa tempat souvenir di Malang aku ngerasa kurang sreg karena menurut aku souvenir pouch di Malang kainnya terlalu tipis kayak saringan tahu wkwk, jahitannya gak rapi, kualitasnya kurang baik menurut aku jadi aku meluncur ke Instagram mencari wangsit dan memutuskan beli souvenir di Jogja. Emang suka ribet anaknya, beli souvenir aja jauh banget.

Nama Instagramnya a.d.a_souvenirproject, ini supplier souvenir tangan pertama yang InsyaAllah kualitasnya bagus dan harganya terjangkau. 

Kenapa beli souvenir harus jauh banget sih Dev? Ada + - nya sih ketika aku memutuskan untuk beli souvenir online. + nya adalah InsyaAllah barangnya bagus, kainnya tebal, motifnya tidak alay, jahitannya rapi, dan packagingnya bagus. - nya harus ada biaya ongkir. Tapi aku udah sreg dan percaya sama kualitasnya jadi mending ngalahin pesen di tempat yang jauh.

Alur pemesanannya adalah pilih pouch jenis apa, ukurannya berapa, pesen berapa pcs lalu chat admin dan langsung dapet totalan habis itu bayar DP sesuai ketentuan. Setelah itu aku sebutkan setiap detail yang aku pengen mulai dari font, brownpaper, cara pengemasan dll. Dan admin memberikan estimasi tanggal kapan souvenir jadi dan siap kirim.

Oiya, souvenir sudah bisa dilakukan pemesanan pada H-4 bulan yaa.

Sambil menanti souvenir jadi mari kita menyiapkan perintilan nikahan lainnya.

Sampai pada tanggal estimasi yang dijanjikan souvenirku jadi. Aku follow up dan menanyakan sampai dimana progress souvenirku karena harusnya pada tanggal tersebut udah tinggal pelunasan dan siap kirim. Sempet kecewa karena 3 hari berturut turut aku chat dan gaada tanggapan, setelah hari ke 4 baru dia bilang kalau pouchnya udah jadi cuma setelah di QC pemasangan labelnya miring miring jadi dibalikin ke penjahitnya. Kzl dong aku, yang pertama karena dia gak menginfokan dan gak ngerespon chat aku yang kedua takut kalo ada bekas jahitan karena labelnya dilepas terus pasang ulang. Udah gitu waktu aku tanyain estimasi jadinya kapan ngga direspon juga chatku, karena aku cerewet ya aku follow up tiap hari. Masih cukup lama sih hari H nya cuma menurut aku kurang profesional aja kalo ngga ngerespon chat padahal aku tau adminnya online.

Yang bikin kzl selanjutnya adalah setelah aku follow up berkali kali dan pouchnya jadi aku dikirimin tuh fotonya dan kaget karena font labelnya gak sesuai dengan yang aku request padahal awal aku kasi detail dia menyanggupi, dan alasannya karena kalo label gabisa request font. Cuma hal sepele sih, tapi aku ngga suka kalo ngga sesuai perjanjian gini. Dan aku anaknya gabisa selow, kalo perjanjian awalnya A ya harus A sampe akhir.

Udah clear, pelunasan, dan siap kirim.

Alhamdulillah pas dateng aku sukaaa, hasilnya sesuai ekspektasiku. Kainnya tebel ngga kayak saringan tahu, jahitannya rapi, motifnya bagus. Overall bagus pokoknya, beneran trusted harga terjnagkau dan kualitasnya luar biasa.

Tapi ternyata semua tidak berhenti disitu.

Pas mau nyoba hitung ulang kok kayak ada sesuatu yang mengganjal. Perasaan aku pesen yang ukuran 18x15 dan pas aku ukur 18x15 itu sama besarnya kayak pouch yang aku punya eh kok ini lebih kecil. Dan ternyata pas diukur secara random sampling ukurannya ngga 18x15 dong. Yang salah ukuran ngga sampe 18x15 75% woooy wkwk.

Langsung diam seketika, meskipun mama bilang yauda biarin aja bagus kok ngga kecil kecil banget. Gabisa akutuuuuu, langsung complain ke mbaknya minta kejelasan apakah kalau ukuran 18x15 itu potongan kain sebelum dijahit atau gimana. Karena pouch yang dateng setelah dijahit tuh rata rata panjangnya cuma 16,5. Aku pesen 4 motif, cuma 1 motif yang panjangnya 17,5 sisanya kurang dari 17 semua. Untuk yang 17.5cm aku maklumi tapi lainnya jadi coba aku tanyakan.

Setelah dihitung jumlah souvenirnya pun kurang 2pcs dari total yang aku pesan.

Aku nanyanya baik baik yaa ngga kayak orang ngajak ribut wkwk, plus dilengkapi dengan bukti foto aku ukur pouchnya pake penggaris, ditanya dan dicari jalan tengahnya ya gengs kalo misal mau complain gini, biar keduanya tidak merasa dirugikan.

Besok paginya dapet jawaban dari admin mau ditanyakan owner dan dicomplainkan ke penjahitnya dulu nanti aku dikabarin. Waktu Mas Alif kerumah dan random sampling ngukur dia agak kzl juga karena menurut dia kalo kecil begitu cuma bisa buat tempat koin gabisa dibilang pouch sebagaimana fungsinya, tau sendiri Mas Alif perfectionistnya kayak gimana, aku aja kzl apalagi dia wkwk.

Sorenya setelah diskusi panjang dan deal akhirnya dikasi potongan harga. Win win solution yang udah paling bener menurutku. Souvenir clear yaa.

Aku sangat sangat sangat merekomendasikan beli souvenir disini karena emang barangnya bagus, pengerjaannya rapi! Mungkin masalah ukuran cuma kesalahan teknis dipenjahitnya yang entah gimana. Dan aku yakin setelah ini pasti akan ada perbaikan dari pihak penjahitnya untuk lebih berhati-hati. Jadi jangan khawatir dan jangan ragu buat pesen souvenir disitu, harga terjangkau kualitas bagus :)


Ternyata ngurus nikahan ngga semudah itu, kerikil kerikil kecil pasti ada. Tapi Alhamdulillahnya semua vendor baik dan bertanggung jawab.

Sebenernya kalo orangnya selow dan menerapkan prinsip "yauda gapapa" gaakan menguras pikiran, tapi tidak semua orang bisa begitu. Yang penting semua dibicarakan dengan baik-baik.

Kuncinya ada dikalian dan pasangan kalian. Sebisa mungkin aku sama Mas saling jaga mood, karena ngurusin hal hal kecil begini juga bisa menimbulkan keributan kalo moodnya lagi gak bagus. Ngurusin perintilan nikahan harus dengan kepala dan hati yang adem ayem, jangan telat makan karena kalo laper jadi crancky wkwk~

You May Also Like

0 comments